CARA MENGHAPUS FORMAT TABEL DI EXCEL

Microsoft Excel dapat digunakan untuk banyak tujuan, salah satunya adalah untuk membuat tabel. Tabel sangat berguna untuk mengorganisasi data dan membuatnya lebih mudah dibaca dan dimengerti. Namun, terkadang kita perlu menghapus tabel pada Excel namun tidak tahu caranya. Pada artikel ini, kami akan memberikan panduan tentang cara menghapus tabel di Excel dan beberapa tip tambahan terkait pengelolaan tabel di Excel.

Menghapus Tabel di Excel

Jika Anda ingin menghapus tabel di Excel, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Berikut ini adalah dua cara yang dapat Anda gunakan:

Cara 1: Menghapus Tabel dengan Mengubah Format Tabel ke Range Biasa

Langkah pertama untuk menghapus tabel di Excel adalah dengan mengubah format tabel menjadi range biasa. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tabel yang ingin Anda hapus.
  2. Pada tab Design di ribbon Excel, klik pada tombol Convert to Range di grup Table Styles.
  3. Excel akan menanyakan konfirmasi bahwa Anda ingin mengubah format tabel ke range biasa. Klik Yes untuk mengkonfirmasi.

Setelah mengubah format tabel menjadi range biasa, tabel akan dihapus dan semua data yang ada di dalamnya akan tetap ada di worksheet Excel Anda. Namun demikian, semua fitur table seperti filter, sorting dan formatting akan hilang.

Cara 2: Menghapus Tabel dengan Cut dan Paste

Cara kedua untuk menghapus tabel di Excel adalah dengan menggunakan fitur cut dan paste. Untuk melakukannya, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih tabel yang ingin Anda hapus.
  2. Tekan tombol Ctrl + X pada keyboard Anda atau klik kanan pada tabel dan pilih Cut.
  3. Pindahkan kursor ke sel di bawah atau di atas data yang terkait dengan tabel yang ingin Anda hapus.
  4. Tekan tombol Ctrl + V pada keyboard Anda atau klik kanan di sel yang Anda pilih dan pilih Paste.

Setelah Anda melakukannya, tabel akan dihapus dari worksheet Excel Anda dan data yang terkait dengan tabel akan disalin ke sel yang dipilih.

Tip Terkait Tabel di Excel

Berikut adalah beberapa tip terkait pengelolaan tabel di Excel:

Tip 1: Menggunakan Shortcut Keyboard untuk Menambahkan Baris atau Kolom

Saat Anda membuat tabel di Excel, Anda mungkin ingin menambah baris atau kolom. Daripada menggerakkan mouse Anda dan mencari tombol yang tepat, Anda bisa menggunakan shortcut keyboard yang akan lebih mudah dan cepat. Untuk menambahkan baris, cukup pilih sel dalam tabel dan kemudian tekan tombol Ctrl + Shift + + (plus) pada keyboard Anda. Untuk menambah kolom, cukup pilih sel dalam kolom yang ingin Anda tambahkan, dan kemudian tekan tombol yang sama.

Tip 2: Menandai Tabel sebagai Jenis Data pada Excel

Jika Anda sering menggunakan tabel di Excel, Anda mungkin ingin mengubah status tabel Anda menjadi “jenis data” pada Excel. Ketika Excel mengenali suatu tabel sebagai jenis data, maka Anda dapat dengan mudah menggunakan fitur tambahan seperti filter, sorting, dan formula yang akan membantu Anda untuk mengelola data Anda. Untuk melakukannya, pilih salah satu sel dalam tabel Anda, kemudian klik pada menu Data pada ribbon Excel, kemudian pilih From Table/Range. Excel akan memunculkan jendela baru yang memuat pilihan untuk: “Where is the data for your table?” Tinggal pilih tabel yang ingin dimasukkan dalam jenis data. Setelah itu, Anda klik tanda centang yang ada pada opsi My table has headers, karena di dalam tabel Excel Anda sudah pasti memiliki judul kolom-kolom yang berbeda.

Baca Juga :  Cara Menghitung Portofolio Saham Pada Excel

FAQ

Apa yang Harus Dilakukan Jika Saya Tidak Dapat Menghapus Tabel di Excel?

Jika Anda mengalami kesulitan ketika mencoba menghapus tabel di Excel, ada beberapa hal yang dapat Anda coba. Pertama, pastikan bahwa Anda memilih seluruh tabel saat mencoba untuk menghapusnya. Kemudian, pastikan bahwa tabel tidak dilindungi oleh password. Terakhir, coba untuk menutup dan membuka Excel lagi dan mencoba menghapus tabel lagi. Jika masih tidak berhasil, coba untuk mencari bantuan dari forum Excel atau sumber daya online lainnya.

Bagaimana Cara Mengelola Tabel yang Besar di Excel?

Jika Anda memiliki tabel yang sangat besar di Excel, dapat menjadi sulit untuk mengelola data tersebut. Berikut beberapa tips yang dapat membantu Anda mengelola tabel besar di Excel:

  • Gunakan fitur Filter dan Sorting di Excel untuk menyaring dan mengurutkan data Anda dengan cepat.
  • Gunakan fungsi VLOOKUP dan HLOOKUP untuk merujuk pada data di tabel lain.
  • Pilih beberapa baris atau kolom dalam satu waktu untuk membuat perubahan kecil, daripada mencoba untuk melakukan perubahan pada seluruh tabel sekaligus.
  • Gunakan fitur freeze panes untuk mengunci baris atau kolom tertentu untuk membuat navigasi tabel lebih mudah.

Video Tutorial: Cara Menghapus Tabel di Excel

Untuk melengkapi panduan ini, kami juga menyediakan video tutorial tentang cara menghapus tabel di Excel:

Dengan langkah-langkah di atas, Anda harus dapat dengan mudah menghapus tabel di Excel dan mengelola tabel dengan lebih efisien. Jangan ragu untuk mencoba tips tambahan dan mencari sumber daya online untuk membantu Anda dalam mengelola data secara efektif.