Cara Menghitung Rab Dengan Excel 2007

Pada era modern seperti sekarang, pembangunan rumah bukanlah hal yang mudah dan murah. Ada banyak hal yang harus dipertimbangkan, mulai dari desain, bahan bangunan, hingga biaya yang harus dikeluarkan. Namun, hal yang paling penting adalah rencana anggaran biaya atau yang sering disebut dengan RAB.

RAB sangat penting karena merupakan panduan dalam pengelolaan keuangan selama proses pembangunan rumah. Tanpa RAB, bisa-bisa biaya yang harus dikeluarkan akan melambung tinggi dan menyebabkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, dalam artikel ini akan dibahas mengenai cara menghitung RAB rumah yang benar.

Menghitung RAB Rumah dengan Excel

Salah satu cara yang paling efektif dan efisien untuk menghitung RAB rumah adalah dengan menggunakan software Excel. Excel merupakan salah satu software spreadsheet yang biasa digunakan untuk mengelola data dan perhitungan. Dengan menggunakan Excel, perhitungan RAB bisa dilakukan lebih efektif dan efisien.

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung RAB rumah dengan Excel:

1. Buatlah daftar bahan bangunan yang digunakan

Hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar bahan bangunan yang akan digunakan dalam pembangunan rumah. Daftar ini harus mencakup semua bahan bangunan yang dibutuhkan, seperti semen, batu bata, pasir, besi, dan sebagainya. Pastikan untuk mencatat jumlah dan harga satuan dari setiap bahan yang akan digunakan.

2. Hitunglah jumlah bahan bangunan yang diperlukan

Setelah membuat daftar bahan bangunan, selanjutnya adalah menghitung jumlah bahan bangunan yang diperlukan. Untuk melakukan perhitungan ini, anda harus mengetahui luas bangunan dan ketinggian bangunan yang akan dibangun. Dengan menghitung luas bangunan dan ketinggian bangunan, anda bisa mengetahui jumlah bahan bangunan yang diperlukan dengan tepat.

3. Hitunglah biaya total untuk setiap jenis bahan bangunan

Setelah mengetahui jumlah bahan bangunan yang diperlukan, selanjutnya adalah menghitung biaya total untuk setiap jenis bahan bangunan. Untuk melakukan perhitungan ini, anda harus mengalikan jumlah bahan bangunan dengan harga satuan dari setiap bahan bangunan yang ada dalam daftar.

4. Hitunglah biaya total untuk pekerjaan

Selain biaya untuk bahan bangunan, ada juga biaya untuk pekerjaan yang harus dikeluarkan. Biaya pekerjaan ini bisa mencakup gaji para pekerja, biaya sewa peralatan, dan sebagainya. Pastikan untuk mencatat semua biaya yang terkait dengan pekerjaan.

5. Hitunglah biaya total untuk pemasangan listrik dan plumbing

Setelah menghitung biaya untuk bahan bangunan dan pekerjaan, selanjutnya adalah menghitung biaya untuk pemasangan listrik dan plumbing. Biaya ini bisa terbilang cukup besar, sehingga harus dihitung dengan akurat.

6. Tambahkan biaya tambahan

Selama proses pembangunan, seringkali muncul biaya tambahan yang harus dikeluarkan. Untuk menghindari kekurangan uang, sebaiknya tambahkan biaya tambahan sekitar 10% dari total biaya.

7. Jumlahkan biaya total untuk keseluruhan proyek

Setelah melakukan perhitungan seluruh biaya, jumlahkan semua biaya untuk mendapatkan biaya total untuk keseluruhan proyek. Hasil ini akan menjadi panduan bagi anda dalam mengelola keuangan selama proses pembangunan rumah.

Sampai disini, anda sudah bisa menghitung RAB rumah dengan menggunakan software Excel. Meskipun terdengar mudah, namun perhitungan RAB juga membutuhkan ketelitian dan kejelian dalam menghitung semua biaya. Selain itu, anda juga harus memperhatikan semua aspek yang berkaitan dengan pembangunan rumah.

FAQ

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk menghitung RAB rumah dengan Excel?

Waktu yang dibutuhkan untuk menghitung RAB rumah dengan Excel tergantung dari kompleksitas dan ukuran proyek. Namun, secara umum waktu yang dibutuhkan untuk menghitung RAB rumah dengan Excel adalah sekitar 2-3 hari.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT DIAGRAM LINE DI EXCEL

2. Apakah ada risiko terjadi kesalahan dalam menghitung RAB rumah dengan Excel?

Ya, ada risiko terjadi kesalahan dalam menghitung RAB rumah dengan Excel jika anda tidak jeli dan teliti dalam menghitung semua biaya. Namun, jika anda memperhatikan semua aspek yang terkait dengan pembangunan rumah dan menggunakan formula yang benar pada Excel, maka risiko kesalahan dapat diminimalisir.

Video Tutorial Menghitung RAB menggunakan Excel

Untuk memudahkan anda dalam menghitung RAB rumah menggunakan Excel, berikut kami sertakan video tutorial yang dapat anda saksikan:

https://www.youtube.com/watch?v=7DIzyKkf17E

Kesimpulan

Menghitung RAB rumah merupakan hal yang sangat penting dalam proses pembangunan rumah. Tanpa RAB, pengelolaan keuangan bisa menjadi tidak terstruktur dan menyebabkan kerugian yang besar. Oleh karena itu, penting bagi anda untuk memperhatikan dan menghitung RAB dengan benar.

Dalam menghitung RAB rumah, anda bisa menggunakan software Excel yang sangat efektif dan efisien. Namun, perhatikan semua aspek yang berkaitan dengan pembangunan rumah dan pastikan anda jeli dan teliti dalam menghitung setiap biaya. Dengan begitu, anda bisa membangun rumah impian anda dengan diiringi perencanaan anggaran yang matang dan tepat.