Cara Menghitung Angka Menjadi Persen Di Excel

Cara Menghitung Persen di Excel merupakan sebuah topik yang sering dicari oleh orang yang sedang belajar menggunakan aplikasi spreadsheet Microsoft Excel. Tak jarang pula para pengguna yang sudah mahir menggunakan Excel masih belum menguasai teknik untuk menghitung persentase yang terdapat dalam aplikasi tersebut. Lalu, bagaimana sih cara menghitung persen di Excel secara tepat? Simak penjelasan berikut ini.

Cara Menghitung Persen di Excel

Terdapat dua cara yang dapat digunakan untuk menghitung persen di Excel, yaitu menggunakan formula persen dan menggunakan rumus excel. Berikut ini merupakan penjelasan lebih detail dari masing-masing cara tersebut.

1. Menggunakan Formula Persen

Formula persen pada Excel umumnya menggunakan tanda persen (%) yang diletakkan di belakang nilai angka yang ingin diubah ke dalam bentuk persen. Adapun rumus yang dapat digunakan dengan menggunakan formula persen pada Excel adalah sebagai berikut:

= (nilai yang ingin dihitung persennya / total nilai) * 100%

Sebagai contoh, apabila kita ingin menghitung berapa persen nilai 70 dari total nilai 100, maka rumus yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

= (70 / 100) * 100%

Dari rumus tersebut, nilai persen yang didapatkan adalah 70%.

2. Menggunakan Rumus Excel

Selain menggunakan formula persen, terdapat juga rumus Excel yang dapat digunakan untuk menghitung persen, yaitu rumus Persen. Rumus ini berfungsi untuk mengubah nilai desimal menjadi persen.

Format rumus Persen pada Excel adalah sebagai berikut:

contoh:

=Persen(nomor, perbandingan)

Contoh saat kita ingin mengonversi nilai 0,7 ke dalam bentuk persen, maka rumus yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

=Persen(0,7,2)

Pada rumus tersebut, angka 2 yang ada pada perbandingan merupakan angka yang menunjukkan jumlah digit yang ingin ditampilkan setelah koma. Dalam hal ini, nilai persen yang didapatkan adalah 70,00%.

Contoh Menghitung Persen di Excel

Setelah memahami mengenai cara menghitung persen di Excel, kali ini akan diulas mengenai beberapa contoh kasus penghitungan persen yang umum digunakan dalam aplikasi spreadsheet Microsoft Excel. Berikut ini merupakan contoh penghitungan persen di Excel beserta langkah-langkahnya:

1. Contoh Menghitung Persen Diskon

Misalkan sebuah toko memberikan diskon sebesar 25% untuk barang yang dijualnya. Untuk menghitung harga barang yang sudah didiskon, dapat menggunakan rumus persen Excel sebagai berikut:

contoh:

=harga – (harga * persen diskon)

Sebagai contoh, harga sebuah kaos adalah 150.000, kemudian mendapatkan diskon sebesar 25%. Berikut ini merupakan langkah-langkah untuk menghitung harga kaos setelah mendapatkan diskon:

  • Ketikkan rumus =150000-(150000*25%) pada sel yang diinginkan
  • Tekan enter pada keyboard
  • Akan muncul hasil dari perhitungan, yaitu Rp. 112.500,- (harganya setelah didiskon)

2. Contoh Menghitung Laju Pertumbuhan

Untuk menghitung laju pertumbuhan, dapat menggunakan rumus Excel sebagai berikut:

contoh:

=((nilai akhir / nilai awal)^1/periode) – 1

Sebagai contoh, misalkan penjualan sebuah produk pada tahun 2019 sebanyak 2.000 unit dan pada tahun 2020 meningkat menjadi 3.000 unit. Maka, laju pertumbuhan penjualan produk tersebut dapat dihitung menggunakan rumus di atas sebagai berikut:

  • Ketikkan rumus =((3000/2000)^(1/1))-1 pada sel yang diinginkan
  • Klik enter pada keyboard
  • Akan muncul hasil dari perhitungan, yaitu 50% (laju pertumbuhan penjualan produk tahun 2020 terhadap tahun 2019).
Baca Juga :  CARA MEMASUKAN FILE EXCEL KE PHOTOSHOP

Frequently Asked Questions (FAQ)

1. Apa itu Microsoft Excel?

Microsoft Excel merupakan salah satu aplikasi spreadsheet terpopuler di dunia. Aplikasi ini digunakan untuk melakukan perhitungan matematis, analisis data, serta membuat berbagai macam grafik dan tabel. Microsoft Excel juga banyak digunakan sebagai alat bantu dalam melakukan pengolahan data, baik oleh perusahaan maupun individu.

2. Mengapa Penting Belajar Menghitung Persen di Excel?

Menghitung persen di Excel penting karena sering digunakan dalam berbagai jenis penghitungan yang dilakukan oleh perusahaan maupun individu. Contoh penerapannya antara lain untuk menghitung persentase kenaikan atau penurunan penjualan, persentase keuntungan atau kerugian, besarnya diskon yang diberikan, serta banyak lagi.

Video Tutorial Menghitung Persen di Excel

Berikut ini merupakan video tutorial cara menghitung persen di Excel: