Cara Menghitung Pph 22 Di Excel

Cara menghitung pajak adalah sesuatu yang sangat penting bagi siapa pun yang berpenghasilan di Indonesia. Pajak merupakan salah satu sumber pendapatan negara, sehingga setiap orang yang berpenghasilan diwajibkan untuk membayar pajak secara rutin. Pada artikel kali ini, kami akan membahas beberapa informasi penting tentang cara menghitung pajak di Indonesia. Kami akan memberikan penjelasan tentang beberapa jenis pajak, seperti Pajak Penghasilan (PPh), Pajak Pertambahan Nilai (PPN), dan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB).

Cara Menghitung Pajak Penghasilan (PPh)

Pajak Penghasilan (PPh) adalah pajak yang harus dibayar oleh setiap individu atau badan usaha yang memperoleh penghasilan di Indonesia. Pajak ini terdiri dari PPh Pasal 21, PPh Pasal 22, PPh Pasal 23, PPh Pasal 25, dan PPh Pasal 26. Cara menghitung PPh dihitung berdasarkan tarif pajak yang berlaku dan jumlah penghasilan yang diterima. Berikut ini adalah cara menghitung PPh Pasal 21 yang biasanya diterima oleh karyawan.

Cara Menghitung PPh Pasal 21

PPh Pasal 21 adalah pajak penghasilan yang harus dibayar oleh setiap karyawan yang menerima gaji dari perusahaan. PPh Pasal 21 dihitung berdasarkan tarif pajak yang berlaku dan jumlah penghasilan karyawan. Berikut adalah cara menghitung PPh Pasal 21:

1. Pertama, tentukan penghasilan bruto selama satu bulan. Penghasilan bruto adalah jumlah gaji pokok ditambah tunjangan dan bonus.

2. Selanjutnya, kurangi penghasilan bruto dengan PTKP (Penghasilan Tidak Kena Pajak). PTKP adalah penghasilan yang tidak dikenakan pajak. Besaran PTKP berbeda-beda tergantung status pernikahan dan jumlah tanggungan.

3. Setelah itu, cari tahu besaran tarif pajak yang berlaku untuk jumlah penghasilan neto yang diperoleh karyawan. Tarif pajak yang berlaku dihitung berdasarkan jumlah penghasilan neto, bukan penghasilan bruto.

4. Hitunglah jumlah pajak yang harus dibayar dengan mengalikan tarif pajak dengan jumlah penghasilan neto setelah dikurangi PTKP.

5. Terakhir, tambahkan PPh Pasal 21 dengan biaya jabatan yang ditetapkan oleh perusahaan. Biaya jabatan adalah pengurang PPh Pasal 21 yang diberikan oleh perusahaan kepada karyawan. Besaran biaya jabatan dihitung berdasarkan jumlah penghasilan bruto karyawan.

Cara Menghitung Pajak Pertambahan Nilai (PPN)

Pajak Pertambahan Nilai (PPN) adalah pajak yang dikenakan atas penjualan barang atau jasa. PPN dihitung dengan cara mengalikan tarif PPN dengan harga jual barang atau jasa. Tarif PPN yang berlaku di Indonesia adalah 10%. Berikut adalah cara menghitung PPN:

1. Pertama, tentukan harga jual barang atau jasa.

2. Kalikan harga jual barang atau jasa dengan tarif PPN yang berlaku. Tarif PPN yang berlaku di Indonesia adalah 10%.

3. Hasil dari perkalian tersebut adalah jumlah PPN yang harus dibayar.

Cara Menghitung Pajak Bumi dan Bangunan (PBB)

Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) adalah pajak yang dikenakan atas kepemilikan properti, seperti tanah dan bangunan. Besarnya PBB dihitung berdasarkan nilai jual objek pajak dan tarif PBB yang berlaku. Berikut adalah cara menghitung PBB:

1. Tentukan nilai jual objek pajak. Nilai jual objek pajak adalah harga yang dapat diperoleh jika tanah atau bangunan tersebut dijual di pasaran terbuka.

2. Kalikan nilai jual objek pajak dengan tarif PBB yang berlaku. Tarif PBB yang berlaku di Indonesia adalah 0,5% – 0,6% untuk tanah dan 0,1% – 0,3% untuk bangunan.

Baca Juga :  cara membuat link nama di excel Download label undangan 103 excel

3. Hasil dari perkalian tersebut adalah jumlah PBB yang harus dibayar.

FAQ

1. Apa yang dimaksud dengan SPT Pajak?

SPT Pajak adalah Surat Pemberitahuan Pajak. Surat ini berisi informasi tentang penghasilan dan pajak yang harus dibayar oleh wajib pajak. SPT Pajak harus diisi dan diserahkan oleh setiap wajib pajak setiap tahunnya.

2. Apa akibatnya jika tidak membayar pajak?

Jika tidak membayar pajak, wajib pajak dapat dikenai sanksi administratif berupa denda dan atau bunga tunggakan. Selain itu, wajib pajak juga dapat dikenai sanksi pidana berupa penjara atau denda yang lebih besar.

Dalam video di atas, terdapat informasi lengkap tentang cara menghitung pajak penghasilan (PPh) dan jenis-jenis pajak lainnya di Indonesia.