CARA MERUBAH FILE PDF KE EXCEL DI LAPTOP

Merubah file PDF menjadi file Excel dapat membantu Anda mengedit dan memproses data dengan lebih mudah. Anda dapat mengubah data dalam PDF menjadi file Excel yang dapat diedit dan dirubah sesuai dengan kebutuhan Anda. Ada berbagai cara untuk merubah file PDF menjadi file Excel, baik secara online maupun offline. Anda dapat menggunakan aplikasi yang dapat didownload maupun platform online untuk merubah file PDF menjadi file Excel.

Cara Merubah File PDF ke Excel Online

Ada berbagai platform online yang dapat Anda gunakan untuk merubah file PDF menjadi file Excel. Berikut adalah beberapa platform online yang dapat Anda gunakan:

  1. SmallPDF: SmallPDF adalah platform online yang menyediakan berbagai jenis konverter PDF, termasuk PDF ke Excel. Anda dapat merubah file PDF menjadi file Excel dengan cara drag dan drop file PDF ke platform SmallPDF. SmallPDF juga menyediakan fitur pengaturan kolom dan formatting untuk memastikan file Excel yang dihasilkan sesuai dengan kebutuhan Anda.
  2. Zamzar: Zamzar adalah platform online yang dapat Anda gunakan untuk merubah file PDF menjadi file Excel dengan mudah. Anda hanya perlu mengunjungi website Zamzar, lalu melakukan upload file PDF yang ingin Anda ubah menjadi file Excel. Kemudian, pilih format Excel yang Anda inginkan dan klik convert. Setelah itu, Anda dapat mengunduh file Excel yang telah dihasilkan.
  3. PDFElement: PDFElement adalah platform online lainnya yang dapat Anda gunakan untuk merubah file PDF menjadi file Excel. Dengan PDFElement, Anda dapat mengubah file PDF menjadi file Excel dengan mudah dan cepat. Anda hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin Anda ubah menjadi Excel, lalu pilih format Excel yang Anda inginkan. Setelah itu, klik convert dan Anda dapat mengunduh file Excel yang telah dihasilkan.

Cara Merubah File PDF ke Excel Offline

Anda juga dapat mengubah file PDF menjadi Excel tanpa perlu koneksi internet. Ada beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk convert file PDF menjadi file Excel yang dapat diunduh dan digunakan secara offline. Berikut adalah beberapa aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk convert file PDF menjadi file Excel secara offline:

  1. Adobe Acrobat: Adobe Acrobat adalah software yang dapat digunakan untuk convert file PDF menjadi file Excel secara offline. Dengan Adobe Acrobat, Anda dapat mengconvert file PDF menjadi file Excel dengan atau tanpa tabel. Anda juga dapat memilih range halaman yang ingin diconvert menjadi file Excel.
  2. Wondershare PDFelement: Wondershare PDFelement adalah software PDF editor yang yang juga dapat digunakan untuk mengubah file PDF menjadi file Excel. Anda hanya perlu mengunggah file PDF yang ingin diubah menjadi file Excel, lalu pilih format Excel yang ingin Anda gunakan. Lalu, klik convert dan Anda dapat mengunduh file Excel yang telah dihasilkan.
  3. ABBYY FineReader: ABBYY FineReader adalah software OCR (Optical Character Recognition) yang dapat digunakan untuk convert file PDF menjadi file Excel. ABBYY FineReader dapat mengenali tulisan tangan dan text dari gambar sehingga dapat mengubah file PDF menjadi file Excel dengan gambar dan tabel tetap terjaga.

FAQ

Apa itu file PDF?

File PDF (Portable Document Format) adalah format file yang diciptakan oleh Adobe untuk memudahkan berbagi dokumen tanpa perlu memperhatikan software, hardware, maupun sistem operasi yang dimiliki oleh penerima dokumen. File PDF dapat membantu mempertahankan format asli dokumen seperti teks, gambar, dan layout meskipun dibuka pada perangkat yang berbeda.

Baca Juga :  CARA IMPORT FILE EXCEL KE DBF

Apa beda format Excel dan PDF?

Excel (XLS, XLSX) adalah format file yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data dalam bentuk tabel. Excel memungkinkan pengguna untuk melakukan perhitungan, analisis, dan visualisasi data yang besar dan kompleks. Sedangkan PDF (Portable Document Format) adalah format file yang digunakan untuk mempertahankan format asli dokumen seperti teks, gambar, dan layout. PDF lebih umum digunakan untuk membuat dokumen cetak atau dokumen yang tidak perlu diedit atau diubah.

Video Tutorial Cara Merubah PDF ke Excel

Dalam video ini, dijelaskan cara merubah file PDF menjadi file Excel dengan menggunakan Adobe Acrobat DC. Adobe Acrobat DC adalah software yang dapat digunakan untuk convert file PDF menjadi file Excel secara offline. Dalam video ini, tutorial diberikan mulai dari install Adobe Acrobat DC hingga langkah-langkah merubah file PDF menjadi file Excel. Dengan tutorial ini, Anda dapat mengubah file PDF menjadi file Excel secara mudah dan cepat.