Cara Menghitung Analisis Deskriptif Dengan Excel

Statistik Deskriptif mungkin asing bagi sebagian orang, tetapi bagi mereka yang bekerja dalam bidang penelitian dan statistik, istilah ini sangat umum. Statistik Deskriptif adalah metode yang digunakan untuk merangkum dan menganalisis data. Metode ini mencakup pengukuran tendensi sentral, varyans, korelasi, dan tingkat kesalahan dalam data.

Cara Menghitung Statistik Deskriptif

SPSS adalah perangkat lunak satu-satunya yang digunakan untuk merangkum dan menganalisis data statistik. Berikut adalah langkah-langkah untuk menghitung statistik deskriptif:

  1. Buka file data di SPSS dan pilih menu Statistics → Descriptive Statistics → Descriptives.
  2. Pilih variabel yang ingin dihitung statistik deskriptifnya dan pilih OK.
  3. Statistik Deskriptif akan muncul dalam jendela Output SPSS.
  4. Statistik Deskriptif meliputi mean, median, deviasi standar, minimum, dan maksimum.

Contoh Hasil Statistik Deskriptif

Berikut adalah salah satu contoh hasil statistik deskriptif di Excel:

Cara Menghitung Analisis Deskriptif dengan Excel

Jika Anda tidak memiliki akses ke perangkat lunak SPSS, Anda masih dapat menghitung Analisis Deskriptif menggunakan Microsoft Excel. Berikut adalah beberapa cara untuk menghitung Analisis Deskriptif dengan Excel:

  1. Membuat tabel dengan data yang akan dianalisis di Excel.
  2. Pilih sel data yang ingin dihitung analisis deskriptifnya.
  3. Pastikan bahwa Anda tidak kehilangan data dari angka rata-rata dan deviasi standar yang dihitung karena kehilangan jumlah sel yang dipilih.
  4. Salin rentang sel yang Anda inginkan.
  5. Pilih sel tempat Anda ingin memasukkan hasil analisis deskriptif Anda.
  6. Pilih tombol ‘Alt-H, N, V’ untuk membuka kotak dialog ‘Paste Special’.
  7. Pilih ‘Formulas’ dan ‘Values’ dalam dialog ‘Paste Special’.
  8. Klik ‘OK.’ Hasil Analisis Deskriptif akan muncul di sel yang Anda pilih.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT APLIKASI SENDIRI DI EXCEL

Contoh Penulisan Analisis Deskriptif Demografi

Berikut adalah contoh penulisan Analisis Deskriptif Demografi:

FAQ

Apa itu statistik deskriptif?

Statistik Deskriptif adalah metode yang digunakan untuk merangkum dan menganalisis data. Metode ini mencakup pengukuran tendensi sentral, varyans, korelasi, dan tingkat kesalahan dalam data.

Bagaimana cara menghitung Analisis Deskriptif dengan Excel?

Untuk menghitung Analisis Deskriptif menggunakan Microsoft Excel, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Membuat tabel dengan data yang akan dianalisis di Excel.
  2. Pilih sel data yang ingin dihitung analisis deskriptifnya.
  3. Pastikan bahwa Anda tidak kehilangan data dari angka rata-rata dan deviasi standar yang dihitung karena kehilangan jumlah sel yang dipilih.
  4. Salin rentang sel yang Anda inginkan.
  5. Pilih sel tempat Anda ingin memasukkan hasil analisis deskriptif Anda.
  6. Pilih tombol ‘Alt-H, N, V’ untuk membuka kotak dialog ‘Paste Special’.
  7. Pilih ‘Formulas’ dan ‘Values’ dalam dialog ‘Paste Special’.
  8. Klik ‘OK.’ Hasil Analisis Deskriptif akan muncul di sel yang Anda pilih.

Video Tutorial: Cara Menghitung Statistik Deskriptif