Cara Menghitung Persentase Penawaran Di Excel

Pada umumnya, Microsoft Excel digunakan untuk mengolah data dengan lebih mudah dan terstruktur. Salah satu keunggulan dari program ini adalah kemampuan untuk melakukan perhitungan persentase secara otomatis. Namun, bagi pengguna yang kurang familiar, menghitung persentase di Excel bisa menjadi sebuah tantangan tersendiri.

Maka dari itu, kami hadir untuk memberikan panduan cara menghitung persentase di Excel dengan mudah dan cepat. Dalam tutorial ini, kami akan membagikan cara menghitung persentase dengan dua metode yaitu menggunakan rumus matematis dan menggunakan fungsi persentase di Excel. Simak ulasannya di bawah ini.

1. Cara Menghitung Persentase dengan Rumus Matematis

Pertama-tama, mari kita pelajari cara menghitung persentase dengan rumus matematis terlebih dahulu. Cara ini terbilang mudah, namun harus teliti dalam mencatat data agar tidak salah saat menghitung persentase.

Contohnya, kita ingin menghitung berapa persen dari 50. Caranya adalah sebagai berikut:

– Pertama, tentukan jumlah atau angka yang akan dihitung persentasenya. Pada contoh ini, jumlahnya adalah 50.
– Kemudian, tentukan persentase yang dicari. Misalnya, kita ingin mengetahui berapa persen dari 50.
– Setelah itu, hitung persentase dengan menggunakan rumus matematis berikut ini:

Persen = (Angka yang akan dihitung persentasenya / Jumlah) x 100%

Dengan rumus tersebut, jika kita ingin mengetahui berapa persen dari 50, maka perhitungannya adalah sebagai berikut:

Persen = (Angka yang akan dihitung persentasenya / Jumlah) x 100%
= (25 / 50) x 100%
= 0,5 x 100%
= 50%

Jadi, hasilnya adalah 50%.

2. Cara Menghitung Persentase dengan Fungsi Persentase di Excel

Selain menggunakan rumus matematis, kita juga bisa menghitung persentase di Excel dengan menggunakan fungsi persentase di dalamnya. Fungsi ini dapat memudahkan kita dalam menghitung persentase karena kita tidak perlu lagi melakukan perhitungan manual.

Baca Juga :  CARA KOMPRES FILE EXCEL UNTUK EMAIL

Untuk menggunakan fungsi persentase di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

– Pertama, buka program Microsoft Excel.
– Selanjutnya, buat tabel atau daftar nilai yang akan dihitung persentasenya.
– Pilihlah sel di mana hasil persentase akan ditampilkan.
– Masukkan rumus berikut ini di sel tersebut:

=Persentase(Angka yang akan dihitung persentasenya, Jumlah, [Koma Desimal])

Dalam rumus tersebut, terdapat tiga argumen, yaitu:

– Angka yang akan dihitung persentasenya, yaitu data yang ingin dihitung persentasenya.
– Jumlah, yaitu total nilai dari semua data yang ada di daftar nilai.
– Koma Desimal, yaitu opsi yang bisa kalian atur sesuai kebutuhan.

Contohnya, jika kita ingin mengetahui berapa persen dari 25 dengan total nilai 50, maka rumusnya adalah:

=Persentase(25, 50)

Setelah itu, tekan tombol enter.

Maka, hasil persentase akan muncul pada sel yang sudah dipilih sebelumnya.

Selain itu, kita juga bisa menambahkan koma desimal pada hasil persentase. Caranya adalah dengan menambahkan nilai koma desimal setelah argumen jumlah.

Contohnya, jika kita ingin menambahkan koma desimal sampai dua angka, maka rumusnya adalah sebagai berikut:

=Persentase(25, 50, 2)

Kemudian, tekan tombol enter dan hasil persentase akan muncul di sel yang sudah dipilih.

3. Cara Menghitung Persentase Kenaikan atau Penurunan di Excel

Selain cara menghitung persentase secara umum, kita juga bisa menghitung persentase kenaikan atau penurunan di Excel. Cara ini sering digunakan dalam bidang keuangan atau ekonomi untuk menghitung perkembangan nilai saham atau aset.

Untuk menghitung persentase kenaikan atau penurunan di Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

– Pertama, buat tabel atau daftar nilai yang akan dihitung persentasenya.
– Selanjutnya, buat kolom baru untuk menampilkan hasil persentase kenaikan atau penurunan.
– Kemudian, pilihlah sel pertama di kolom hasil persentase.
– Masukkan rumus berikut ini di sel tersebut:

Baca Juga :  Cara Menghitung Standar Deviasi Excel

=(Nilai Akhir – Nilai Awal) / Nilai Awal * 100%

Dalam rumus ini, terdapat tiga argumen, yaitu:

– Nilai Awal, yaitu nilai atau harga awal yang ingin dihitung persentase kenaikan atau penurunannya.
– Nilai Akhir, yaitu nilai atau harga akhir yang ingin dihitung persentase kenaikan atau penurunannya.

Contohnya, jika kita ingin menghitung persentase penurunan harga saham dari Rp 5000 menjadi Rp 3000, maka rumusnya adalah sebagai berikut:

=(3000 – 5000) / 5000 * 100%

Setelah itu, tekan tombol enter dan hasil persentase akan muncul pada sel yang dipilih sebelumnya.

Selain itu, kita juga bisa mengubah format tampilan hasil persentase agar lebih mudah dibaca. Caranya adalah dengan memilih kolom hasil persentase, kemudian pilih menu ‘Format Cells’ pada tab ‘Home’. Selanjutnya, pilih opsi ‘Percentage’ pada kategori ‘Number’ dan tentukan jumlah desimal yang diinginkan. Setelah itu, tekan tombol ‘Ok’ dan format tampilan hasil persentase akan berubah.

FAQ:

1. Apa saja fungsi persentase di Excel?

Fungsi persentase di Excel adalah salah satu fitur yang memudahkan pengguna dalam menghitung persentase. Fungsi ini dapat digunakan untuk menghitung persentase suatu nilai dalam kaitannya dengan jumlah total nilai yang ada pada daftar atau tabel.

2. Bagaimana cara mengubah tampilan format hasil persentase di Excel?

Untuk mengubah tampilan format hasil persentase di Excel, kita bisa memilih kolom hasil persentase, kemudian pilih menu ‘Format Cells’ pada tab ‘Home’. Selanjutnya, pilih opsi ‘Percentage’ pada kategori ‘Number’ dan tentukan jumlah desimal yang diinginkan. Setelah itu, tekan tombol ‘Ok’ dan format tampilan hasil persentase akan berubah.