Cara Menghitung Pengurangan Menggunakan Excel

Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sangat penting di dalam kehidupan sehari-hari, baik itu untuk keperluan pekerjaan, bisnis, ataupun kebutuhan pribadi. Salah satu fitur penting di dalam Excel adalah kemampuannya untuk melakukan operasi matematika, seperti penjumlahan dan pengurangan. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara melakukan pengurangan di Excel, beserta rumus-rumus yang dapat digunakan.

Cara Mengurangi Penjumlahan di Excel

Saat melakukan pengurangan di Excel, kita perlu menggunakan rumus matematika yang tepat. Berikut ini adalah cara melakukan pengurangan di Excel dengan menggunakan rumus “=”-

Langkah-Langkah

  1. Pilih sel tempat Anda ingin menampilkan hasil pengurangan
  2. Ketik tanda sama dengan (=)
  3. Ketik jumlah pertama yang ingin Anda kurangi
  4. Ketik tanda minus (-)
  5. Ketik jumlah kedua yang ingin dikurangi
  6. Tekan tombol Enter

Berikut ini adalah contoh pengurangan di Excel dengan menggunakan rumus “=”-:

Cara Menghitung Pengurangan Menggunakan Excel

Di dalam contoh ini, kita ingin mengurangi jumlah penjualan tahun ini (sel B2) dengan jumlah penjualan tahun lalu (sel C2). Setelah mengetik rumus “=-“, kita memilih sel B2, kemudian mengetik tanda minus (-), dan memilih sel C2. Setelah menekan tombol Enter, hasil pengurangan akan muncul di dalam sel B3.

Rumus Pengurangan di Excel

Di dalam Excel, terdapat beberapa rumus pengurangan yang dapat digunakan, di antaranya adalah:

RUMUS PENGURANGAN SEDERHANA

Rumus ini digunakan untuk melakukan pengurangan antara dua sel di dalam satu baris atau satu kolom. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus pengurangan sederhana:

rumus pengurangan sederhana

Pada contoh di atas, kita ingin menghitung jumlah produk yang terjual di bulan Januari (sel B2) dengan jumlah produk yang terjual di bulan Februari (sel C2), dengan menggunakan rumus “-” sederhana. Setelah mengetikkan rumus =B2-C2, maka hasil pengurangan akan muncul di dalam sel D2.

RUMUS PENGURANGAN OTOMATIS BANYAK KOLOM

Di dalam Excel, terdapat fitur autofill yang digunakan untuk menyalin rumus yang sama ke sel yang berbeda. Fitur ini sangat berguna jika Anda ingin menghitung pengurangan antara jumlah banyak produk yang terjual pada bulan yang berbeda-beda. Berikut ini adalah contoh penggunaan rumus pengurangan otomatis banyak kolom:

rumus pengurangan otomatis banyak kolom

Pada contoh di atas, kita ingin menghitung pengurangan antara jumlah produk yang terjual di bulan Januari hingga Desember. Kita dapat mengetikkan rumus =B2-C2 pada sel D2, lalu menyalin rumus tersebut ke sel D3 sampai D13 menggunakan fitur autofill. Setelah menyalin rumus tersebut, Excel akan secara otomatis melakukan pengurangan antara sel pada setiap baris yang berbeda, sehingga kita tidak perlu mengetikkan rumus pengurangan yang sama berkali-kali.

FAQ

Apakah rumus pengurangan otomatis dapat digunakan untuk operasi matematika lainnya?

Ya, fitur autofill di Excel dapat digunakan untuk menyalin semua jenis rumus matematika, tidak hanya pengurangan, tetapi juga penjumlahan, perkalian, dan pembagian.

Bagaimana jika saya ingin mengurangi sel di luar satu baris atau satu kolom?

Untuk mengurangi sel di luar satu baris atau satu kolom, Anda dapat menggunakan rumus pengurangan standar dengan mengetik “=” kemudian memilih sel yang ingin dikurangi.

Baca Juga :  CARA BUAT TERBILANG DI EXCEL

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial cara melakukan pengurangan di Excel:

Dalam video ini, dijelaskan cara melakukan pengurangan menggunakan rumus sederhana, dan juga cara menggunakan fitur autofill untuk mengurangi sel yang berada dalam berbagai kolom dan baris yang berbeda. Selain itu, video ini juga menjelaskan cara memformat sel untuk menampilkan hasil pengurangan dengan benar.

Demikianlah artikel mengenai cara melakukan pengurangan di Excel beserta rumus-rumus yang dapat digunakan. Semoga informasi ini bermanfaat dan membantu Anda dalam mengolah data di Excel. Jangan ragu untuk mengajukan pertanyaan atau memberikan komentar di bawah artikel ini jika Anda memiliki pertanyaan atau saran.