Cara Menginsert Data Ke Pvot Tabel Excel

Apakah Anda seorang profesional kreatif yang sering menggunakan Microsoft Excel sebagai bagian dari pekerjaan Anda? Jika jawabannya iya, tentunya Anda pernah mengalami kesulitan dalam mengatur data yang cukup kompleks di Excel. Salah satu cara agar data terorganisir dengan rapi adalah dengan membuat tabel di Excel. Berikut adalah cara mudah untuk membuat tabel di Excel dan juga cara menginsert data pada tabel yang berbeda di Excel.

Cara Mudah Membuat Tabel di Excel

Membuat tabel di Excel sangatlah mudah. Tabel akan mempermudah Anda dalam mengorganisir data yang akan diolah nantinya. Berikut adalah cara mudah untuk membuat tabel di Excel:

  1. Pertama, buka Microsoft Excel dan pilih worksheet yang ingin Anda buat tabelnya.
  2. Pada worksheet, klik kotak yang ingin Anda jadikan sebagai tabel dan pilih Insert di menu bar.
  3. Pilih Table dan atur Range dengan menggeser atau mengetikkan rentang sel yang ingin Anda masukkan ke dalam tabel.
  4. Pilih My table has headers, jika tabel Anda memiliki judul kolom. Judul tersebut akan menjadi header untuk kolom yang sesuai.
  5. Kemudian, Excel akan mengubah rangkaian sel yang Anda pilih menjadi tabel. Anda dapat menentukan judul tabel di atas kolom dengan mengetikkan ke dalam sel judul tersebut.

Menginsert Data Sama Ke Tabel Berbeda Excel

Apabila Anda ingin menyimpan data yang sama ke dalam tabel yang berbeda di Excel, berikut adalah cara yang dapat Anda lakukan:

  1. Pertama, buka file Excel yang memiliki tabel yang ingin Anda masukkan datanya.
  2. Pada tab Data, pilih From Other Sources, kemudian From Microsoft Query.
  3. Pada panel dialog Choose Data Source, pilih Excel Files*, kemudian klik tombol OK.
  4. Pilih file Excel yang ingin dimasukkan datanya, kemudian klik OK.
  5. Excel akan menampilkan tabel yang terdapat pada file Excel tersebut. Pilih tabel yang ingin dimasukkan datanya, kemudian klik OK.
  6. Excel akan meminta Anda untuk memilih bagaimana data tersebut akan dijabarkan. Pilih kolom yang ingin Anda masukkan data yang sama tersebut, kemudian klik Next.
  7. Tandai kotak di samping Return Data to Microsoft Excel, kemudian klik tombol Finish.
  8. Data yang sama akan disalin ke worksheet yang saat itu aktif, dengan membentuk sebuah daftar.
Baca Juga :  CARA MERUBAH FILE EXCEL KE ADOBE

FAQ

1. Bagaimana cara menambahkan gambar ke dalam tabel Excel?

Cara menambahkan gambar ke dalam tabel Excel dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pertama, masukkan gambar melalui Insert > Pictures, kemudian pilih gambar yang ingin dimasukkan.
  2. Akan muncul gambar di worksheet Excel Anda. Klik gambar tersebut, kemudian drag ke dalam sel.
  3. Atur ukuran gambar serta posisinya. Jika gambar terlalu besar, Anda dapat menyesuaikan ukurannya dengan cara klik gambar kemudian menyentuh salah satu sudut, lalu tarik ke dalam tabel atau keluar dari tabel sesuai dengan ukuran yang diinginkan.

2. Bagaimana cara membuat pivot tabel di Excel?

Cara membuat pivot tabel di Excel dapat dilakukan dengan cara berikut:

  1. Pertama, pilih cells yang berisi data yang ingin Anda analisis menggunakan pivot table.
  2. Pilih Insert Pivot Table.
  3. Pada panel pivot table, atur kolom yang ingin Anda gunakan sebagai row label, column label, dan value.
  4. Anda juga dapat memilih Summarize Values by dan memilih jenis fungsi agregat yang Anda perlukan seperti Sum, Count, atau Average.
  5. Jika Anda ingin menganalisis data lebih lanjut, Anda dapat menambahkan filter dan atur kondisi yang ingin Anda gunakan.
  6. Selamat, Anda telah berhasil membuat pivot table di Excel!

Demikianlah beberapa tips dan trik dalam mengatur tabel di Excel yang bisa Anda praktekkan. Tentunya, kemampuan dalam mengelola data di Excel tidaklah cukup hanya dengan mengetahui cara membuat tabel dan insert data ke tabel yang berbeda saja, tapi juga meliputi skill lain seperti menggunakannya dalam fungsi lookup, mengolah data dengan pivot table, dan membuat grafik.