CARA MENULIS PANGKAT DI EXCEL

Excel adalah salah satu program komputer yang sangat penting dan banyak digunakan. Salah satu fungsi yang paling sering digunakan dalam Excel adalah membuat rumus dan fungsi matematika. Salah satu fungsi matematika yang sering digunakan adalah pangkat atau eksponen. Di dalam Excel, ada dua jenis pangkat, yaitu pangkat atas dan pangkat bawah. Sebuah pangkat rumus Excel adalah sebuah formula yang mengembalikan hasil dari pemangkatan bilangan dengan bilangan pangkat tertentu.

Cara Membuat Rumus Pangkat Di Excel

Untuk membuat rumus pangkat di Excel, ada beberapa langkah yang perlu diikuti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka program Excel dan buat sebuah dokumen baru.
  2. Pada sel yang ingin diberikan sebuah pangkat, ketik saja nilai bilangan yang ingin dipangkatkan, misal 4.
  3. Pada sel berikutnya, ketik tanda pangkat (^) dan jumlah pangkat yang diinginkan, misal 2.
  4. Tekan enter dan hasilnya akan muncul di sel berikutnya, yaitu 16.

Cara Membuat Pangkat Di Keyboard

Selain menggunakan rumus pangkat di Excel, pangkat juga bisa dibuat menggunakan keyboard. Ada beberapa cara untuk membuat pangkat di keyboard, tapi cara yang paling umum adalah menggunakan fitur superscript yang ada pada keyboard.

  1. Buka sebuah dokumen Excel dan pindahkan kursor pada sel yang ingin diberi pangkat.
  2. Tekan tombol Ctrl dan ditahan lalu tekan tombol Shift dan tombol “=”.
  3. Setelah itu, ketik nilai pangkat pada sel yang muncul.
  4. Tekan tombol enter dan hasilnya akan muncul dengan pangkat.

Cara Menulis Kuadrat Di Excel

Kuadrat adalah salah satu contoh pangkat dalam matematika. Di Excel, kita bisa menulis kuadrat dengan menggunakan super-script. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka sebuah dokumen Excel dan pindahkan kursor pada sel yang ingin diberi kuadrat.
  2. Tekan tombol “ctrl”, “Shift”, dan tombol “+” secara bersamaan, lalu pilih “Superscript”.
  3. Setelah itu, ketik nilai pangkat pada sel yang muncul, yaitu 2.
  4. Tekan tombol enter dan hasilnya akan muncul dengan pangkat 2.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK DARI 2 DATA DI EXCEL

cara menulis pangkat bawah di Excel

Selain pangkat atas, Excel juga bisa menulis pangkat bawah. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buka sebuah dokumen Excel dan pindahkan kursor pada sel yang ingin diberi pangkat bawah.
  2. Tekan tombol “ctrl”, “Shift”, dan tombol “+” secara bersamaan, lalu pilih “Subscript”.
  3. Setelah itu, ketik nilai pangkat pada sel yang muncul, misal 2.
  4. Tekan tombol enter dan hasilnya akan muncul dengan pangkat bawah.

FAQ:

Pertanyaan: Apa itu pangkat pada Excel?

Jawaban: Pangkat pada Excel adalah sebuah formula yang mengembalikan hasil dari pemangkatan bilangan dengan bilangan pangkat tertentu.

Pertanyaan: Bagaimana cara menulis kuadrat di Excel?

Jawaban: Cara menulis kuadrat di Excel adalah dengan menggunakan fitur superscript pada keyboard. Pertama, aktifkan sel yang ingin diberi pangkat-Kedua, tekan tombol “ctrl” dan “Shift” bersamaan, lalu tekan tombol “+” dan pilih “Superscript”. Ketik angka yang ingin dipangkatkan dan tekan enter.