Cara Menghitung Nilai Dikali 4 Dibagi 100 Di Excel

Belakangan ini, muncul tren baru di kalangan masyarakat Indonesia yang semakin sadar akan pentingnya investasi. Salah satu jenis investasi yang saat ini sedang digandrungi adalah reksadana. Namun, sebelum memutuskan untuk berinvestasi di reksadana, sebaiknya kamu memahami cara menghitung keuntungan dan kerugian investasi tersebut. Di bawah ini, akan dibahas beberapa contoh cara menghitung keuntungan dan kerugian di reksadana yang bisa kamu pelajari.

Contoh Cara Menghitung Keuntungan dan Kerugian Di Reksadana

1. Melalui Rumus Pengembalian Investasi (ROI)

ROI merupakan rumus sederhana yang digunakan untuk menghitung keuntungan atau kerugian dari investasi. Rumus ini menghitung selisih antara nilai investasi awal dan nilai investasi sekarang, lalu dibagi dengan nilai investasi awal dan dikalikan 100%. Berikut rumusnya:

Cara Menghitung Nilai Dikali 4 Dibagi 100 Di Excel

Contohnya kamu membeli reksadana sebesar Rp2.500.000 pada awal tahun dan saat ini nilai investasi tersebut menjadi Rp3.000.000. Maka, kamu bisa menghitung ROI dengan rumus:

(Nilai investasi sekarang – nilai investasi awal) / nilai investasi awal x 100%

(Rp3.000.000 – Rp2.500.000) / Rp2.500.000 x 100% = 20%

Dalam contoh tersebut, kamu mendapatkan keuntungan sebesar 20% dari investasi reksadana yang kamu lakukan.

2. Melalui Analisis Kinerja Reksadana

Cara kedua yang bisa kamu lakukan untuk menghitung keuntungan dan kerugian di reksadana adalah dengan melakukan analisis kinerja reksadana. Analisis kinerja reksadana berguna untuk mengetahui apakah reksadana tersebut memberikan keuntungan atau kerugian pada periodenya.

Untuk melakukan analisis kinerja reksadana, kamu bisa melihat beberapa hal berikut:

Analisis Kinerja Reksadana

  • Daily Price Chart
  • Pada chart ini, kamu bisa melihat harga unit penyertaan pada reksadana yang diinvestasikan. Dengan melihat chart ini, kamu bisa mengetahui pergerakan unit penyertaan setiap harinya.

  • Return on Investment
  • Melalui ini, kamu bisa mengetahui berapa persen keuntungan atau kerugian yang kamu dapatkan dari reksadana yang diinvestasikan selama periode tertentu.

  • Beta
  • Beta digunakan untuk mengukur volatilitas reksadana dibandingkan dengan indeks pasar saham. Semakin tinggi beta suatu reksadana, semakin volatile reksadana itu.

  • Expense Ratio
  • Expense ratio merupakan biaya yang dikenakan pada reksadana sebagai kompensasi atas jasa manajemen investasi dan biaya operasional.

  • Sharpe Ratio
  • Sharpe ratio digunakan untuk mengukur kualitas investasi suatu reksadana dalam menghasilkan keuntungan yang sebanding dengan risiko yang diambil.

  • Portfolio
  • Portfolio pada reksadana merupakan kumpulan dari saham atau obligasi yang dimiliki oleh reksadana tersebut.

Dengan melakukan analisis kinerja reksadana, kamu bisa membuat keputusan yang bijak dalam melakukan investasi reksadana. Namun, analisis kinerja reksadana juga memerlukan pemahaman dalam analisis teknis investasi.

Lalu, bagaimana jika ternyata setelah melakukan investasi, kamu mengalami kerugian? Tenang saja, karena setiap investasi pasti ada risiko yang harus dihadapi. Berikut adalah beberapa pertanyaan dan jawaban terkait investasi reksadana.

FAQ Investasi Reksadana

1. Bagaimana cara mengantisipasi kerugian dalam investasi reksadana?

Jawaban: Cara paling ampuh untuk mengantisipasi kerugian dalam investasi reksadana adalah dengan melakukan diversifikasi, yaitu dengan membagi investasi ke dalam beberapa jenis reksadana dengan risiko yang berbeda-beda. Dengan begitu, jika satu jenis reksadana merugi, kamu masih memiliki investasi di jenis reksadana lain yang berbeda risikonya.

2. Apa yang harus dilakukan jika mengalami kerugian dalam investasi reksadana?

Jawaban: Ketika mengalami kerugian dalam investasi reksadana, jangan panik. Sebaliknya, cobalah untuk tetap tenang dan jangan ditarik terlalu cepat. Berikan waktu kepada investasi tersebut untuk pulih kembali, karena investasi di reksadana membutuhkan waktu yang cukup panjang untuk memberikan keuntungan. Namun, jika kamu merasa tidak nyaman dengan investasi tersebut, kamu bisa melakukan cut loss atau menjual reksadana tersebut.

Baca Juga :  CARA CEK DATA DOBEL EXCELL

Video Tutorial Cara Membuat Nilai Huruf di Excel

Demikian artikel tentang cara menghitung keuntungan dan kerugian di reksadana beserta FAQ dan video tutorial. Saat memutuskan untuk berinvestasi di reksadana, pastikan kamu sudah memiliki pemahaman yang cukup sehingga dapat membuat keputusan yang tepat dan bijak dalam melakukan investasi. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu yang berencana untuk berinvestasi di reksadana.