Cara Menghitung Luasan Pada Vba Excel Dengan Code

Penulisan Rumus Menghitung Jumlah Nilai Yang Benar Untuk

Salah satu hal yang sangat penting dalam bidang matematika adalah rumus. Rumus memang banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari, khususnya dalam aktivitas yang berhubungan dengan perhitungan. Berbagai jenis rumus pun dikenal oleh masyarakat dengan dasar-dasar matematika. Namun, sering kali anda melihat orang yang menggunakan rumus namun hasilnya tidak sesuai dengan yang seharusnya. Hal ini menandakan bahwa orang tersebut salah dalam menggunakan rumus yang sesuai dengan permasalahan yang dihadapinya.

Agar tidak salah dalam menggunakan rumus, pengetahuan pelajaran matematika harus dikuasai dengan baik terlebih dahulu. Selain itu, anda juga harus paham terhadap jenis-jenis rumus yang ada. Rumus memiliki berbagai jenis dan fungsi, tergantung pada permasalahan yang dihadapi. Dalam artikel ini, akan dijelaskan tentang 24 rumus yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Mari kita simak bersama.

1. Rumus Luas Segitiga
Rumus luas segitiga sangat sederhana, yaitu 1/2 x a x t. Rumus ini dapat digunakan untuk menghitung luas segitiga jika diketahui nilai alas dan tingginya. Dalam rumus tersebut, a adalah alas segitiga sedangkan t adalah tinggi segitiga.

2. Rumus Luas Lingkaran
Rumus luas lingkaran adalah phi x r x r. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas lingkaran jika diketahui jari-jarinya. Dalam rumus tersebut, phi adalah konstanta dengan nilai 3.14 sedangkan r adalah jari-jari lingkaran.

3. Rumus Keliling Lingkaran
Rumus keliling lingkaran adalah 2 x phi x r. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling lingkaran jika diketahui jari-jarinya. Dalam rumus tersebut, phi adalah konstanta dengan nilai 3.14 sedangkan r adalah jari-jari lingkaran.

4. Rumus Luas Persegi Panjang
Rumus luas persegi panjang adalah p x l. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas persegi panjang jika diketahui panjang dan lebarnya. Dalam rumus tersebut, p adalah panjang persegi panjang sedangkan l adalah lebar persegi panjang.

5. Rumus Keliling Persegi Panjang
Rumus keliling persegi panjang adalah 2 x (p + l). Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling persegi panjang jika diketahui panjang dan lebarnya. Dalam rumus tersebut, p adalah panjang persegi panjang sedangkan l adalah lebar persegi panjang.

6. Rumus Luas Persegi
Rumus luas persegi adalah s x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas persegi jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

7. Rumus Keliling Persegi
Rumus keliling persegi adalah 4 x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling persegi jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

8. Rumus Luas Jajar Genjang
Rumus luas jajar genjang adalah a x t. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas jajar genjang jika diketahui alas dan tingginya. Dalam rumus tersebut, a adalah alas jajar genjang sedangkan t adalah tinggi jajar genjang.

9. Rumus Keliling Jajar Genjang
Rumus keliling jajar genjang adalah 2 x (a + b). Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling jajar genjang jika diketahui alas dan sisinya. Dalam rumus tersebut, a adalah alas jajar genjang sedangkan b adalah sisinya.

10. Rumus Luas Trapesium
Rumus luas trapesium adalah 1/2 x (a + b) x t. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas trapesium jika diketahui panjang kedua rusuknya dan tingginya. Dalam rumus tersebut, a dan b adalah kedua sisi yang sejajar sedangkan t adalah tinggi trapesium.

11. Rumus Keliling Trapesium
Rumus keliling trapesium adalah a + b + c + d. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling trapesium jika diketahui panjang keempat sisi trapesium. Dalam rumus tersebut, a, b, c, dan d masing-masing adalah panjang sisi trapesium.

12. Rumus Luas Belah Ketupat
Rumus luas belah ketupat adalah 1/2 x d1 x d2. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas belah ketupat jika diketahui panjang kedua diagonalnya. Dalam rumus tersebut, d1 dan d2 adalah diagonal belah ketupat.

13. Rumus Keliling Belah Ketupat
Rumus keliling belah ketupat adalah 4 x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling belah ketupat jika diketahui panjang sisi-sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

14. Rumus Luas Bujur Sangkar
Rumus luas bujur sangkar adalah s x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas bujur sangkar jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

15. Rumus Keliling Bujur Sangkar
Rumus keliling bujur sangkar adalah 4 x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling bujur sangkar jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

16. Rumus Luas Kerucut
Rumus luas kerucut adalah phi x r x r + phi x r x l. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas kerucut jika diketahui jari-jari dan garis pelukisnya. Dalam rumus tersebut, phi adalah konstanta dengan nilai 3.14, r adalah jari-jari kerucut, dan l adalah garis pelukisnya.

17. Rumus Luas Permukaan Tabung
Rumus luas permukaan tabung adalah 2 x phi x r x (r + t). Rumus ini digunakan untuk menghitung luas permukaan tabung jika diketahui jari-jari dan tingginya. Dalam rumus tersebut, phi adalah konstanta dengan nilai 3.14, r adalah jari-jari tabung, dan t adalah tinggi tabung.

18. Rumus Keliling Kubus
Rumus keliling kubus adalah 12 x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung keliling kubus jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

Baca Juga :  CARA MEMINDAHKAN FILE EXCEL KE HP ANDROID

19. Rumus Luas Alas Prisma
Rumus luas alas prisma adalah p x l. Rumus ini digunakan untuk menghitung luas alas prisma jika diketahui panjang dan lebarnya. Dalam rumus tersebut, p adalah panjang alas prisma sedangkan l adalah lebar alas prisma.

20. Rumus Volume Prisma
Rumus volume prisma adalah luas alas x t. Rumus ini digunakan untuk menghitung volume prisma jika diketahui luas alas dan tingginya. Dalam rumus tersebut, t adalah tinggi prisma.

21. Rumus Volume Pythagoras
Rumus volume pythagoras adalah 1/2 x a x b x t. Rumus ini digunakan untuk menghitung volume pythagoras jika diketahui tiga rusuknya. Dalam rumus tersebut, a, b, dan t masing-masing adalah panjang rusuk pythagoras.

22. Rumus Volume Kubus
Rumus volume kubus adalah s x s x s. Rumus ini digunakan untuk menghitung volume kubus jika diketahui panjang sisinya. Dalam rumus tersebut, s adalah panjang sisinya.

23. Rumus Volume Bola
Rumus volume bola adalah 4/3 x phi x r x r x r. Rumus ini digunakan untuk menghitung volume bola jika diketahui jari-jarinya. Dalam rumus tersebut, phi adalah konstanta dengan nilai 3.14 sedangkan r adalah jari-jari bola.

24. Rumus Jumlah Deret Aritmatika
Rumus jumlah deret aritmatika adalah n/2 x (2a + (n-1) x b). Rumus ini digunakan untuk menghitung jumlah n suku dalam deret aritmatika jika diketahui suku pertama dan beda antar suku. Dalam rumus tersebut, n adalah jumlah suku, a adalah suku pertama, dan b adalah beda antar suku.

Setelah mengetahui 24 rumus matematika yang sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari, nantinya anda bisa mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari. Selanjutnya, akan diulas tentang cara menghitung luas atap bangunan model perisai dan pelana.

Cara menghitung luasan atap bangunan model perisai dan pelana

Berikut adalah cara menghitung luasan atap bangunan model perisai dan pelana:

1. Atap Model Perisai
Atap model perisai memiliki bentuk seperti huruf V. Karena itu, ukur panjang dan lebar atap pada titik terlebar dan hitunglah luasnya dengan menggunakan rumus luas segitiga seperti yang telah dijelaskan sebelumnya. Kemudian, jumlahkan kedua luasan untuk mendapatkan luas atap bangunan tersebut.

2. Atap Model Pelana
Atap model pelana memiliki dua sisi dengan tinggi yang sama. Oleh karena itu, ukur panjang dan lebar atap pada titik terlebar dan hitunglah luasnya dengan menggunakan rumus luas persegi panjang seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, lalu kalikan dengan jumlah sisi yang ada pada atap pelana (dua sisi). Selanjutnya, jumlahkan kedua hasil tersebut untuk mendapatkan luas atap bangunan.

Dengan mengetahui cara menghitung luas atap bangunan model perisai dan pelana, diharapkan anda dapat menghitung luasan tersebut dengan tepat dan benar. Namun, seringkali jika dilakukan secara manual, hasilnya lebih sulit dan memakan waktu yang lama. Oleh karena itu, ada baiknya anda menggunakan aplikasi perhitungan luas atap yang telah tersedia, seperti Autocad.

Cara menghitung luasan menggunakan Autocad

Berikut adalah cara menghitung luasan menggunakan Autocad:

1. Buka file gambar bangunan pada Autocad.
2. Pilih perintah Area pada toolbar Autocad.
3. Tentukan titik awal dan titik akhir pada bangunan yang akan dihitung luasnya.
4. Setelah selesai memilih bangunan, area luas akan muncul pada layar Autocad.
5. Anda dapat menyimpan hasil perhitungan tersebut pada lembar kerja Autocad.

Dengan menggunakan Autocad, perhitungan luas bangunan akan lebih mudah dan akurat. Anda juga dapat memilih beberapa jenis atap bangunan yang tersedia pada aplikasi tersebut, dan otomatis area luasan akan dikalkulasi secara otomatis.

Belajar Microsoft Excel: Mengekstrak Angka dari Text Data Entri

Microsoft Excel merupakan aplikasi pengolah data yang sangat populer dan seringkali digunakan dalam dunia bisnis. Salah satu fitur yang sangat berguna pada Excel adalah kemampuan untuk mengekstrak angka dari text data entri, terutama jika data tersebut sangat kompleks dan memakan waktu untuk digunakan.

Berikut adalah langkah-langkah untuk mengekstrak angka dari text data entri menggunakan Microsoft Excel:

1. Buka file Excel yang ingin diambil angkanya.
2. Pilih sel yang ingin diambil angkanya.
3. Buat rumus menggunakan fungsi =VALUE(RIGHT(A1,LEN(A1)-FIND(“^”,SUBSTITUTE(A1,” “,”^”,LEN(A1)-LEN(SUBSTITUTE(A1,” “,””)))))) dan tekan enter.
4. Format data pada sel yang baru dengan menggunakan perintah Format Cells.
5. Buka menu Cell Value dan pilih format cel yang diinginkan.

Setelah langkah-langkah di atas diikuti, angka dari text data entri dapat diekstrak dengan mudah dan dapat digunakan untuk keperluan bisnis anda.

FAQ

1. Apa itu aplikasi Autocad?
Autocad merupakan aplikasi pengolahan gambar 2D dan 3D yang sangat populer dalam dunia arsitektur dan konstruksi. Autocad menyediakan berbagai macam fitur untuk mempermudah pengolahan gambar, termasuk penghitungan luas atap bangunan dan lainnya.

2. Apa itu fungsi VALUE dan RIGHT dalam mengambil angka dari text data entri pada Excel?
Fungsi VALUE digunakan untuk mengubah tipe data menjadi angka. Sedangkan, fungsi RIGHT digunakan untuk mengambil sejumlah karakter dari sisi kanan string teks atau data entri. Kedua fungsi ini digunakan secara bersama-sama untuk mengambil angka dari text data entri pada Excel.