Cara Menyimpan Excell Sebagai Data Base

Cara Menyimpan Data Di Internet Atau Server Secara Aman Dan Gratis

Teknologi informasi kini semakin berkembang pesat, termasuk dalam hal penyimpanan data di internet atau server. Selain dapat diakses dari mana saja dan kapan saja, menyimpan data di internet atau server juga lebih aman dan efisien. Namun, banyak yang tidak mengetahui cara menyimpan data di internet atau server secara aman dan gratis. Berikut ini adalah cara untuk menyimpan data di internet atau server secara aman dan gratis.

1. Menyimpan data di cloud storage
Cloud storage adalah layanan penyimpanan data yang terhubung dengan internet atau server. Beberapa contoh layanan cloud storage yang terkenal adalah Google Drive, Dropbox, dan OneDrive. Dengan menyimpan data di cloud storage, data Anda akan tersimpan di server milik penyedia layanan tersebut. Keuntungan dari menyimpan data di cloud storage adalah Anda dapat mengakses data tersebut dari mana saja dan kapan saja asalkan terhubung dengan internet. Selain itu, penyedia layanan cloud storage umumnya menyediakan fitur backup data dan keamanan data yang cukup baik sehingga data Anda akan lebih aman.

Untuk menggunakan layanan cloud storage, Anda harus membuat akun terlebih dahulu. Setelah itu, Anda dapat mengunggah data yang ingin disimpan ke dalam akun Anda. Beberapa layanan cloud storage umumnya menyediakan kapasitas penyimpanan data yang cukup besar untuk versi gratis. Namun, jika Anda membutuhkan kapasitas penyimpanan data yang lebih besar, Anda dapat memilih untuk menggunakan versi berbayar.

2. Menyimpan data di server hosting gratis
Selain menggunakan layanan cloud storage, Anda juga dapat menyimpan data di server hosting gratis. Server hosting gratis umumnya ditawarkan oleh beberapa penyedia layanan hosting gratis sebagai bentuk promosi untuk menarik pelanggan. Namun, perlu diingat bahwa server hosting gratis umumnya memiliki keterbatasan dalam hal kapasitas penyimpanan data, bandwidth, dan fitur yang disediakan.

Beberapa penyedia layanan hosting gratis yang terkenal adalah 000webhost, InfinityFree, dan FreeHosting. Untuk menggunakan layanan server hosting gratis, Anda harus mendaftar terlebih dahulu dan melakukan konfigurasi pada domain dan hosting. Setelah itu, Anda dapat mengunggah data yang ingin disimpan ke dalam server hosting tersebut.

FAQ:

1. Apa bedanya antara cloud storage dan server hosting gratis?

Cloud storage merupakan layanan penyimpanan data yang terhubung dengan internet atau server penyedia layanan tersebut, sedangkan server hosting gratis merupakan layanan penyimpanan data yang disediakan oleh penyedia layanan hosting dengan memanfaatkan server yang dimiliki penyedia layanan tersebut. Cloud storage umumnya lebih aman dan memiliki fitur backup data yang lebih baik, sedangkan server hosting gratis terbatas dalam hal kapasitas penyimpanan data dan fitur yang disediakan.

2. Apakah data yang disimpan di cloud storage atau server hosting gratis aman?

Keselamatan data tergantung pada keamanan yang diberikan oleh penyedia layanan tersebut. Sebaiknya pilihlah layanan yang memiliki sistem keamanan yang baik dan telah terbukti dapat menjaga data dengan baik.

Cara Menyimpan Data VB Ke Database

Visual Basic (VB) merupakan salah satu bahasa pemrograman yang sering digunakan untuk membuat aplikasi desktop. Dalam pembuatan aplikasi desktop, seringkali dibutuhkan penyimpanan data ke dalam database. Berikut ini adalah cara untuk menyimpan data VB ke database.

1. Membuat koneksi ke database
Sebelum dapat menyimpan data ke dalam database, Anda harus membuat koneksi ke database terlebih dahulu. Koneksi ke database dapat dibuat dengan menggunakan objek SqlConnection yang terdapat pada VB.NET. Selain itu, Anda juga harus menentukan string koneksi yang berisi informasi mengenai server database dan nama database yang akan digunakan.

Contoh kode untuk membuat koneksi ke database:

“`
Imports System.Data.SqlClient
Public Class Form1
Dim conn As New SqlConnection
Dim cmd As New SqlCommand
Dim str As String
Private Sub Form1_Load(ByVal sender As System.Object, ByVal e As System.EventArgs) Handles MyBase.Load
conn.ConnectionString = “Data Source=server;Integrated Security=True;Database=mydatabase”
conn.Open()
End Sub
End Class
“`

Baca Juga :  Cara Membuat Kolom Excel Berbagai Bentuk

2. Membuat query SQL untuk menyimpan data
Setelah koneksi ke database berhasil dibuat, langkah selanjutnya adalah membuat query SQL untuk menyimpan data ke dalam tabel di database. Query SQL dapat dibuat dengan menggunakan objek SqlCommand yang terdapat pada VB.NET.

Contoh kode untuk membuat query SQL untuk menyimpan data:

“`
cmd = New SqlCommand(“INSERT INTO [table] ([column1], [column2], [column3]) VALUES (‘value1’, ‘value2’, ‘value3’)”, conn)
cmd.ExecuteNonQuery()
“`

Pada contoh di atas, query SQL digunakan untuk menyimpan data ke dalam tabel dengan nama [table]. Data yang akan disimpan terdiri dari 3 kolom yaitu [column1], [column2], dan [column3] dengan nilai masing-masing ‘value1’, ‘value2’, dan ‘value3’.

3. Menyimpan data ke database
Setelah koneksi ke database dan query SQL telah dibuat, langkah selanjutnya adalah menyimpan data ke dalam database. Data dapat disimpan ke dalam database dengan menggunakan objek SqlCommand yang telah dibuat sebelumnya.

Contoh kode untuk menyimpan data ke dalam database:

“`
cmd.ExecuteNonQuery()
“`

FAQ:

1. Apa itu objek SqlConnection dan SqlCommand?

Objek SqlConnection digunakan untuk membuat koneksi ke database, sedangkan objek SqlCommand digunakan untuk membuat query SQL yang akan dieksekusi pada database.

2. Bagaimana cara membuat koneksi ke database?

Anda dapat membuat koneksi ke database dengan menggunakan objek SqlConnection dan menentukan string koneksi yang berisi informasi mengenai server database dan nama database yang akan digunakan.