Cara Menghitung Kuartil Di Excel

Pada artikel kali ini, kita akan membahas mengenai rumus-rumus matematika yang sering digunakan dalam pengolahan data. Rumus-rumus ini penting untuk diketahui oleh orang-orang yang bekerja di bidang statistik, keuangan, dan lain sebagainya. Dalam pembahasan ini, kita akan membahas mengenai rumus jangkauan di Excel, simpangan kuartil, cara menghitung gaji karyawan, cara menghitung kuartil atas pada data, dan cara mencari kuartil di Excel.

Rumus Jangkauan di Excel

Cara Menghitung Kuartil Di Excel

Rumus jangkauan di Excel digunakan untuk mencari selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil dalam data. Caranya adalah dengan menggunakan rumus =MAKS(nomor nomor)-MIN(nomor nomor). Contohnya, jika kita memiliki data nilai ujian Matematika siswa dari kelas 8A, yaitu 80, 70, 90, 85, dan 75, maka rumus jangkauan di Excel nya adalah: =MAKS(A1:A5)-MIN(A1:A5). Hasilnya adalah 20, yang artinya jangkauan nilai ujian Matematika siswa dari kelas 8A adalah 20.

Simpangan Kuartil

Simpangan Kuartil Rumus Jenis Cara Menghitung dan Contoh Soal

Simpangan kuartil atau interquartile range (IQR) digunakan untuk mengukur keragaman data pada kuartil ketiga dan kuartil pertama. Caranya adalah dengan menggunakan rumus Q3-Q1, di mana Q3 adalah kuartil ketiga dan Q1 adalah kuartil pertama. Contohnya, jika kita memiliki data tinggi badan siswa dari kelas 8B, yaitu 160, 170, 160, 165, 165, 155, 185, 190, dan 175, maka untuk mencari simpangan kuartilnya, kita harus mencari Q3 dan Q1 terlebih dahulu. Q3 adalah median dari data tertinggi (sebelah kanan median) dan Q1 adalah median dari data terendah (sebelah kiri median). Setelah mendapatkan Q3 dan Q1, kita dapat menghitung simpangan kuartil dengan rumus Q3-Q1. Berikut adalah rumus untuk mencari Q1 dan Q3:

Q1 = (n + 1) / 4

Q3 = 3*(n + 1) / 4

Di mana n adalah jumlah data.

Untuk data tinggi badan siswa di kelas 8B di atas, Q1-nya adalah 160 dan Q3-nya adalah 180. Maka, simpangan kuartilnya adalah 20.

Cara Menghitung Gaji Karyawan dengan Rumus dalam Excel

Menghitung Gaji, Cara Menghitung Gaji Karyawan Dengan Rumus Dalam

Untuk menghitung gaji karyawan, kita dapat menggunakan rumus dalam Excel. Caranya adalah dengan mengalikan jumlah jam kerja dengan nilai upah per jam, atau menggunakan rumus Gaji Pokok = (Gaji per Jam x Jumlah jam kerja) x (1 – Pajak/100). Contohnya, jika seorang karyawan memiliki gaji per jam sebesar Rp 10.000 dan bekerja selama 8 jam sehari selama 22 hari, maka gaji karyawan tersebut dalam sebulan adalah:

Gaji Pokok = (Rp 10.000 x 8 jam x 22 hari) x (1 – 10%) = Rp 1.584.000,-

Dalam contoh di atas, asumsi bahwa Pajak sebesar 10%.

Cara Menghitung Kuartil Atas pada Data

Kuartil Atas Dari Data Pada Tabel Adalah

Kuartil atas pada data digunakan untuk mencari nilai terkecil yang terletak pada kuartil atas dari data. Caranya adalah dengan menggunakan rumus Q3 = (3n+1) / 4, atau Q3 = (n+1) / 4 jika n habis dibagi 4. Contohnya, jika kita memiliki data tinggi badan siswa dari kelas 8C, yaitu 165, 170, 175, 178, 180, 183, 185, dan 190, maka untuk mencari kuartil atasnya, kita harus mengurutkan data dari yang terkecil hingga yang terbesar terlebih dahulu. Setelah diurutkan, kita dapat mencari nilai Q3 dengan menggunakan rumus di atas. Dalam contoh ini, karena jumlah data adalah 8, maka kita dapat menggunakan rumus Q3 = (3n+1) / 4, yaitu Q3 = (3×8+1) / 4 = 6.5. Maka, kuartil atas dari data tinggi badan siswa di kelas 8C tersebut adalah 183 cm.

Baca Juga :  CARA MENULIS DI EXCEL AGAR BISA KEBAWAH

Cara Mencari Kuartil di Excel

Untuk mencari kuartil di Excel, kita dapat menggunakan rumus PERCENTILE. Caranya adalah dengan mengetikkan rumus =PERCENTILE(nomor nomor,proporsi) di dalam sel. Di mana nomor nomor adalah rentang data yang ingin kita cari kuartilnya, dan proporsi adalah proporsi kuartil yang ingin dicari (misalnya 0.25 untuk kuartil pertama, 0.5 untuk median, dan 0.75 untuk kuartil ketiga). Contohnya, jika kita memiliki data penghasilan bulanan karyawan dari suatu perusahaan, yaitu 5 juta, 6 juta, 7 juta, 8 juta, dan 10 juta, maka rumus untuk mencari kuartil pertama di Excel adalah =PERCENTILE(A1:A5,0.25). Hasilnya adalah 6 juta.

FAQ

1. Apa itu jangkauan data?

Jangkauan data adalah selisih antara nilai terbesar dan nilai terkecil dalam suatu kumpulan data. Rumus untuk menghitung jangkauan data adalah =MAKS(nomor nomor)-MIN(nomor nomor).

2. Apa bedanya kuartil atas dan kuartil bawah?

Kuartil atas adalah nilai terkecil yang terletak pada kuartil atas dari suatu data, sedangkan kuartil bawah adalah nilai terbesar yang terletak pada kuartil bawah dari suatu data. Kuartil atas adalah nilai dari median dari data tertinggi (sebelah kanan median) dan kuartil bawah adalah nilai dari median dari data terendah (sebelah kiri median).