Cara Menghitung Log Pada Excel

Cara menghitung persentase menjadi salah satu topik yang sering dicari oleh banyak orang. Tak hanya matematika, penggunaan persentase pun ditemukan dalam dunia bisnis, keuangan dan bahkan dalam kehidupan sehari-hari. Dalam artikel ini akan dibahas cara menghitung persentase dengan menggunakan Excel serta beberapa contoh soal dan penyelesaiannya.

Cara Menghitung Persentase Dengan Excel

Excel merupakan salah satu aplikasi pengolah data yang populer. Dalam Excel, terdapat beberapa cara untuk menghitung persentase dengan mudah.

Cara Menghitung Persentase Menggunakan Formula

Formula yang digunakan untuk menghitung persentase dalam Excel adalah:

= (jumlah yang ingin dihitung / total jumlah) * 100

Formula tersebut bisa diaplikasikan untuk berbagai jenis data seperti harga, jumlah penjualan hingga keuangan. Berikut contoh penggunaan formula di Excel:

Cara Menghitung Log Pada Excel

Pada contoh tersebut, digunakan formula:

= (B2 / B1) * 100

Hasilnya adalah 18%, yang menunjukkan persentase keuntungan dari total pengeluaran. Perlu diingat bahwa, perhitungan tersebut hanya berlaku untuk satu data saja. Anda perlu menggunakan rumus serupa secara lengkap untuk mengetahui persentase keseluruhan.

Cara Menghitung Persentase Dengan Fungsi

Excel juga menyediakan fungsi dasar seperti fungsi SUM, AVERAGE hingga COUNT. Anda bisa menghitung persentase dengan mudah menggunakan beberapa fungsi berikut:

Fungsi COUNTIF

Fungsi COUNTIF digunakan untuk menghitung jumlah data dalam satu rentang yang memenuhi kriteria tertentu.

=COUNTIF(Range,kriteria)

Contoh: =COUNTIF(C2:C10,”L”)

Baca Juga :  CARA ATUR DATA SESUAI ABJAD DI EXCEL

Fungsi SUM

Fungsi SUM digunakan untuk menghitung jumlah data dalam satu rentang.

=SUM(Range)

Contoh: =SUM(C2:C10)

Fungsi SUMIF

Fungsi SUMIF digunakan untuk menghitung jumlah data dalam satu rentang yang memenuhi kriteria tertentu.

=SUMIF(Range,kriteria,Rangeyangakan dijumlahkan)

Contoh: =SUMIF($B$2:$B$10,”Makanan”,$C$2:$C$10)

Fungsi AVERAGE

Fungsi AVERAGE digunakan untuk menghitung rata-rata data dalam satu rentang.

=AVERAGE(Range)

Contoh: =AVERAGE(C2:C10)

Contoh Soal Perhitungan Persentase

Contoh 1

Sebuah usaha toko buku mengalami kenaikan penjualan dari Rp 500 juta pada tahun 2018 menjadi Rp 650 juta pada tahun 2019. Berapa persentase kenaikan penjualan?

Penyelesaian:

=((650-500)/500)*100 = 30%

Dari data tersebut, penjualan mengalami kenaikan sebesar 30%

Contoh 2

Tahun lalu, Rahul bekerja selama 480 jam dibagi menjadi 12 jam per hari, maka jumlah hari kerja Rahul tahun lalu adalah?

Penyelesaian:

=480/12 = 40 Hari

Dari data tersebut, jumlah hari kerja Rahul tahun lalu adalah 40 hari.

FAQ

Pertanyaan: Apakah rumus perhitungan persentase sama dengan rumus perhitungan rasio?

Jawaban: Rumus perhitungan rasio berbeda dengan rumus perhitungan persentase. Rasio adalah perbandingan antara satu nilai dan nilai lainnya, sementara persentase adalah perbandingan dari satu nilai terhadap nilai total. Namun, keduanya memiliki penggunaan yang serupa dalam menyakinkan investasi atau membandingkan data bisnis.

Pertanyaan: Bagaimana cara merubah format angka menjadi persentase di Excel?

Jawaban: Cara merubah format angka menjadi persentase di Excel adalah dengan menggunakan tombol home dan pilih simbol persentase atau melalui formatting Cells. Pertama, highlight sel yang akan diubah formatnya ke persentase. Kemudian, klik pada Home, Number dan pilih simbol persentase. Atau Anda bisa dengan cara klik kanan pada sel yang akan diubah, klik format cells pilih Percentage.

Dari beberapa contoh di atas, dapat disimpulkan bahwa menghitung persentase tidaklah sulit. Mulai dari penggunaan formula hingga fungsi, Excel menyediakan cukup banyak pilihan untuk memudahkan proses perhitungan persentase. Penggunaan persentase dapat membantu dalam menentukan presentasi keuntungan, rasio keuangan, hingga data penjualan.

Baca Juga :  CARA MENGGABUNGKAN BANYAK FILE EXCEL MENJADI SATU FILE EXCEL