Cara Menyimpan Data Microsoft Excel 2007

Cara Menyimpan Data dari Datagridview ke Database Access

Step by Step

Bagi sebagian orang yang bekerja di bidang data processing, pasti sudah tidak asing lagi dengan istilah datagridview. Dalam sebuah project, datagridview berfungsi untuk menampilkan data dalam bentuk tabel. Nah, bagi yang masih awam, kali ini akan dijelaskan secara singkat cara menyimpan data dari datagridview ke database Access.

Ada beberapa cara untuk melakukan save data dari datagridview, tapi yang akan dijelaskan kali ini yaitu menggunakan query insert yang terdapat dalam class connection string dari Access Database.

Langkah-Langkahnya Adalah Sebagai Berikut:

  1. Buat dulu database Access dengan struktur tabel yang sama dengan datagridview
  2. Tambahkan Class Connection String ke dalam project, disini akan menggunakan “OleDbConnection”
  3. Tambahkan query insert untuk menyimpan datagridview ke dalam Access Database
  4. Tambahkan button pada form untuk melakukan proses penyimpanan data ke database

Contoh Programnya

Cara Menyimpan Data Microsoft Excel 2007

Nah, itu tadi cara penyimpan data dari datagridview ke database access.

Cara Menyimpan Dokumen Excel Menjadi PDF

Berkas Excel memungkinkan kita untuk mengatur dan mengorganisasikan data dengan mudah. Namun, pada saat-saat tertentu, kita mungkin perlu mengonversi atau menyimpan file Excel dalam format PDF.

Baca Juga :  Cara Membuat 8 Conditional If Pada Excel

Dalam tutorial ini kita akan membahas bagaimana cara menyimpan file Dokumen Excel menjadi PDF dengan cepat dan mudah.

Langkah-langkah Menyimpan file Excel menjadi PDF

  1. Buka Dokumen Excel yang ingin Anda simpan sebagai PDF
  2. Klik File
  3. Klik Save As. Jendela Save As muncul
  4. Pilih PDF pada menu drop-down Save as type
  5. Anda dapat mengedit Nama File, Lokasi Simpan dan Deskripsi
  6. Klik tombol Save untuk mulai menyimpan.

Contoh Programnya

cara menyimpan dokumen excel ke pdf

Sekarang, dokumen Excel Anda telah disimpan sebagai PDF dan siap digunakan.

Cara Menyimpan File Word/Excel/Office 2007 ke PDF

Berkas yang berhubungan dengan pekerjaan seringkali dikirimkan dalam bentuk file Word, Excel atau Power Point. Namun, kadang kita membutuhkan penyimpanan berkas dalam format PDF agar dapat di baca secara umum. Namun, bagaimana cara menyimpan file tersebut menjadi PDF?

Langkah-langkah menyimpan file menjadi PDF

  1. Buka dokumen yang ingin dilakukan penyimpanan
  2. Klik File menu
  3. Pilih Save As
  4. Pilih PDF pada kategori Save as type
  5. Edit Nama file dan lokasi disimpan
  6. Klik Simpan untuk mulai membuat file PDF

Contoh Programnya

cara menyimpan dokumen word excel

Dengan menyimpan file Word / Excel / Office 2007 menjadi PDF, dokumen Anda akan lebih mudah dibaca dan terlihat profesional.

Cara Menyimpan File Dokumen di Winrar

Ketika Anda ingin mengirim beberapa berkas bersamaan ke orang lain, menempatkannya dalam 1 file berkas agar mudah dikirim tentu merupakan pilihan yang tepat. Dalam tutorial ini, kita akan membahas cara menyimpan file dokumen Word, Excel, dan Power Point di Winrar.

Langkah-langkah menyimpan file dokumen di Winrar

  1. Buka program Winrar dan pilih Add File
  2. Pilih beberapa dokumen yang ingin dikirim bersamaan dan klik Add
  3. Sekarang, Anda dapat menambahkan password agar file akan lebih aman. Pilih tab Advanced, lalu pilih Set Password.
  4. Isi password Anda dan klik OK.
  5. Klik OK pada jendela Add to Archive
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Excel Menampilkan Jam Statis

Contoh Programnya

cara menyimpan dokumen di winrar

Sekarang dokumen Anda telah tersimpan dalam satu file Winrar yang berformat .rar. File tersebut dapat diunggah ke berbagai layanan online atau dikirim ke penerima melalui email atau aplikasi pesan lainnya.

FAQ

1. Bagaimana cara membuka file WinRar yang terkunci dengan password?

Untuk membuka file WinRar terkunci, Anda perlu mengetahui password yang digunakan saat pengarsipan. Jika tidak tahu password-nya, maka Anda tidak dapat membuka atau mengekstrak file yang terkunci tersebut. Namun, ada beberapa aplikasi pihak ketiga yang dapat membantu Anda membuka file WinRar terkunci.

2. Apa keuntungan menyimpan dokumen berformat PDF?

Saat ini, banyak keuntungan penyimpanan berformat file PDF. Beberapa keuntungan tersebut di antaranya adalah:

  1. PDF dapat dibuka di hampir semua perangkat elektronik yang berbeda platform dan sistem operasi.
  2. Dokumen PDF tidak mudah direvisi, dibandingkan dengan dokumen Microsoft Office. Sehingga, dapat melindungi dokumen dari perubahan yang tidak sah.
  3. Tampilan dokumen PDF hampir sama di semua perangkat, sehingga tampilan dokumen akan lebih konsisten.
  4. PDF dapat dienkripsi dan dilindungi dengan sandi sehingga dokumen lebih aman.

Simak Video Tutorialnya Disini

Berikut adalah video tutorial cara menyimpan file dokumen Word, Excel, dan Power Point di Winrar:

Dan itu dia langkah-langkah dalam menyimpan file dokumen Excel, Word, dan Power Point. Dengan menyimpan file dokumen dalam format yang benar, akan memudahkan kita dalam mencari file dan mengirimkannya ke orang lain di masa depan.