CARA MENGHUBUNGKAN FILE EXCEL DENGAN FILE EXCEL

Cara Menghubungkan File Excel dan Word | Tips dan Trik

Menghubungkan file excel dengan file word sangat penting terutama jika anda sering bekerja dengan tabel dan angka namun juga butuh mengolah datanya menjadi laporan atau dokumen. Ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk menghubungkan excel dengan word.

1. Cara Menghubungkan File Excel dengan Word menggunakan Link

Cara pertama yang dapat dilakukan adalah menghubungkan file excel dengan word menggunakan link. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
– Buka file excel yang ingin dihubungkan dengan word
– Pilihlah sel-sel atau seluruh sheet yang ingin dihubungkan, kemudian klik kanan dan pilih “copy” atau gunakan shortcut keyboard “CTRL+C”
– Buka file word yang ingin dihubungkan dengan excel, kemudian klik pada tempat yang ingin digunakan data dari excel tersebut
– Pilih “Paste Special” atau gunakan shortcut keyboard “CTRL+ALT+V”
– Pilih “Link” pada menu “Paste Special” yang muncul.
– Jika ingin menyertakan format dari excel, check pada kotak “Keep Source Formatting”.
– Klik “OK”.

Sekarang data dari file excel akan ditampilkan pada file word dan akan otomatis terhubung dengan file excel. Data akan terupdate secara otomatis jika ada perubahan pada file excel.

2. Cara Menghubungkan File Excel dengan Word menggunakan Insert Object

Cara kedua yang dapat dilakukan adalah menghubungkan file excel dengan word menggunakan Insert Object. Langkah-langkahnya sebagai berikut:
– Buka file word yang ingin dihubungkan dengan excel, kemudian klik pada tempat yang ingin digunakan data dari excel tersebut
– Pilih “Insert” pada menu bar, kemudian pilih “Object” pada dropdown menu yang muncul
– Pilih “Create From File”, kemudian klik “Browse” untuk mencari file excel yang akan dihubungkan.
– Setelah menemukan file excel, pilih file tersebut dan klik “Open”
– Jika ingin memasukkan seluruh sheet dari file excel, pastikan pada kotak “Display as icon” tidak tercentang. Namun, jika hanya ingin memasukkan sheet tertentu, terlebih dahulu pilih Sheet yang ingin dimasukkan.
– Klik “OK”.

Baca Juga :  cara membuat kop lembaga excel Ayo cek contoh 2022: yuk cek 7+ cara membuat kop surat dinas di word

Sekarang data dari file excel akan ditampilkan pada file word dan dapat diubah ataupun disimpan dalam bentuk icon. Jika ingin mengupdate data, klik dua kali pada icon tersebut dan akan muncul file excel yang otomatis terhubung tersebut.

FAQ:

1. Apakah data sudah otomatis terupdate jika ada perubahan pada sheet excel?
Ya, ketika data dihubungkan menggunakan link atau insert object, data akan otomatis terupdate jika ada perubahan pada sheet excel.

2. Apakah data dalam file word masih dapat diubah setelah dihubungkan dengan file excel?
Ya, data dalam file word masih dapat diubah setelah dihubungkan dengan file excel. Namun, perubahan yang dilakukan pada data yang terhubung dengan file excel hanya dapat dilakukan pada file excel tersebut.