Cara Menghitung Persentase Pertumbuhan Dengan Aplikasi Excel

Cara Mudah Menghitung Persentase dengan Excel

Jika Anda sering berurusan dengan angka dan data di Excel, tidak jarang Anda harus menghitung persentase. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase kenaikan penjualan bulan ini dibandingkan bulan lalu atau menghitung presentase diskon yang diberikan. Di Excel, ada beberapa cara untuk menghitung persentase dengan mudah dan cepat.

1. Cara Menghitung Persentase dengan Fungsi Persen (%)

Fungsi Persen (%) adalah salah satu fungsi matematika dasar pada Excel yang digunakan untuk menghitung presentase dari sebuah nilai. Fungsi ini sangat mudah digunakan dan bisa diaplikasikan pada data apapun. Berikut adalah langkah-langkah untuk menggunakan fungsi Persen (%) di Excel:

– Buka file Excel dan buatlah sebuah tabel data yang ingin Anda hitung persentasenya. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase kenaikan penjualan bulan ini dibandingkan bulan lalu.

– Masukan rumus Persen (%) pada sel yang ingin dihitung persentasenya. Rumus Persen (%) adalah =nilai/total*100%. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase kenaikan penjualan bulan ini dibandingkan bulan lalu. Jika penjualan bulan ini adalah 150 dan bulan lalu adalah 100, maka rumusnya adalah =150/100*100%.

– Jika rumus sudah diinput, tekan tombol Enter pada keyboard dan hasil persentasenya akan otomatis terhitung di sel yang Anda inputkan rumus.

2. Cara Menghitung Persentase dengan Fungsi SUM dan AVERAGE

Fungsi SUM dan AVERAGE juga bisa digunakan untuk menghitung persentase di Excel. Fungsi SUM digunakan untuk menjumlahkan nilai data, sementara fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata nilai data. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung persentase menggunakan fungsi SUM dan AVERAGE di Excel:

– Buka file Excel dan buatlah sebuah tabel data yang ingin Anda hitung persentasenya. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase kenaikan penjualan bulan ini dibandingkan bulan lalu.

Baca Juga :  CARA MENGGANTI NAMA FILE DI EXCEL

– Hitung jumlah nilai data pada bulan ini dan bulan lalu menggunakan fungsi SUM. Misalnya, penjualan bulan ini adalah 150 dan bulan lalu adalah 100, maka jumlah penjualan bulan ini dan bulan lalu adalah =SUM(B2:C2). Rumus ini akan memberikan jumlah nilai pada sel B2 dan C2.

– Hitung rata-rata nilai data pada bulan ini dan bulan lalu menggunakan fungsi AVERAGE. Misalnya, rata-rata penjualan bulan ini adalah 75 dan bulan lalu adalah 50, maka rata-rata penjualan bulan ini dan bulan lalu adalah =AVERAGE(B2:C2). Rumus ini akan memberikan rata-rata nilai pada sel B2 dan C2.

– Hitung presentase kenaikan atau penurunan penjualan dengan menghitung selisih rata-rata nilai pada bulan ini dan bulan lalu. Misalnya, selisih rata-rata penjualan bulan ini dengan bulan lalu adalah 25, maka presentase kenaikan atau penurunan penjualan adalah =25/50*100%. Rumus ini akan memberikan hasil persentase pada sel yang diinputkan.

FAQ:

1. Apakah fungsi Persen (%) hanya bisa digunakan pada nilai bulat di Excel?
Tidak, fungsi Persen (%) bisa digunakan pada nilai desimal atau pecahan di Excel. Misalnya, jika nilai yang ingin dihitung persentasenya adalah 0,5, maka rumusnya adalah =0,5/1*100%.

2. Apakah fungsi SUM dan AVERAGE hanya bisa digunakan untuk menghitung persentase kenaikan atau penurunan nilai?
Tidak, fungsi SUM dan AVERAGE bisa digunakan untuk menghitung persentase dari data apapun di Excel. Misalnya, Anda ingin menghitung persentase diskon yang diberikan pada sebuah produk, maka Anda bisa menggunakan fungsi SUM dan AVERAGE untuk menghitung jumlah diskon dan harga asli produk.