Cara Menghitung Masa Umur Excel

Microsoft Excel adalah software populer untuk melakukan perhitungan data dalam berbagai bidang seperti akuntansi, keuangan, dan sumber daya manusia. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam sumber daya manusia adalah penghitungan masa kerja karyawan dan umur karyawan menggunakan Microsoft Excel. Berikut adalah cara menghitung masa kerja dan umur karyawan dengan rumus Microsoft Excel.

Cara Menghitung Masa Kerja

Masa kerja adalah jumlah waktu yang dihabiskan oleh seorang karyawan dalam bekerja di suatu perusahaan atau institusi. Biasanya, masa kerja dihitung berdasarkan tahun, bulan, dan hari.

Langkah 1: Membuat Kolom Data

Anda perlu membuat kolom data untuk tanggal masuk, bulan masuk, tahun masuk, tanggal keluar, bulan keluar, dan tahun keluar. Kolom data juga bisa diatur sesuai dengan kebutuhan organisasi atau instansi.

Langkah 2: Menghitung Selisih Tanggal

Kemudian, hitung selisih tanggal keluar dengan tanggal masuk berdasarkan perbedaan bulan dan tahun. Anda bisa menggunakan formula =DATEDIF(B2,D2,”y”) untuk menghasilkan selisih tahun, formula =DATEDIF(B2,D2,”ym”) untuk menghasilkan selisih bulan dengan mengabaikan selisih tahun, dan formula =DATEDIF(B2,D2,”md”) untuk menghasilkan selisih hari dengan mengabaikan selisih tahun dan bulan.

Jangan lupa, untuk menghitung masa kerja pemilik data perlu memperhatikan bagaimana masalah perhitungan masa kerja ini tidak menghasilkan angka negatif. Oleh sebab itu, datanya dimasukkan berdasarkan waktu pengambilan data dan waktu berakhirnya periode masa kerja, perupakan hal penting. Dorongan positif harus selalu dijaga, karena untuk membangun budaya positif dalam lingkungan kerja selalu menjadi bentuk kontribusi terbaik bagi para karyawan.

Langkah 3: Menampilkan Hasil Perhitungan

Setelah dihitung, hasil perhitungan dapat ditampilkan pada kolom hasil. Cara menampilkannya dapat menggunakan formula seperti =A2&B2&” tahun “&C2&”bulan “&D2&” hari” atau dapat disesuaikan dengan format organisasi/instansi.

Cara Menghitung Umur

Umur adalah nomor yang menunjukkan berapa lama seorang individu telah hidup dan dinyatakan dalam periode tahun. Berikut adalah cara menghitung umur karyawan dengan rumus Microsoft Excel.

Langkah 1: Membuat Kolom Data

Anda perlu membuat kolom data untuk tanggal lahir karyawan, bulan lahir, dan tahun lahir. Kolom data dapat disesuaikan dengan kebutuhan organisasi atau instansi.

Langkah 2: Menghitung Selisih Tanggal

Selanjutnya, hitung selisih tanggal lahir dengan tanggal pengambilan data. Anda bisa menggunakan formula =DATEDIF(C2,TODAY(),”y”) untuk menghasilkan selisih tahun, formula =DATEDIF(C2,TODAY(),”ym”) untuk menghasilkan selisih bulan dengan mengabaikan selisih tahun, dan formula =DATEDIF(C2,TODAY(),”md”) untuk menghasilkan selisih hari dengan mengabaikan selisih tahun dan bulan.

Langkah 3: Menampilkan Hasil Perhitungan

Hasil perhitungan umur ditampilkan pada kolom hasil. Cara menampilkannya dapat menggunakan formula seperti =A2&B2&” tahun “&C2&”bulan “&D2&” hari” atau dapat disesuaikan dengan format organisasi/instansi.

FAQ

Bagaimana cara mengecek hasil perhitungan dengan cepat?

Anda dapat menggunakan fitur AutoSum di Microsoft Excel untuk melakukan penghitungan data secara cepat. Caranya adalah dengan memilih kolom data yang ingin dihitung, kemudian klik tombol AutoSum pada tab Ribbon. Jika ada kesalahan dalam penghitungan, Anda dapat mengecek rumusnya dengan cara mengetikkan = pada sel yang bersebelahan dengan hasil perhitungan.

Baca Juga :  Cara Membuat Produk Id Excel Muncul Nama Barang Otomatis

Apakah perhitungan masa kerja dan umur harus dilakukan secara manual?

Tidak. Anda dapat menggunakan fitur rumus di Microsoft Excel untuk melakukan perhitungan dengan cepat dan akurat. Selain itu, Microsoft Excel juga menyediakan template untuk menghitung masa kerja dan umur secara otomatis.

Video Tutorial Cara Menghitung Masa Kerja dan Umur dengan Excel