Cara Menghitung Mean Max Min Di Excel

Statistika adalah suatu cabang ilmu matematika yang mempelajari tentang pengumpulan, analisis, dan interpretasi data. Salah satu konsep yang penting dalam statistika adalah ukuran pemusatan data, di antaranya ada mean, median, dan modus. Tiga ukuran ini digunakan untuk merangkum data sehingga mudah dipahami dan diinterpretasikan.

Cara Menghitung Median Data Kelompok

Median adalah nilai tengah sebuah data urut. Jika data tersebut berjumlah ganjil, median adalah nilai tengah data. Jika data tersebut berjumlah genap, median adalah rata-rata dari dua nilai tengah. Bagaimana cara menghitung median pada data kelompok?

  1. Mencari interval median
  2. Interval ini merupakan rentang data yang mengandung nilai median. Untuk mencari interval median, dapat menggunakan rumus:

    Cara Menghitung Mean Max Min Di Excel
  3. Mencari nilai median
  4. Nilai median dapat dihitung dengan menggunakan rumus:

    Rumus mencari nilai median data kelompok

    Contoh soal:

    Diketahui data berikut:

    Data kelompok

    Tabel distribusi frekuensi dari data tersebut adalah:

    Interval Frekuensi (f) cumulative frequency (cf)
    100 – 200 6 6 6 6
    201 – 300 20 18 26 24
    301 – 400 43 23 69 67
    401 – 500 77 34 146 101
    501 – 600 58 26 204 129
    601 – 700 32 13 236 162
    701 – 800 18 7 254 180
    801 – 900 6 4 260 186
    901 – 1000 1 1 261 187
    Total 261

    Langkah-langkah untuk mencari median:

    1. Mencari interval median

    Untuk mencari interval median, kita harus mencari total frekuensi, yaitu:

    Rumus mencari total frekuensi

    total frekuensi = 261

    Selanjutnya, kita mencari posisi median, yaitu posisi ke:

    Rumus mencari posisi median

    posisi median = (total frekuensi + 1) / 2 = (261 + 1) / 2 = 131

    Dari tabel distribusi frekuensi di atas, diketahui bahwa interval yang mengandung nilai median adalah 401 – 500.

    2. Mencari nilai median

    Untuk mencari nilai median, kita perlu menggunakan rumus:

    Rumus mencari nilai median data kelompok

    nilai median = L1 + ((n/2 – CF1) / f) x i

    L1 = batas bawah interval median = 401

    n = total frekuensi = 261

    CF1 = cumulative frequency sebelum interval median = 101

    f = frekuensi interval median = 77

    i = panjang interval = batas atas interval – batas bawah interval = 500 – 401 = 99

    Jadi,

    Hasil perhitungan nilai median

    Sehingga, nilai median dari data tersebut adalah 521,97.

Baca Juga :  JELASKAN CARA MEMBUAT TABEL PADA MICROSOFT EXCEL

Cara Menghitung Rata-Rata di Excel

Rata-rata atau mean adalah jumlah dari semua data dibagi dengan jumlah data tersebut. Dalam Microsoft Excel, terdapat beberapa cara untuk menghitung rata-rata, di antaranya menggunakan rumus AVERAGE dan SUM.

Cara Menggunakan Rumus AVERAGE

Rumus AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata dari sejumlah data di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan
  2. Ketikkan =AVERAGE( atau gunakan fungsi autosum melalui menu Ribbon di atas.
  3. Pilih sel yang berisi data
  4. Tutup tanda kurung dan tekan Enter pada keyboard

Contoh soal:

Diketahui data nilai mahasiswa sebagai berikut:

No Nama Nilai
1 Alice 75
2 Bob 80
3 Charlie 85
4 Dave 90

Langkah-langkah untuk mencari rata-rata:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan, misalnya A5
  2. Ketikkan =AVERAGE(B2:B5)
  3. Tekan Enter pada keyboard

Hasil perhitungan rata-rata adalah 82,5.

Cara Menggunakan Rumus SUM

Rumus SUM digunakan untuk menjumlahkan sejumlah data di Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk menghitung rata-rata menggunakan rumus SUM:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan
  2. Ketikkan =SUM(
  3. Pilih sel yang berisi data
  4. Tutup tanda kurung dan bagi jumlah data dengan jumlah sel yang berisi data

Contoh soal:

Diketahui data nilai mahasiswa sebagai berikut:

No Nama Nilai
1 Alice 75
2 Bob 80
3 Charlie 85
4 Dave 90

Langkah-langkah untuk mencari rata-rata:

  1. Pilih sel tempat hasil rata-rata akan ditampilkan, misalnya A5
  2. Ketikkan =SUM(B2:B5)/COUNT(B2:B5)
  3. Tekan Enter pada keyboard

Hasil perhitungan rata-rata adalah 82,5.

Cara Menghitung Persentase Kumulatif di Excel

Bagaimana cara menghitung persentase kumulatif di Excel? Persentase kumulatif merupakan persentase jumlah di atas atau di bawah suatu nilai dalam data tertentu. Misalnya, jika Anda memiliki data penjualan bulanan, Anda ingin tahu berapa persen penjualan total yang berasal dari satu produk tertentu.

Baca Juga :  Cara Menyinkronkan Data Excel Ke Data Google Drive

Cara menghitung persentase kumulatif di Excel adalah sebagai berikut:

  1. Membuat tabel penjualan
  2. Menghitung total penjualan
  3. Menghitung persentase penjualan per produk
  4. Menghitung persentase kumulatif

Contoh soal:

Diketahui data penjualan bulanan produk HP, yaitu:

Bulan Penjualan
Januari 1.500
Februari 1.200
Maret 900
April 1.800
Mei 1.000
Juni 1.500

Langkah-langkah untuk menghitung persentase kumulatif:

  1. Buat tabel penjualan, seperti di bawah ini:
  2. Bulan Penjualan
    Januari 1.500
    Februari 1.200
    Maret 900
    April 1.800
    Mei 1.000
    Juni 1.500
    Total =SUM(B2:B7)

    Hasil:

    Bulan Penjualan
    Januari 1.500
    Februari 1.200
    Maret 900
    April 1.800
    Mei 1.000
    Juni 1.500
    Total 8.500
  3. Hitung total penjualan bulanan di sel B8 dengan rumus =SUM(B2:B7). Jangan lupa untuk menambahkan tanda $ pada range, sehingga rumusnya menjadi =SUM($B$2:$B$7).
  4. Hasil:

    <
    Bulan Penjualan