Cara Setting Komputer Windows 7 Agar Tidak Lemot

Belakangan ini, saya sering melihat banyak orang mengeluhkan performa laptop atau komputer mereka yang lambat atau lemot. Masalah ini terkadang membuat pekerjaan terhambat dan menjadi tidak efisien. Tapi jangan khawatir, karena ada beberapa cara untuk mempercepat kinerja laptop atau komputer Anda.

Cara Mempercepat Kinerja Windows

Cara Setting Komputer Windows 7 Agar Tidak Lemot

Salah satu cara untuk mempercepat kinerja Windows adalah dengan membersihkan file yang tidak perlu atau junk files dari sistem. Junk files dapat terdiri dari file sementara, file log sistem, file penginstalan, file browser cache, dan file yang rusak. Untuk membersihkan junk files, Anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner atau Windows Disk Cleanup.

Yang kedua, Anda juga bisa menambahkan RAM ke dalam laptop atau komputer Anda. RAM yang cukup besar akan menolong meningkatkan kecepatan laptop atau komputer Anda. Sebagai gambaran, laptop atau komputer dengan RAM 4GB mungkin akan lebih lambat ketimbang laptop atau komputer dengan RAM 8GB atau 16GB.

Selain itu, Anda bisa menonaktifkan program atau aplikasi yang tidak perlu saat komputer atau laptop Anda dihidupkan. Program yang berjalan di latar belakang dapat memakan memori dan membuat perangkat Anda terasa lemot. Pastikan hanya program atau aplikasi yang Anda butuhkan yang berjalan.

Cara Setting Komputer Agar Tidak Lemot

Cara Setting Komputer Agar Tidak Lemot

Salah satu penyebab laptop atau komputer terasa lemot adalah karena terus-menerus melakukan update pada sistem operasi ataupun aplikasi yang digunakan. Terkadang, fitur-fitur yang tidak digunakan dalam sebuah software yang sering melakukan update akan membuat laptop atau komputer Anda terasa lemot. Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa mematikan fitur auto-update pada software dan sistem operasi yang Anda miliki atau juga tugas jadwal update pada saat yang tepat.

Hal berikutnya yang dapat Anda lakukan adalah mendelete aplikasi atau program yang telah lama tidak digunakan. Semakin banyak program yang terpasang pada laptop atau komputer Anda, semakin besar kemungkinan untuk menyebabkan performa yang menurun. Pastikan program yang terpasang pada komputer atau laptop Anda adalah program yang memang diperlukan dan digunakan.

Setelah itu, Anda juga bisa melakukan disk cleanup, baik dengan cara manual ataupun dengan program seperti CCleaner. Membersihkan junk files dan browser cache juga akan membantu mempercepat performa komputer atau laptop Anda.

Cara Setting Komputer Agar Tidak Sleep Windows 7

Cara Setting Komputer Agar Tidak Sleep Windows 7

Pernahkah Anda bekerja pada laptop atau komputer dan kemudian layar tiba-tiba menjadi gelap dan komputer atau laptop Anda masuk ke mode sleep? Mode ini memang dapat menghemat daya baterai dan mengurangi risiko terlalu panas atau menjadi hang. Namun dalam beberapa kasus, mode ini juga bisa jadi mengganggu kinerja pada saat bekerja.

Untuk mengatasi hal ini, Anda bisa melakukan setting pada pengaturan power option yang ada pada sistem operasi Windows 7. Caranya, masuk ke control panel dan pilih power option. Kemudian, klik change plan settings dan pilih never pada opsi untuk turn off display dan put the computer to sleep.

Dengan melakukan setting tersebut, komputer atau laptop Anda tidak akan masuk ke dalam mode sleep, sehingga Anda bisa bekerja tanpa terganggu dengan interupsi yang tidak diinginkan.

Cara Mempercepat Smartphone Android

Cara Mempercepat Smartphone Android

Perangkat smartphone android juga sering kali mengalami masalah performa atau kinerja yang rendah atau lemot. Hal ini biasanya disebabkan oleh penggunaan rutin dengan beberapa aplikasi dan fitur yang terus dijalankan oleh perangkat tersebut. Untuk mempercepat smartphone android Anda, beberapa cara yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

Baca Juga :  Cara Clean Instal Windows 7

Pertama, matikan fitur yang tidak digunakan. Beberapa fitur seperti Bluetooth, GPS, atau NFC memang cukup memakan daya baterai smartphone. Pastikan untuk mematikan fitur ini jika sedang tidak digunakan. Anda juga bisa mematikan fitur Wi-Fi dan data seluler ketika tidak digunakan untuk menghemat baterai dan mempercepat performa.

Kedua, kurangi animasi. Animasi yang digunakan dalam sistem android memang terlihat menarik, namun terkadang bisa membuat smartphone menjadi lebih lambat. Untuk mempercepat performa, Anda bisa memilih untuk mengurangi atau mematikan animasi. Caranya, masuk ke pengaturan dan pilih developer options. Kemudian, pilih windows animation scale, transition animation scale, dan animator duration scale, lalu ubah opsi tersebut menjadi 0.5x atau bahkan matikan.

Ketiga, hapus aplikasi yang tidak diperlukan. Semakin banyak aplikasi yang terpasang, semakin besar kemungkinan untuk membuat smartphone menjadi lambat. Pastikan hanya aplikasi yang diperlukan saja yang terpasang pada smartphone Anda. Anda juga bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CCleaner untuk membersihkan cache dan file sementara yang terdapat pada sistem smartphone Anda.

FAQ

Apa itu junk files?

Junk files adalah file-file yang tidak diperlukan pada sistem dan lebih sering menjadi beban bagi sistem.

Kenapa harus mematikan fitur auto-update?

Ketika fitur auto-update diaktifkan, sistem akan terus melakukan update pada aplikasi atau program yang tidak selalu diperlukan. Hal ini tentunya akan membuat sistem menjadi lambat dan memakan banyak memori.

Video Youtube

Berikut adalah video dari JalanTikus yang memberikan tips dan trik untuk mempercepat kinerja smartphone Android Anda.

Demikianlah beberapa cara untuk mempercepat kinerja laptop, komputer, dan smartphone Anda. Dengan melakukan setting dan pembersihan secara rutin, performa dari perangkat Anda akan terjaga dan mempermudah dalam menjalankan tugas.