CARA MENGEMBALIKAN HISTORY FILE EXCEL

Data di atas adalah kumpulan sumber yang mengajari kita cara mengembalikan file Excel dan history browser Chrome yang sebelumnya telah terhapus atau terhapus. Tak perlu khawatir lagi jika sudah terhapus, karena sekarang ada solusinya. Ikuti langkah-langkah berikut untuk menghadirkan file Excel dan history browser Chrome yang hilang.

Cara Mengembalikan History Browser Chrome Sangat Mudah

CARA MENGEMBALIKAN HISTORY FILE EXCEL

Buka browser Chrome yang hilang historynya, klik menu yang terletak di pojok kanan atas bagian browser Chrome, kemudian pilih “History”. Atau anda bisa langsung menggunakan kombinasi tombol Ctrl+H. Kemudian Anda akan menemukan daftar pencarian history. Anda bisa menemukan riwayat pencarian chrome yang terhapus pada folder tertentu melalui tombol search history.

Jika tampilan tersebut tidak cukup untuk cari riwayat pencarian yang hilang, Anda bisa restore saja history yang dihapus pada Chrome. Caranya yaitu:

  • Klik opsi hamburger yang ada di pojok kanan atas jendela Chrome dan pilih “History.”
  • Klik menu “More” di sebelah kanan bagian atas layar dan pilih “Restore History”.
  • Navigasi history yang sudah dihapus akan muncul kembali kini dalam riwayat pencarian Chrome Anda.

Cara Mengembalikan File Excel yang Belum Disimpan

Cara Mengembalikan File Excel yang Belum Disimpan

Perlu diingat bahwa, ketika Anda memulai aplikasi Microsoft Excel suatu file akan disimpan otomatis pada komputer Anda. File ini kemudian akan disimpan ke dalam folder internet kecil (Local Current Version), bukan folder yang sama seperti folder “My Documents” atau “My Computer”.

Apabila Anda telah mempunyai file Excel yang belum disimpan dan kemudian Anda menutupnya dengan cara yang tidak normal, seperti mematikan program, mematikan komputer atau laptop, maka kemungkinan besar file tersebut hilang atau tidak bisa dipulihkan lagi.

Namun jangan khawatir, ada banyak cara mengembalikan file Excel yang belum disimpan yang bisa Anda coba, salah satunya yaitu dengan menggunakan fitur AutoSave. Caranya yaitu:

  • Buka aplikasi Excel pada komputer atau laptop lalu klik “File” > “Options” > “Save” dan pastikan opsi “Save AutoRecover information every x minutes” sudah diaktifkan.
  • Buka kembali Excel dengan klik “File” > “Recent” > “Recover Unsaved Workbooks”.
  • Pilih file yang belum disimpan dan klik “Open” lalu simpan di tempat yang kamu inginkan.

Cara Mengembalikan File Excel Yang Sudah Di Save

Cara Mengembalikan File Excel Yang Sudah Di Save

Anda sedang bekerja dengan file Excel yang di save dan tiba-tiba jaringan terputus, laptop hang atau bahkan laptop mati tiba-tiba, ternyata Excel nya belum disimpan dan hilang sudah. Apa yang harus dilakukan? Apakah data yang sudah masuk selama satu hari harus diulangi lagi?

Jangan khawatir, berikut adalah beberapa cara mengembalikan file Excel yang di save yang dapat Anda coba.

  • Coba periksa pada folder tempanya apakah masih terdapat file sisa. Anda bisa langsung melihat pada folder temp biasanya terdepat di “C:Users%username%AppDataLocalMicrosoftOfficeUnsavedFiles” atau “C:Users%username%AppDataRoamingMicrosoftExcel”
  • Buka Microsoft Excel pada laptop atau komputer Anda.
  • Pilih “File” dan pilih “Info” pada menu.
  • Pilih opsi “Manage Workbook” kemudian klik “Recover Unsaved Workbooks”.
  • Temukan workbook yang hilang dan preview data pada setiap file.
  • Klik “Open” jika sudah ditemukan file yang diinginkan.
  • Berikan nama file baru kemudian simpan di tempat yang aman.
  • Anda sudah berhasil mengembalikan file Excel yang hilang.
Baca Juga :  Cara Membuat Rumus Excel Untuk Mendapat Kan Jam

FAQ

1. Apakah saya bisa mengembalikan file Excel yang sudah terhapus secara permanen?

Iya, Anda masih bisa mengembalikan yang terhapus secara permanen. Silahkan gunakan software Recuva untuk merestore file yang hilang tersebut.

2. Apakah langkah-langkah untuk mengembalikan file Excel yang lupa di Save sama seperti file yang belum disimpan?

Tidak, untuk mengembalikan file Excel yang lupa di Save akan lebih sulit dari pada file yang belum disimpan. Namun masih bisa Anda coba untuk mengembalikan lewat software recuva atau fitur AutoSave.