CARA MENGHITUNG HARI DI EXCEL

Mengetahui cara menghitung umur, hari, atau bahkan hari kerja sangat penting terutama dalam pekerjaan yang membutuhkan pengolahan data menggunakan Microsoft Excel. Memiliki kemampuan untuk menghitung umur, hari, atau hari kerja dengan mudah dapat membantu dalam menyederhanakan tugas dan menyelesaikan pekerjaan dengan lebih efisien.

Cara Menghitung Umur di Excel

Setiap orang pasti memiliki tanggal lahir dan untuk menghitung umur di Excel, kita hanya perlu mengurangi tahun saat ini dengan tahun kelahiran. Terdapat 3 cara untuk menghitung umur di Excel, yaitu TODAY, YEARFRAC, dan INT. Berikut adalah penjelasan masing-masing cara:

Cara Menghitung Umur dengan TODAY

Cara pertama untuk menghitung umur di Excel adalah menggunakan fungsi TODAY. Fungsi TODAY akan menghasilkan tanggal hari ini, dan kemudian kita akan menghitung selisih antara tanggal hari ini dengan tanggal lahir untuk mendapatkan umur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tanggal lahir ke dalam salah satu sel pada lembar kerja Excel. Misalnya, kita akan menggunakan sel A1.
  2. Gunakan formula TODAY() pada sel lain untuk mendapatkan tanggal hari ini, misalnya kita akan menggunakan sel B1.
  3. Gunakan formula DATEDIF() pada sel ketiga untuk menghitung selisih antara tanggal lahir dan tanggal hari ini. Formula DATEDIF() memiliki 3 argumen, yaitu tanggal awal, tanggal akhir, dan unit. Kita butuh argumen “tanggal awal” yang berisi tanggal lahir dan argumen “tanggal akhir” yang berisi tanggal hari ini. Argumen “unit” digunakan untuk menentukan satuan waktu yang ingin dihitung, dalam kasus ini, kita akan menggunakan “Y” untuk tahun. Jadi, formula yang akan kita gunakan adalah: =DATEDIF(A1,B1,”Y”)
  4. Hasi selisih antara tanggal lahir dan tanggal hari ini dalam tahun akan tampil pada sel ketiga.

Cara Menghitung Umur dengan YEARFRAC

Cara kedua untuk menghitung umur di Excel adalah menggunakan fungsi YEARFRAC. Fungsi YEARFRAC menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan tahun, dengan pengambilan pecahan dalam bentuk desimal. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tanggal lahir ke dalam salah satu sel pada lembar kerja Excel. Misalnya, kita akan menggunakan sel A1.
  2. Gunakan formula TODAY() pada sel lain untuk mendapatkan tanggal hari ini, misalnya kita akan menggunakan sel B1.
  3. Gunakan formula YEARFRAC() pada sel ketiga untuk menghitung selisih antara tanggal lahir dan tanggal hari ini dalam satuan tahun. Formula YEARFRAC() memiliki 2 argumen, yaitu tanggal awal dan tanggal akhir. Kita butuh argumen “tanggal awal” yang berisi tanggal lahir dan argumen “tanggal akhir” yang berisi tanggal hari ini. Jadi, formula yang akan kita gunakan adalah: =YEARFRAC(A1,B1)
  4. Hasi selisih antara tanggal lahir dan tanggal hari ini dalam tahun akan tampil pada sel ketiga.

Cara Menghitung Umur dengan INT

Cara ketiga untuk menghitung umur di Excel adalah menggunakan fungsi INT. Fungsi INT mengambil bagian integer dari sebuah bilangan. Kita akan menggunakan tahun sekarang sebagai bilangan bulat awal dan tahun lahir sebagai bilangan bulat akhir, sehingga selisih antara keduanya akan memberikan umur seseorang. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tanggal lahir ke dalam salah satu sel pada lembar kerja Excel. Misalnya, kita akan menggunakan sel A1.
  2. Gunakan formula YEAR() pada sel lain untuk mendapatkan tahun saat ini. Misalnya, kita akan menggunakan sel B1.
  3. Gunakan formula INT() pada sel ketiga untuk menghitung selisih antara tahun saat ini dan tahun lahir. Formula INT() mengambil bagian integer dari perbedaan antara dua angka, jadi kita akan membuat perbedaan antara tahun saat ini dan tahun lahir, lalu menggunakan formula INT() untuk mengambil bagian integer dari hasilnya. Jadi, formula yang akan kita gunakan adalah: =INT(B1-A1)
  4. Hasi selisih antara tahun saat ini dan tahun lahir dalam tahun akan tampil pada sel ketiga.
Baca Juga :  Cara Mengatasi Data May Have Been Lost Excel

Cara Menghitung Hari di Excel

Menghitung hari di Excel dapat dilakukan dengan beberapa cara, tergantung pada kebutuhan kita. Berikut adalah beberapa cara yang dapat digunakan:

Cara Menghitung Hari Antar Dua Tanggal dengan DATEDIF

Untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan hari, kita dapat menggunakan fungsi DATEDIF. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tanggal awal dan tanggal akhir pada dua sel berbeda pada lembar kerja Excel.
  2. Gunakan formula DATEDIF() pada sel ketiga untuk menghitung selisih antara dua tanggal dalam satuan hari. Formula DATEDIF() memiliki 3 argumen, yaitu tanggal awal, tanggal akhir, dan unit. Kita butuh argumen “tanggal awal” yang berisi tanggal awal dan argumen “tanggal akhir” yang berisi tanggal akhir. Argumen “unit” digunakan untuk menentukan satuan waktu yang ingin dihitung, dalam kasus ini, kita akan menggunakan “D” untuk hari. Jadi, formula yang akan kita gunakan adalah: =DATEDIF(A1,B1,”D”)
  3. Hasi selisih antara dua tanggal dalam satuan hari akan tampil pada sel ketiga.

Cara Menghitung Hari Kerja

Saat bekerja dengan data tanggal di Excel, terkadang kita memerlukan jumlah hari kerja antara dua tanggal. Misalnya, untuk menghitung waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan suatu proyek atau waktu yang perlu dihabiskan untuk memproses permohonan.

Untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal di Excel, kita dapat menggunakan rumus SUMPRODUCT. Berikut adalah rumusnya:

=SUMPRODUCT(–(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(A1&”:”&B1)))>1),–(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(A1&”:”&B1)))

Dimana A1 adalah tanggal awal dan B1 adalah tanggal akhir. Jika ingin mengurangi jumlah hari kerja dengan hari libur, dapat menambahkan daftar tanggal libur. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Masukkan tanggal awal dan tanggal akhir pada dua sel berbeda pada lembar kerja Excel. Misalnya, kita akan menggunakan sel A1 dan B1.
  2. Buat daftar tanggal libur pada sel yang berbeda, dengan masing-masing tanggal pada baris yang berbeda.
  3. Gunakan rumus SUMPRODUCT untuk menghitung jumlah hari kerja antara dua tanggal. Formula ini mengambil seluruh tanggal antara dua tanggal dan mendapatkan seluruh baris yang merupakan hari kerja. Rumus ini kemudian akan menghitung jumlah hari kerja yang ada dalam seluruh baris tersebut, dan menguranginya dengan jumlah hari libur. Formula yang akan kita gunakan adalah: =SUMPRODUCT(–(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(A1&”:”&B1)))>1),–(WEEKDAY(ROW(INDIRECT(A1&”:”&B1)))“&””)
  4. Hasil jumlah hari kerja akan tampil pada sel kelima.

FAQ

1. Apakah cara menghitung umur di Excel hanya dapat dilakukan dengan 3 cara yang telah disebutkan?

Tidak, terdapat banyak cara yang dapat digunakan untuk menghitung umur di Excel, seperti menghitung selisih antara dua tanggal secara manual atau menggunakan formula INT yang telah dijabarkan sebelumnya. Namun, cara-cara yang telah disebutkan lebih mudah dan efisien untuk digunakan dalam menghitung umur di Excel.

2. Apakah cara menghitung jumlah hari kerja dengan rumus SUMPRODUCT dapat digunakan untuk negara atau daerah yang memiliki jumlah hari libur yang berbeda-beda?

Ya, rumus SUMPRODUCT dapat digunakan untuk negara atau daerah yang memiliki jumlah hari libur yang berbeda-beda. Namun, ketika menggunakan rumus ini, kita harus memastikan bahwa tanggal libur telah dimasukkan dengan benar dan menjalankan rumus secara akurat untuk membantu menentukan jumlah hari kerja yang sesuai.

Video Cara Menghitung Hari di Excel Berdasarkan Tanggal

Berikut ini adalah video yang menjelaskan cara menghitung hari di Excel berdasarkan tanggal