Cara Menghitung Rab Upah Kerja Ms Excel

Anda ingin membangun rumah? Pasti anda memerlukan rencana atau Rancangan Anggaran Biaya (RAB) untuk menghitung biaya yang diperlukan. Berikut ini adalah tips membuat RAB rumah:

Cara Membuat RAB Rumah

Cara Menghitung Rab Upah Kerja Ms Excel

Berikut langkah-langkah untuk membuat RAB rumah:

  1. Tentukan Desain Rumah
  2. Sebelum membuat RAB, anda harus menentukan desain rumah terlebih dahulu. Pilihlah desain yang sesuai dengan kebutuhan dan budget anda. Ada beberapa jenis rumah seperti rumah minimalis, rumah modern, dan rumah tradisional. Pilih yang sesuai dengan keinginan anda.

  3. Perhitungan Biaya Material
  4. Bahan bangunan merupakan komponen penting dalam pembuatan RAB rumah. Untuk membuat perhitungan biaya material, anda harus menentukan jenis material yang ingin dipakai, serta jumlah yang dibutuhkan untuk rumah tersebut. Dalam hal ini, anda juga harus mempertimbangkan kualitas dan harga dari material tersebut.

    Berikut ini adalah contoh perhitungan biaya material:

    No Bahan Jumlah Harga Satuan Total Harga
    1 Besi Beton 200 batang Rp 55.000 Rp 11.000.000
    2 Baja Ringan 200 m2 Rp 190.000 Rp 38.000.000
    3 Genteng Keramik 2000 pcs Rp 20.000 Rp 40.000.000
  5. Perhitungan Biaya Pekerja
  6. Besides materials, labor costs is also an important component in making a home RAB. Kubilah estimasi harga tenaga kerja, Anda bisa menemukan standar biaya tenaga kerja dalam internet. Tentukan jumlah tenaga kerja yang dibutuhkan dan hitung biaya untuk jumlah tersebut.

    Berikut adalah contoh perhitungan biaya pekerja:

    No Nama Pekerja Jumlah Gaji per hari Total Biaya
    1 Tukang Batu 2 orang Rp 200.000 Rp 4.000.000
    2 Tukang Kayu 2 orang Rp 200.000 Rp 4.000.000
    3 Tukang Listrik 2 orang Rp 200.000 Rp 4.000.000
  7. Biaya Tak Terduga
  8. Untuk menentukan RAB rumah yang akurat, anda juga harus mempertimbangkan biaya tak terduga atau biaya yang tidak terduga sebelumnya. Ada beberapa hal tak terduga yang bisa terjadi seperti perubahan cuaca, masalah keamanan, dan lain-lain. Celahkan 10-20% dari total biaya sebagai biaya tak terduga sehingga anda memiliki cadangan jika ada kejadian tak terduga yang terjadi nanti.

  9. Tentukan Total Biaya
  10. Saat semua langkah diatas terselesaikan, maka anda bisa menentukan total biaya untuk membuat RAB rumah. Jumlahkan biaya material, biaya pekerja dan biaya tak terduga, maka anda akan mendapatkan biaya total untuk membangun rumah tersebut

Baca Juga :  Cara Membuat Jadwal Pelajaran Dengan Microsoft Excel 2007

Proses pembangunan rumah memerlukan biaya yang tidak sedikit. Oleh karena itu, penting untuk membuat RAB rumah agar tidak mengalami kekurangan dana saat pembangunan berlangsung. Dalam membuat RAB rumah, anda harus teliti dan cermat agar hasilnya akurat. Simpan setiap nota atau invoice dari pembelian material dan bayaran pekerja sehingga nanti bisa digunakan sebagai referensi saat membuat RAB rumah.

Cara Menghitung Koefisien Analisa Harga Satuan Bangunan Sederhana

Gambar analisa harga satuan

Koefisien Analisa Harga Satuan (AHS) adalah nilai satuan hasil perhitungan yang didapat dari jumlah keseluruhan volume dan harga satuan dari setiap unsur pekerjaan yang dikerjakan dalam sebuah proyek. Dalam bangunan, koefisien AHS umumnya digunakan untuk menghitung biaya pembangunan bangunan atau RAB. Berikut adalah contoh rumus yang digunakan untuk menghitung koefisien AHS:

Rumus Koefisien AHS

Jika Anda ingin menghitung koefisien AHS secara manual, Anda akan membutuhkan data-data dasar yang terdiri dari:

  1. Volume atau tonase dari sebuah pekerjaan bangunan, misalnya volume beton, volume keramik atau sejenisnya
  2. Harga satuan per unit volume dari unsur pekerjaan tersebut
  3. Menghitung koefisien AHS

Berikut adalah contoh perhitungan koefisien AHS:

Contoh perhitungan koefisien AHS

Software RAB Excel Untuk Menghitung Anggaran Biaya Bangun Rumah

Gambar Software RAB Excel

Software RAB Excel adalah salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk menghitung anggaran biaya bangun rumah. Dalam software ini, Anda bisa membuat RAB rumah secara cepat dan akurat karena sudah terdapat rumus-rumus perhitungan anggaran di dalamnya.

Untuk menggunakan software ini, pertama-tama anda harus mengunduh dan menginstalnya di komputer anda. Kemudian, buat sebuah file baru dengan format .XLS atau .XLSX. Selanjutnya, tambahkan rumus-rumus yang diperlukan seperti jumlah material, jumlah pekerja, dan biaya tak terduga.

Tren Gaya 26+ Rab Rumah Type 45 Excel

Gambar RAB Rumah Type 45 Excel

RAB rumah type 45 Excel menjadi salah satu senjata ampuh bagi mereka yang ingin membangun rumah. Dalam trend gaya 26+ Rab Rumah Type 45 Excel ini, desain rumah dibuat simpel dengan luasan bangunan yang tidak terlalu besar. Dalam membuat RAB rumah type 45 Excel, anda dapat mengikuti tips-tips diatas.

Baca Juga :  Cara Membuat Daftar Rincian Di Sel Excel

FAQ

1. Apa perbedaan antara RAB dan HPS?

Perbedaan antara RAB (Rancangan Anggaran Biaya) dan HPS (Harga Perkiraan Sendiri) adalah:

  • RAB dibuat oleh pihak developer atau kontraktor sebagai dasar perencanaan suatu bangunan. Sedangkan HPS dibuat oleh pihak penyedia jasa untuk memberikan penawaran kepada klien.
  • RAB bersifat mengikat dan tidak boleh diubah tanpa persetujuan klien, sedangkan HPS bersifat fleksibel dan bisa berubah-ubah selama proses pengerjaan berlangsung.

2. Apa Keuntungan dari Membuat RAB Rumah Sebelum Membangun?

Keuntungan dari membuat RAB rumah sebelum membangun antara lain:

  • Membantu klien dalam menghitung biaya yang dibutuhkan sehingga tidak terjadi kekurangan dana saat pembangunan berlangsung.
  • Meminimalisir kemungkinan adanya biaya tambahan tersembunyi yang muncul selama proses pembangunan.
  • Meningkatkan efisiensi pengeluaran dengan membandingkan harga dari beberapa pilihan material yang akan digunakan dalam pembangunan.

Video Tutorial: Cara Membuat RAB Rumah