CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN EXCEL

Dalam dunia bisnis, laporan keuangan adalah salah satu hal yang penting dan harus diurus dengan baik. Dalam membuat laporan keuangan, teknologi dan software seperti Microsoft Excel menjadi pilihan yang umum digunakan. Jika Anda masih awam dalam membuat laporan keuangan dengan Microsoft Excel, artikel ini akan memberikan panduan dan contoh laporan keuangan yang mudah dan praktis.

Cara Membuat Laporan Keuangan dengan Excel

Sebelum memulai membuat laporan keuangan dengan Excel, pastikan Anda telah mempersiapkan beberapa hal berikut:

  • Rekening bank dan buku tabungan
  • Invoice dan kwitansi
  • Jurnal umum
  • Buku besar

Setelah semua persiapan telah dilakukan, berikut adalah cara membuat laporan keuangan dengan Excel:

  1. Buka Microsoft Excel dan lihat tampilan awal yang terdiri dari sheet kosong
  2. Isilah variabel dan nilai setiap variabel pada sheet sesuai data yang tersedia (seperti: pemasukan, pengeluaran, modal awal, modal akhir, harta dan utang)
  3. Setelah melakukan pengisian sheet, selanjutnya dapat dilakukan perhitungan dengan rumus excel
  4. Hasil dari perhitungan dapat disimpan pada sheet lain agar tampilan lebih rapih dan memudahkan dalam mengevaluasi laporan keuangan
  5. Simpan laporan keuangan yang telah dibuat dengan format excel agar mudah untuk dibuka kembali dan dapat diolah secara berkala

Selain cara di atas, ada juga opsi untuk mengunduh template laporan keuangan di internet untuk mempercepat proses pembuatan laporan. Template Excel dapat membantu Anda membuat laporan keuangan dengan format yang sudah diatur dan terstruktur.

Baca Juga :  CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL XLSM

Contoh Laporan Keuangan Excel

Berikut ini adalah contoh laporan keuangan Excel sederhana:

Contoh Laporan Keuangan Rumah Sakit Excel

CARA MUDAH MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN DENGAN EXCEL

  • Rekapitulasi pemasukan dan pengeluaran
  • Overview cashflow dan saldo bank per periode
  • Rekapitulasi kartu hutang dan kartu piutang
  • Grafik performa keuangan

Dalam contoh di atas, terlihat bahwa laporan keuangan dibagi menjadi beberapa bagian sesuai dengan kategori data yang ada. Hal ini bertujuan untuk memudahkan dalam menganalisis keuangan perusahaan pada setiap kategori yang dianggap penting.

Contoh Laporan Keuangan Excel Terupdate 2021 – Zahir

Contoh Laporan Keuangan Excel Terupdate 2021 - Zahir

  • Summary account information
  • Profit & loss statement
  • Balance sheet
  • Cash flow information

Contoh laporan keuangan Excel ini adalah contoh laporan keuangan yang lengkap dan up-to-date. Berbagai macam data seperti neraca, laporan rugi laba, dan arus kas, telah diatur dengan jelas dan tertata rapi di dalam satu lembar kerja. Dengan begitu, Anda dapat dengan mudah melihat performa keuangan perusahaan dengan kemajuan teknologi yang lebih modern.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan dalam pembuatan laporan keuangan dengan Excel:

1. Apa saja keuntungan menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan?

Beberapa keuntungan menggunakan Excel untuk membuat laporan keuangan adalah:

  • Mudah digunakan oleh pengguna baik yang sudah berpengalaman menggunakan Excel atau yang belum pernah menggunakan Excel
  • Membantu pengguna untuk merapikan dan menyusun data keuangan perusahaan dengan lebih terstruktur dan rapi dalam satu file
  • Data dapat dikalkulasikan dengan rumus excel untuk melakukan penjabaran data lebih detail dan akurat
  • Laporan keuangan yang telah dibuat dapat dijaga oleh pengguna agar tetap privasi dan keamanannya terjamin

2. Bagaimana cara menyimpan laporan keuangan yang telah dibuat dengan Excel?

Untuk menyimpan laporan keuangan yang telah dibuat dengan Excel dapat dilakukan dengan cara sebagai berikut:

  1. Pilih “File” -> “Save”
  2. Masukkan nama file laporan keuangan yang telah dibuat dan pilih lokasi folder untuk menyimpan
  3. Pilih format file yang diinginkan (Excel workbook.xls atau Excel macro-enabled workbook.xlsm)
  4. Klik “Save”
Baca Juga :  Cara Membuat Presentasi Chart Di Excel

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial yang dapat membantu Anda dalam membuat laporan keuangan dengan Excel:

Dalam video tersebut terdapat panduan cara membuat laporan keuangan dengan Excel dan penjelasan mengenai rumus-rumus Excel yang dapat digunakan dalam menghitung data keuangan seperti SUM, AVERAGE, MAX, dan MIN. Semoga video tersebut dapat membantu Anda dalam pembuatan laporan keuangan yang lebih efektif dan efisien.

Dengan membaca artikel ini, diharapkan Anda dapat membuat laporan keuangan dengan Excel dengan lebih efektif dan efisien. Pastikan pula untuk selalu melakukan evaluasi dan pembaruan laporan keuangan secara berkala agar performa keuangan perusahaan selalu terjaga.