Cara Menghitung Menjumlahkan Per Kolom Secara Instan Menggunakan Ms Excel

Apakah kamu pernah merasa kesulitan saat harus menjumlahkan angka-angka di Excel atau MS Word? Tenang saja, kamu tidak sendirian! Banyak orang yang mengalami hal yang sama. Namun, sebenarnya cara menjumlahkan angka-angka di Excel atau MS Word tidaklah sulit, asalkan kamu tahu rumus atau fungsinya.

Cara Menjumlahkan Pecahan Biasa – Dunia Sosial

Jika kamu perlu menjumlahkan pecahan biasa yang umumnya dituliskan dalam bentuk persen atau rasio, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut ini:

  1. Ubah persen atau rasio tersebut menjadi decimal dengan cara membaginya dengan 100. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan 25%, maka ubah menjadi 0.25.
  2. Ketikan rumus penjumlahan standar di Excel dengan menuliskan formula “=SUM(angka1, angka2, ..)” pada satu sel atau cell. Misalnya, rumus “=SUM(0.25, 0.50, 0.75)” akan menjumlahkan 25%, 50%, dan 75%, sehingga hasilnya 1.50.

Cara Menghitung Menjumlahkan Per Kolom Secara Instan Menggunakan Ms Excel

Cara Menjumlahkan Kolom/Baris Angka di MS Word – IJ.COM

Jika kamu perlu menjumlahkan angka-angka dalam sebuah tabel di MS Word, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pindahkan kursor kamu ke sel atau cell tempat kamu ingin menampilkan hasil penjumlahan.
  2. Ketikan rumus penjumlahan dengan mengetikkan “=sum(awal:akhir)” pada sel atau cell tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka di kolom A dari baris 1 sampai baris 10, maka rumusnya adalah “=sum(A1:A10)”.
  3. Tekan Enter dan Word akan menampilkan hasil penjumlahan.

Cara Menjumlahkan Kolom/Baris Angka di MS Word - IJ.COM

Cara Menghitung Jumlah Nama Yang Sama Di Excel

Bagaimana jika kamu perlu menghitung jumlah nama atau teks yang sama di Excel? Kamu dapat menggunakan rumus COUNTIF untuk melakukan hal ini. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Identifikasi kolom atau range sel yang ingin kamu hitung jumlahnya.
  2. Ketikan formula COUNTIF dengan mengetikkan “=COUNTIF(range_sel, nama_teks)” pada sel atau cell yang kosong. Misalnya, jika kamu ingin menghitung jumlah nama “Ari” dalam kolom A, maka rumusnya adalah “=COUNTIF(A:A,”Ari”)”.

Cara Menghitung Jumlah Nama Yang Sama Di Excel

Cara Menjumlahkan Kolom Yang Berbeda di Excel – infoshopii

Ketika kita berurusan dengan angka-angka dalam Excel, sering kali kita perlu untuk menjumlahkan kolom-kolom yang berbeda pada satu atau lebih tabel. Ini bisa menjadi tugas yang sangat menyebalkan jika dilakukan secara manual, terutama jika jangka waktunya sangat ketat. Untungnya, Excel memiliki fitur pencarian total. Fitur ini akan menjumlahkan semua angka dalam range yang telah kamu tentukan. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih cell kosong di mana kamu ingin menampilkan hasil penjumlahan.
  2. Ketikkan fungsi SUM dengan menuliskan “=SUM(angka_1:angka_akhir)” pada sel atau cell tersebut. Misalnya, jika kamu ingin menjumlahkan angka dalam kolom A dan B di baris 1 sampai baris 10, maka rumusnya adalah “=SUM(A1:B10)”.
  3. Tekan Enter dan Excel akan menampilkan hasil penjumlahan.

Cara Menjumlahkan Kolom Yang Berbeda di Excel - infoshopii

FAQ

1. Apa itu fungsi SUMIF di Excel?

fungsi SUMIF adalah rumus di Excel yang digunakan untuk menjumlahkan angka dalam sebuah range berdasarkan kriteria tertentu. Fungsi ini sangat berguna ketika kita perlu menjumlahkan beberapa angka dalam sebuah tabel atau daftar, tetapi hanya ingin menjumlahkan yang memenuhi persyaratan tertentu.

2. Apa perbedaan antara Excel dan Google Sheets?

Excel dan Google Sheets adalah dua aplikasi spreadsheet yang sering digunakan. Meskipun keduanya memiliki banyak kemiripan, ada beberapa perbedaan signifikan antara keduanya. Salah satu perbedaan terbesar adalah bahwa Excel merupakan bagian dari paket Microsoft Office, yang harus dibeli atau disubscribe, sedangkan Google Sheets gratis dan dapat diakses melalui akun Google. Selain itu, Excel memiliki lebih banyak fitur dan kemampuan daripada Google Sheets, tetapi Google Sheets lebih mudah digunakan dan memudahkan kolaborasi secara online.

Baca Juga :  Cara Membuat Rank Di Excel 2010

Video Youtube: Cara Menjumlahkan Angka di Excel dengan Fungsi SUM

Untuk tulisan ini, kami juga menyediakan video tutorial tentang bagaimana cara menjumlahkan angka di Excel dengan fungsi SUM. Simak video berikut ini: