Cara Menghitung Sisa Hari Di Excel





Cara Menghitung Hari dan Bulan dengan Mudah Menggunakan Excel

Cara Memunculkan Rumus Di Excel

Jika Anda sering menggunakan Microsoft Excel untuk bekerja, mungkin sering kali Anda merasa kesulitan dalam menghitung jumlah hari atau bulan dalam sebuah periode tertentu. Nah, kali ini Mama Baca akan membagikan cara mudah untuk menghitung jumlah hari dan bulan dengan menggunakan rumus pada Excel.

Cara Menghitung Sisa Hari Di Excel

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel (hari libur 2

Jika Anda merupakan seorang HRD yang bekerja di perusahaan besar, tentunya menghitung jumlah hari kerja karyawan sangatlah penting. Salah satu cara mudah untuk menghitung jumlah hari kerja karyawan adalah dengan menggunakan Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Buat tabel pada Excel seperti gambar di bawah ini:

Cara Menghitung Jumlah Hari Kerja Karyawan dengan Excel

  1. Isi kolom B dengan nama-nama karyawan, kemudian masukan jumlah hari kerja masing-masing karyawan pada kolom C
  2. Masukkan rumus pada kolom D dengan formula =HARI.KERJA(A2,B2) dan tekan enter. Lakukan hal yang sama pada sel D3 hingga D7
  3. Jumlahkan hasil rumus pada kolom E dengan formula =SUM(D2:D7)
  4. Tambahkan jumlah hari libur pada kolom F dan kurangkan dengan total jumlah hari kerja pada kolom E

Rumus Menghitung Jumlah Bulan Pada Excel

Tidak hanya untuk menghitung jumlah hari, Excel juga dapat digunakan untuk menghitung jumlah bulan dalam sebuah periode tertentu. Berikut adalah cara mudah untuk menghitung jumlah bulan menggunakan Excel:

  1. Buat tabel pada Excel seperti gambar di bawah ini
Baca Juga :  Cara Mengcopy Data Excel Ke Tabel Word Agar Tidak Berantakan

Rumus Menghitung Jumlah Bulan Pada Excel

  1. Masukkan tanggal awal pada sel A2 dan tanggal akhir pada sel B2. Pada contoh ini, diperlihatkan bagaimana menghitung jumlah bulan pada tahun yang sama.
  2. Masukkan rumus pada sel C2 dengan formula =DATEDIF(A2,B2,”m”) dan tekan enter. Hasilnya akan menampilkan jumlah bulan antara tanggal awal dan akhir

FAQ

1. Apakah Excel hanya bisa digunakan untuk menghitung jumlah hari atau bulan?

Tentu saja tidak. Excel memiliki banyak fungsi dan fitur lainnya yang dapat digunakan untuk berbagai macam keperluan seperti pembuatan laporan, pengelolaan data, dan masih banyak lagi.

2. Dapatkah Excel digunakan untuk membuat grafik atau diagram?

Ya, salah satu fitur unggulan dari Excel adalah kemampuannya untuk membuat grafik atau diagram dengan cepat dan mudah. Anda dapat memilih dari berbagai jenis grafik dan mengatur tampilannya sesuai dengan kebutuhan.