Warga.Co.IdBerita Warga Indonesia dan Teknologi serta Informasi Terbaru
Cara Menghitung Menjumlahkan Per Kolom Secara Instan Menggunakan Ms Excel
Apakah kamu pernah merasa kesulitan saat harus menjumlahkan angka-angka di Excel atau MS Word? Tenang saja, kamu tidak sendirian! Banyak orang yang mengalami hal yang sama. Namun, sebenarnya cara menjumlahkan angka-angka di Excel atau MS Word tidaklah sulit, asalkan kamu tahu rumus atau fungsinya.
Jika kamu perlu menjumlahkan pecahan biasa yang umumnya dituliskan dalam bentuk persen atau rasio, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:
Ubah persen atau rasio tersebut menjadi decimal dengan cara membaginya dengan 100. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan 25%, maka ubah menjadi 0.25.
Ketikan rumus penjumlahan standar di Excel dengan menuliskan formula “=SUM(angka1, angka2, ..)” pada satu sel atau cell. Misalnya, rumus “=SUM(0.25, 0.50, 0.75)” akan menjumlahkan 25%, 50%, dan 75%, sehingga hasilnya 1.50.
Cara Menjumlahkan Kolom/Baris Angka di MS Word – IJ.COM
Jika kamu perlu menjumlahkan angka-angka dalam sebuah tabel di MS Word, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:
Pindahkan kursor kamu ke sel atau cell tempat kamu ingin menampilkan hasil penjumlahan.
Ketikan rumus penjumlahan dengan mengetikkan “=sum(awal:akhir)” pada sel atau cell tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka di kolom A dari baris 1 sampai baris 10, maka rumusnya adalah “=sum(A1:A10)”.
Tekan Enter dan Word akan menampilkan hasil penjumlahan.
Cara Menghitung Jumlah Nama Yang Sama Di Excel
Bagaimana jika kamu perlu menghitung jumlah nama atau teks yang sama di Excel? Kamu dapat menggunakan rumus COUNTIF untuk melakukan hal ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Identifikasi kolom atau range sel yang ingin kamu hitung jumlahnya.
Ketikan formula COUNTIF dengan mengetikkan “=COUNTIF(range_sel, nama_teks)” pada sel atau cell yang kosong. Misalnya, jika kamu ingin menghitung jumlah nama “Ari” dalam kolom A, maka rumusnya adalah “=COUNTIF(A:A,”Ari”)”.
Cara Menjumlahkan Kolom Yang Berbeda di Excel – infoshopii
Ketika kita berurusan dengan angka-angka dalam Excel, sering kali kita perlu untuk menjumlahkan kolom-kolom yang berbeda pada satu atau lebih tabel. Ini bisa menjadi tugas yang sangat menyebalkan jika dilakukan secara manual, terutama jika jangka waktunya sangat ketat. Untungnya, Excel memiliki fitur pencarian total. Fitur ini akan menjumlahkan semua angka dalam range yang telah kamu tentukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:
Pilih cell kosong di mana kamu ingin menampilkan hasil penjumlahan.
Ketikkan fungsi SUM dengan menuliskan “=SUM(angka_1:angka_akhir)” pada sel atau cell tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka dalam kolom A dan B di baris 1 sampai baris 10, maka rumusnya adalah “=SUM(A1:B10)”.
Tekan Enter dan Excel akan menampilkan hasil penjumlahan.
FAQ
1. Apa itu fungsi SUMIF di Excel?
fungsi SUMIF adalah rumus di Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka dalam sebuah range berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi ini sangat berguna ketika kita perlu menjumlahkan beberapa angka dalam sebuah tabel atau daftar, tetapi hanya ingin menjumlahkan yang memenuhi persyaratan tertentu.
2. Apa perbedaan antara Excel dan Google Sheets?
Excel dan Google Sheets adalah dua aplikasi spreadsheet yang sering digunakan. Meskipun keduanya memiliki banyak kemiripan, ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya. Salah satu perbedaan terbesar adalah bahwa Excel merupakan bagian dari paket Microsoft Office, yang harus dibeli atau disubscribe, sedangkan Google Sheets gratis dan dapat diakses melalui akun Google. Selain itu, Excel memiliki lebih banyak fitur dan kemampuan daripada Google Sheets, tetapi Google Sheets lebih mudah digunakan dan memudahkan kolaborasi secara online.
Video Youtube: Cara Menjumlahkan Angka di Excel dengan Fungsi SUM
Untuk tulisan ini, kami juga menyediakan video tutorial tentang bagaimana cara menjumlahkan angka di Excel dengan fungsi SUM. Simak video berikut ini:
Rekomendasi:
Cara Menghitung Penjumlahan Per Kolom Secara Instan… Cara Menghitung Penjumlahan Pecahan Dengan Persen Penjumlahan pecahan dengan persen adalah salah satu topik yang dibahas dalam matematika tingkat SMP atau SMA. Menghitung penjumlahan pecahan dengan persen bisa menjadi sulit jika tidak memahami rumus dan kerja dasar di baliknya. Berikut…
CARA MENJUMLAHKAN DATA PADA EXCEL Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk pekerjaan atau tugas kuliah? Jika iya, pasti kamu pernah mengalami kebingungan saat harus menjumlahkan angka-angka di tabel Excel, terutama jika jumlah datanya banyak. Bagaimana cara menjumlahkan angka-angka di Excel dengan efektif dan cepat…
CARA MEMBUAT SUM DI EXCEL Cara Membuat Sum Di Excel Jika kamu sering menggunakan Microsoft Excel, pasti sudah tidak asing lagi dengan rumus SUM. Rumus ini digunakan untuk menjumlahkan nilai-nilai yang terdapat dalam satu atau beberapa sel di dalam spreadsheet. Namun, tidak semua orang tahu…
CARA MENJUMLAHKAN ANGKA YANG SAMA DI EXCEL Apakah Anda pernah mengalami kesulitan dalam menjumlahkan angka yang memiliki satuan dalam bentuk teks di Excel? Tenang saja, Anda tidak sendirian. Banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal ini karena memang tidak terlalu mudah. Namun, dalam artikel ini, kami akan…
Cara Membuat Rumus Perhitungan Di Excel Otomatis Microsoft Excel adalah salah satu aplikasi pengolah data yang paling banyak digunakan di dunia. Dalam Excel, kita dapat membuat tabel, rumus matematika, dan berbagai perhitungan lainnya. Namun, terkadang kita ingin memperindah tampilan tabel yang kita buat agar lebih menarik. Salah…
Cara Membuat Rumus Fungsi If Pada Excel Microsoft Excel adalah sebuah program aplikasi pengolah data yang sangat populer di kalangan pengguna komputer, baik itu di dunia kerja, pendidikan, maupun keperluan pribadi. Microsoft Excel dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti mengelola data, membuat grafik, tabel, dan juga dapat…
Cara Membuat Rumus Meteran Di Excel Microsoft Excel adalah program pengolah data yang sangat populer dan digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Salah satu kelebihan dari Excel adalah kemampuannya dalam menghitung angka dengan lebih cepat dan akurat. Hal ini bisa dilakukan dengan menggunakan rumus-rumus yang…
Cara Menghitung Pecahan Campuran Di Excel Bagi sebagian orang, pecahan campuran bisa menjadi salah satu topik yang cukup sulit dalam matematika. Namun sebenarnya, menghitung pecahan campuran bisa lebih mudah jika kita tahu cara mengubahnya menjadi pecahan biasa terlebih dahulu. Cara Menghitung Operasi Pecahan Campuran Pada dasarnya,…
Cara Menghitung Profesional Sum Di Excel Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk memudahkan pekerjaan, seperti menghitung angka? Jangan khawatir, kamu tidak perlu terus-menerus menghitung angka dengan kalkulator. Excel menyediakan fitur SUM dan AVERAGE yang dapat memudahkanmu untuk menghitung jumlah atau rata-rata angka yang kamu punya.…
Cara Membuat Angka Kuadrat Pada Excel Jika kamu sering bekerja dengan Microsoft Word dan Microsoft Excel, pasti kamu pernah dituntut untuk membuat angka derajat dan rumus kuadrat. Namun, bagi sebagian orang, hal tersebut mungkin terlihat sulit dan membingungkan. Berikut ini adalah cara membuat angka derajat di…
CARA MEMBUAT WARNA PADA EXCEL Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam memberi warna pada cell atau font di Excel? Tak perlu khawatir, karena kali ini saya akan membahas panduan lengkap cara memberi warna cell atau font otomatis pada Excel. Namun sebelum kita masuk ke langkah-langkahnya, ketahui…
Cara Menghitung Jumlah Tanggal Di Excel Apakah kamu sedang belajar Excel? Jika ya, maka kamu pasti pernah mengalami kesulitan dalam menggunakan rumus-rumus di dalamnya. Namun, tidak perlu khawatir! Kamu bisa menggunakan beberapa cara dan fungsi dasar di Excel untuk membantumu dalam menghitung sesuatu. Cara Menghitung Umur…
Cara Hitung Pangkat Di Excel Panduan Membuat Rumus Matematika di Excel Microsoft Excel merupakan salah satu software yang paling sering digunakan untuk keperluan bisnis, perkantoran dan pembelajaran. Salah satu fitur andalan dari Excel adalah kemampuannya untuk menghitung dan membuat rumus matematika secara otomatis. Dalam artikel…
Cara Membuat Rumus Dollar Di Excel Pengenalan Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang paling banyak digunakan dalam dunia bisnis dan keuangan. Selain itu, Excel juga berguna untuk pengolahan data, analisis, dan visualisasi data dalam bidang akademik dan penelitian. Dalam artikel ini, akan dibahas tentang beberapa…
Cara Menghitung Jam Kerja Excel Bagi sebagian besar orang, jam kerja merupakan hal yang sangat penting. Namun, menghitung jam kerja seringkali dianggap sebagai tugas yang sulit. Untungnya, ada banyak cara untuk menghitung jam kerja yang lebih mudah dan cepat. Cara Hitung Lembur Kerja – Mama…
Cara Menghitung Jumlah Variabel Di Excel Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang sering digunakan, baik di dunia bisnis maupun pendidikan. Dalam penggunaannya, Excel memiliki berbagai macam fungsi dan rumus yang bisa digunakan untuk mempermudah dalam pengolahan data. Salah satu fungsi yang sering digunakan di…
Cara Membuat Rata-rata Dengan Persentase Di Excel Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk mengolah data? Salah satu fungsi yang mungkin sering kamu gunakan adalah untuk mencari nilai rata-rata. Nah, kali ini kita akan membahas cara menghitung nilai rata-rata di Excel dengan rumus AVERAGE. Menghitung Nilai Rata-rata…
Cara Menghitung Persentase Persen Di Excel Cara Menghitung Persentase dalam Excel Menghitung persentase dalam Microsoft Excel bisa cukup mudah jika kamu mengetahui rumus dan formula yang tepat. Berikut ini cara menghitung persentase dalam Excel: 1. Menghitung Persentase Kenaikan atau Penurunan Untuk menghitung persentase kenaikan atau penurunan…
Cara Menghitung Di Excel Pembagian Di era digital saat ini, penggunaan Microsoft Excel semakin populer dikalangan pekerja kantoran dan mahasiswa. Excel digunakan untuk menyelesaikan berbagai keperluan, seperti menghitung angka, menyajikan data, dan membuat grafik. Namun, seiring dengan kompleksnya fungsi dalam Excel, seringkali banyak yang tidak…
CARA MENJUMLAHKAN RUPIAH DI EXCEL Rupiah menjadi mata uang resmi Indonesia sejak 1949 setelah menggantikan mata uang Belanda Indies Gulden. Saat ini, rupiah digunakan sebagai alat pembayaran utama di Indonesia dan meliputi mata uang kertas dan uang logam. Dalam bisnis dan keuangan, rupiah kerap dihitung…
Cara Menghitung Jumlah Orang Di Excel Rumus Excel adalah salah satu skill yang sangat penting untuk dikuasai bagi mereka yang bekerja di bidang data. Dengan menguasai Rumus Excel, Anda akan dapat menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi di tempat kerja. Salah satu tinjauan yang penting dalam Rumus…
CARA CEPAT MENJUMLAHKAN PADA PADA DATA YANG SUDAH ADA EXCEL Cara Menjumlahkan Angka dengan Cepat dan Mudah di Microsoft Word dan Excel Microsoft Word dan Excel adalah dua aplikasi perkantoran yang sangat berguna dan penting dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini, kami akan membahas cara menjumlahkan angka dengan cepat dan…
CARA CEK APAKAH DATA DI KOLOM EXCEL ADA YANG SAMA Apakah kamu merasa bingung saat bekerja dengan Excel? Tidak perlu khawatir karena dalam artikel ini kamu akan menemukan cara-cara untuk memudahkan pekerjaan dengan Excel. Mulai dari cara cek rumus, cara menjumlahkan di Excel, cara mencari data yang sama di Excel,…
Cara Membuat Rumus Nilai Abjat Di Excel Pernahkan kamu merasa kesulitan dalam mengolah data? Terkadang kita memiliki banyak data tapi tidak tahu bagaimana cara memanfaatkannya dengan efektif. Excel adalah salah satu program yang dapat membantu kita dalam mengolah data tersebut. Namun, tidak semua orang familiar dengan program…
Cara Menghitung Penjumalahan Di Excel 2007 Excel memang sudah menjadi salah satu program yang tak bisa dipisahkan dalam dunia pekerjaan maupun pendidikan. Berbagai fitur yang dimilikinya mampu memudahkan pengguna dalam melakukan berbagai keperluan, termasuk dalam melakukan perhitungan dan analisis data. Nah, pada artikel ini kita akan…
CARA MENJUMLAHKAN BANYAK DATA DI EXCEL Cara Menjumlahkan di Excel dengan Mudah - Tutorial Excel Cara Menjumlahkan di Excel dengan Mudah - Tutorial Excel Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi yang sangat dahsyat dalam hal pengolahan data. Namun, banyak orang masih merasa kesulitan ketika ingin melakukan…
Cara Menghitung Ppn 10 Di Excel Apakah kamu seringkali merasa bingung bagaimana cara menghitung PPN di Excel? Memang terkadang perhitungan dalam aplikasi spreadsheet bisa membingungkan, terutama jika kamu belum terbiasa dengan formula yang harus digunakan. Nah, dalam artikel ini akan dijelaskan cara menghitung PPN di Excel…
cara membuat koom di excel Cara membuat angka negatif 0 di… Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk bekerja? Jika iya, maka tentunya kamu memerlukan beberapa trik dan tips untuk mempermudah pekerjaanmu. Berikut ini adalah beberapa cara dan tips untuk menggunakan Excel dengan lebih mudah dan efektif. Cara Mencari Y Topi…
Cara Membuat Rumus Terbilang Di Excel 2017 Pernahkah kamu merasa kesulitan dalam melakukan perhitungan di Excel? Terutama dalam mengubah angka menjadi terbilang? Jangan khawatir, karena kali ini kami akan memberikan tutorial bagi kamu yang ingin tahu cara membuat rumus terbilang di Excel. Tapi sebelum itu, mari kita…
Cara Menghitung Penjumlahan Secara Cepat Di Excel Pernahkah Anda mengalami kesulitan dalam menghitung jumlah data dalam lembar Excel? Jangan khawatir, karena dalam artikel ini kita akan membahas berbagai rumus penjumlahan di Excel dan bagaimana cara menggunakannya. Sebelum kita memulai, pastikan Anda sudah memahami dasar-dasar Excel. Excel adalah…