CARA SAVE EXCEL KE PDF SEMUA SHEET

Anda pasti sudah tidak asing dengan file Excel bukan? Itu adalah format file yang digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk tabel atau daftar yang biasa diolah dengan Microsoft Excel. Sementara format file PDF juga sangat umum, digunakan sebagai cara efektif untuk sharing dokumen. Nah, pada artikel ini kami akan memberikan panduan lengkap tentang cara save Excel ke PDF.

Cara Save Excel Ke PDF Agar Tidak Terpotong

Apakah Anda sering mengalami masalah ketika menyimpan dokumen Excel ke PDF dan tiba-tiba sebagian konten terpotong atau hilang? Hal ini memang sering terjadi, terutama jika Anda belum mengetahui cara yang tepat untuk melakukannya. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti agar dokumen Excel yang Anda save ke PDF tidak terpotong.

  1. Buka dokumen Excel yang ingin Anda save ke PDF. Pastikan semua konten yang ingin Anda sertakan dalam file PDF sudah tampil secara lengkap.
  2. Pergi ke tab “File” di sudut kiri atas lembar kerja.
  3. Pilih “Export” kemudian pilih “Create PDF/XPS” pada opsi yang tersedia.
  4. Anda akan dihadapkan pada jendela “Publish as PDF or XPS” yang menunjukkan tampilan preview file PDF yang akan dihasilkan.
  5. Anda bisa memilih dulu kualitas cahaya, ketepatan buku atau standar internasional untuk memastikan kualitas PDF yang dihasilkan.
  6. Jika Anda ingin mengatur berbagai opsi atau terdapat pengaturan khusus agar dokumen dapat tampil sesuai keinginan, klik tombol “Options”.
  7. Terakhir, klik “Publish” untuk menyimpan dokumen Excel ke PDF dan sekarang file PDF yang dihasilkan tidak akan terpotong lagi.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT TERBILANG OTOMATIS DI OFFICE EXCEL

Cara Save Excel Ke PDF Semua Sheet

Terkadang, Anda perlu mengirimkan semua lembar kerja Excel yang ada dalam satu file PDF, sehingga tujuannya lebih mudah dicapai. Namun, bagaimana cara melakukan ini? Berikut ini langkah-langkah yang bisa Anda ikuti.

  1. Mulai dari buka dokumen Excel yang ingin Anda sertakan dalam satu file PDF.
  2. Pergi ke tab “File” di sudut kiri atas lembar kerja.
  3. Pilih “Export” kemudian pilih “Create PDF/XPS” pada opsi yang tersedia.
  4. Anda akan dihadapkan pada jendela “Publish as PDF or XPS” yang menunjukkan tampilan preview file PDF yang akan dihasilkan.
  5. Pilih “All” pada opsi “Publish what:” untuk menyertakan semua lembar kerja ke dalam file PDF.
  6. Anda bisa memilih dulu kualitas cahaya, ketepatan buku atau standar internasional untuk memastikan kualitas PDF yang dihasilkan.
  7. Jika Anda ingin mengatur berbagai opsi atau terdapat pengaturan khusus agar dokumen dapat tampil sesuai keinginan, klik tombol “Options”.
  8. Jangan lupa untuk menentukan folder penyimpanan PDF dengan memilih “Browse”.
  9. Klik tombol “Publish” untuk menyimpan semua lembar kerja Excel ke dalam satu file PDF.

FAQ

1. Apakah Excel harus diinstal untuk melakukan konversi Excel ke PDF?

Ya. Untuk mengubah file Excel ke PDF, Anda perlu terlebih dahulu menginstal Microsoft Excel. Jika Anda belum memiliki software ini, Anda bisa membeli dan mendownloadnya dari Microsoft Office. Namun, jika Anda hanya perlu melihat file Excel, Anda bisa mengunduh Microsoft Excel Viewer secara gratis.

2. Bagaimana cara memeriksa kualitas PDF yang dihasilkan?

Langkah pertama adalah membuka PDF yang dihasilkan dan memeriksa apakah seluruh konten dari dokumen Excel tersimpan dalam format PDF dan dapat dilihat dengan jelas. Anda juga dapat menjalankan uji coba mencetak dokumen PDF. Ketika di cetak, dokumen harus terlihat sama seperti yang di tampilkan pada layar dan semua teks serta gambar yang dimaksudkan tercetak sesuai harapan.

Baca Juga :  Cara Membuat Combo Box Pada Excel 2007

Bonus: Cara Save Excel Ke PDF Dalam Aplikasi Office di Android dan iOS

Tidak hanya pada desktop atau laptop, mengubah file Excel ke PDF pada ponsel dan tablet pun bisa dilakukan secara mudah. Anda bisa menggunakan aplikasi Microsoft Office yang tersedia di Playstore dan App Store. Berikut langkah-langkah cara save Excel ke PDF pada aplikasi Office di Android dan iOS.

1. Pada Android

  1. Buka file Excel yang ingin diubah ke format PDF melalui aplikasi Microsoft Excel untuk Android.
  2. Pergi ke tab “File” dan pilih “Export”.
  3. Kemudian pilih “Create PDF/XPS”.
  4. Masukkan nama file baru untuk file PDF yang dihasilkan.
  5. Pilih folder tempat menyimpan file PDF.
  6. Tekan tombol “Export” dan file PDF selesai di bentuk.

2. Pada iOS

  1. Buka aplikasi Microsoft Excel pada perangkat iOS Anda.
  2. Buka file Excel yang ingin Anda simpan sebagai file PDF.
  3. Pergi ke tab “File” kemudian pilih “Share”.
  4. Pilih opsi “Email as Attachment”.
  5. Atur nama file, subjek dan detail lain yang diperlukan untuk menghasilkan Pesan baru.
  6. Pilih opsi “PDF”.
  7. Tekan “Send” dan file PDF siap digunakan.

Untuk Lebih Jelasnya, Saksikan Video Berikut Ini :

Sekarang, Anda sudah tahu cara save Excel ke PDF yang benar dan aman dari potongan konten yang tak dikehendaki. Apakah masih bingung atau mengalami kesulitan dalam proses ini? Anda bisa menanyakan pada Tim Support kami untuk mendapatkan bantuan.