Cara Menghitung Masa Kerja Excel






Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel

Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel

Bagi perusahaan, menghitung masa kerja karyawan sangatlah penting. Data ini akan digunakan sebagai acuan dalam memberikan penghargaan dan kenaikan gaji. Nah, untuk mempermudah perhitungan, kini kita dapat menggunakan Microsoft Excel sebagai alat bantu. Berikut ini adalah cara menghitung masa kerja dengan Excel.

Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel

Sebelum memulai perhitungan, pastikan terlebih dahulu bahwa data yang dibutuhkan sudah tersedia. Data yang dibutuhkan adalah:

  • Tanggal masuk kerja
  • Tanggal keluar kerja (jika sudah keluar)
  • Tanggal hari ini

Jika sudah memiliki data tersebut, langkah-langkahnya adalah sebagai berikut:

  1. Buat tabel di Excel
  2. Tambahkan kolom Tanggal Masuk, Tanggal Keluar (jika sudah keluar), Masa Kerja(Dalam Tahun)
  3. Isi data pada masing-masing kolom
  4. Masukkan rumus untuk menghitung masa kerja
  5. Simpan dan selesai

Dengan begitu, perhitungan masa kerja karyawan dapat dilakukan dengan mudah dan cepat. Berikut adalah contoh tabel perhitungan masa kerja karyawan :

Tabel Perhitungan Masa Kerja Karyawan

No Nama Tanggal Masuk Tanggal Keluar Masa Kerja(Dalam Tahun)
1 Andi 01/01/2010 =DATEDIF(C2,TODAY(),”y”)
2 Budi 01/06/2013 31/12/2021 =DATEDIF(C3,D3,”y”)
3 Cici 01/03/2015 =DATEDIF(C4,TODAY(),”y”)
4 Dodi 01/08/2020 =DATEDIF(C5,TODAY(),”y”)

Pada contoh tabel di atas, rumus yang digunakan untuk menghitung masa kerja adalah =DATEDIF(TanggalMasuk,TanggalKeluar,”y”). Jika pada kolom Tanggal Keluar belum ada data, gunakan formula =DATEDIF(TanggalMasuk,TODAY(),”y”), dimana TODAY() merupakan fungsi untuk menampilkan tanggal hari ini. Rumus tersebut akan menghitung selisih antara tanggal masuk dan tanggal hari ini atau tanggal keluar.

Baca Juga :  CARA COPY DATA VERVAL PD KE EXCEL

Gambaran Masa Kerja dengan Excel

Cara Menghitung Masa Kerja Excel

Dari gambaran di atas, kita dapat melihat betapa mudahnya menghitung masa kerja dengan Excel. Langkah-langkah yang harus dilakukan pun sangat sederhana.

FAQ (Frequently Asked Question)

1. Apa saja data yang dibutuhkan untuk menghitung masa kerja dengan Excel?

Jawaban: Data yang dibutuhkan adalah tanggal masuk kerja, tanggal keluar kerja (jika sudah keluar), dan tanggal hari ini.

2. Apakah rumus yang digunakan untuk menghitung masa kerja sama untuk semua perusahaan?

Jawaban: Ya, rumus yang digunakan untuk menghitung masa kerja sama untuk semua perusahaan. Yang membedakan hanyalah data yang digunakan untuk menghitung.

Video Tutorial : Cara Menghitung Masa Kerja dengan Excel