Cara Menginstal Windows 10 Dengan Flashdisk

Jika kamu ingin melakukan instalasi Windows 10 pada laptop atau PC yang kamu miliki, kamu bisa melakukannya dengan cara yang mudah dan cepat, yaitu menggunakan flashdisk. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan mengenai cara menginstal Windows 10 dengan flashdisk beserta dengan langkah-langkahnya. Jadi, simak artikel ini sampai akhir ya!

Cara Menginstal Windows 10 dengan Flashdisk

Sebelum kamu memulai proses instalasi, pastikan kamu sudah menyiapkan peralatan yang dibutuhkan seperti:

  • PC atau laptop yang ingin diinstal dengan Windows 10
  • Flashdisk dengan kapasitas minimal 8GB
  • File ISO Windows 10

Setelah kamu memiliki peralatan yang diperlukan, kamu dapat langsung melakukan instalasi Windows 10 dengan flashdisk dengan langkah-langkah sebagai berikut:

1. Siapkan file ISO Windows 10

File ISO Windows 10 diperlukan untuk melakukan instalasi. Kamu bisa mengunduh file ISO Windows 10 melalui website resmi Microsoft. Selain itu, pastikan kamu sudah membeli lisensi Windows 10 untuk mendapatkan produk yang legal.

2. Format flashdisk

Selanjutnya, kamu perlu melakukan format pada flashdisk yang akan dipakai. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa flashdisk dalam keadaan kosong dan siap digunakan.

3. Unduh Microsoft Media Creation Tool

Setelah flashdisk siap, langkah selanjutnya adalah mengunduh Microsoft Media Creation Tool yang dapat membantu dalam membuat bootable flashdisk. Ingat, pastikan kamu mengunduh software dari website resmi Microsoft.

4. Jalankan Microsoft Media Creation Tool

Setelah selesai diunduh, jalankan software tersebut dan pilih opsi “Create installation media for another PC”. Kamu dapat memilih bahasa dan edisi Windows yang kamu inginkan.

5. Buat flashdisk bootable

Pada langkah ini, kamu dapat memilih perangkat USB flashdisk dan melakukan proses pembuatan flashdisk bootable. Pastikan flashdisk dipilih pada bagian “USB flash drive”. Proses pembuatan flashdisk bootable memakan waktu beberapa menit.

6. Masuk ke BIOS

Setelah melakukan pembuatan bootable flashdisk, kamu perlu masuk ke BIOS pada PC atau laptop. Cara masuk ke BIOS pada setiap perangkat berbeda-beda. Kamu bisa mencari tahu caranya melalui mesin pencari internet.

7. Atur Boot sequence

Setelah berhasil masuk ke BIOS, selanjutnya atur boot sequence pada pengaturan BIOS. Pastikan flashdisk diatur pada opsi booting paling atas. Setelah itu, simpan pengaturan BIOS dan keluar dari menu BIOS.

8. Instalasi Windows 10

Sekarang kamu sudah siap untuk melakukan instalasi Windows 10! Restart PC atau laptop dan tunggu hingga proses booting selesai. Setelah itu, instalasi Windows 10 akan dimulai dengan tampilan wizard yang memandu kamu dalam melakukan instalasi. Ikuti langkah-langkah yang ada pada layar dan tunggu proses instalasi selesai.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah data yang ada pada PC atau laptop akan terhapus saat melakukan instalasi Windows 10?

Ya, saat kamu melakukan instalasi Windows 10 pada PC atau laptop yang sudah memiliki sistem operasi sebelumnya, data yang ada akan terhapus. Pastikan kamu sudah melakukan backup data penting sebelum melakukan instalasi.

Baca Juga :  TUTORIAL CARA INSTAL ULANG WINDOWS 7

2. Apa yang harus dilakukan jika instalasi Windows 10 gagal atau terjadi error?

Jika instalasi Windows 10 mengalami masalah seperti gagal atau terjadi error, kamu bisa mencoba beberapa solusi seperti:

  • Periksa kesesuaian hardware dengan sistem operasi Windows 10.
  • Periksa file ISO Windows 10 yang didownload.
  • Coba gunakan perangkat USB flashdisk lain.
  • Periksa tanggal dan waktu pada perangkat yang kamu gunakan.

Jika semua solusi di atas masih tidak berhasil, kamu bisa mencari sumber masalah pada mesin pencari internet atau menghubungi layanan pelanggan Microsoft.

Video Cara Menginstal Windows 10 dengan Flashdisk

Berikut adalah video panduan yang dapat membantu kamu dalam melakukan instalasi Windows 10 dengan flashdisk.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu bagaimana cara menginstal Windows 10 dengan flashdisk. Mudah bukan? Selamat mencoba dan semoga berhasil!