CARA MENGCOPY FILE EXCEL AGAR TIDAK BERUBAH

Cara Mengubah File Excel Menjadi PDF

Excel merupakan salah satu software yang banyak digunakan dalam dunia bisnis dan perkantoran untuk menyimpan data, menghitung angka, menghasilkan laporan, dan juga membuat grafik. Namun, seringkali file Excel harus diubah menjadi format PDF agar dapat dibagikan atau dipublikasikan secara online. Proses mengubah file Excel menjadi PDF tidak selalu mudah dan bisa mengakibatkan file PDF terpotong-potong dan tidak rapi. Berikut adalah cara-cara untuk mengubah file Excel menjadi PDF dengan benar sehingga file Anda tetap dalam format yang rapi dan mudah dibaca.

Pilihan 1: Menggunakan Fitur Export To PDF Yang Ada Pada Microsoft Excel

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel yang ingin Anda ubah menjadi PDF.

2. Pada menu Microsoft Excel, pilih “File”, kemudian pilih “Export”.

3. Pilih opsi “Create PDF/XPS Document” pada menu yang muncul.

4. Pilih letak penyimpanan file PDF Anda dan pastikan nama file sudah sesuai. Setelah itu pilih “Publish”.

Dalam beberapa kasus, file PDF yang dihasilkan mengalami pemotongan yang tidak diinginkan. Hal ini biasanya terjadi jika halaman Excel Anda melebihi ukuran halaman standar. Salah satu solusinya adalah dengan mengubah ukuran halaman Excel menjadi A4 atau letter sebelum mengekspor ke PDF.

Pilihan 2: Menggunakan Microsoft Print To PDF

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel yang ingin Anda ubah menjadi PDF.

2. Pilih “File” pada menu Microsoft Excel, kemudian pilih “Print”. Kemudian pilih opsi “Print”.

3. Pilih “Microsoft Print to PDF” dari opsi Printer dan klik tombol Print.

Baca Juga :  Cara Membuat Room Excel Sama Rata Tampa Menganggu Disamping

4. Pilih letak penyimpanan file PDF Anda dan pastikan nama file sudah sesuai. Setelah itu pilih “Save”. File PDF Anda siap digunakan.

Cara Mengcopy File Excel Tanpa Merubah Format

Ketika akan menyimpan atau menduplikasi data dalam file Excel, seringkali terjadi perubahan format pada beberapa data atau file yang di-copy. Namun, ada beberapa cara untuk melakukannya tanpa merusak atau mengubah format pada file yang di-copy. Berikut adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:

Pilihan 1: Menggunakan Kombinasi Tombol Ctrl+C dan Ctrl+V

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel yang ingin Anda copy.

2. Pilih sel atau bagian data yang ingin di-copy.

3. Tekan tombol “Ctrl+C” pada keyboard Anda.

4. Tentukan tempat di file baru untuk meletakkan data yang telah dicopy.

5. Tekan tombol “Ctrl+V” pada keyboard Anda untuk menempelkan data yang telah dicopy.

Jangan lupa untuk menentukan format sel yang sama pada cell yang akan di paste agar tidak mengubah format pada file yang akan di-copy.

Pilihan 2: Menggunakan Fitur Copy dan Paste Special Pada Microsoft Excel

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel yang ingin Anda copy.

2. Pilih sel atau bagian data yang ingin di-copy.

3. Tekan tombol kanan mouse, dan pilih menu “Copy”.

4. Tentukan tempat di file baru untuk meletakkan data yang telah dicopy.

5. Klik tombol kanan mouse, pilih “Paste Special” dari menu yang muncul.

6. Pilih “Values” dan “Formats” dan klik OK.

Langkah ini akan menempelkan nilai dan format yang tepat pada file baru tanpa menimbulkan perubahan pada format pada file yang di-copy.

Cara Mengunci Rumus Di Excel Agar Tidak Berubah/Diedit

Seringkali, Anda membuat formula atau rumus pada file Excel, yang Anda perlukan sebagai argumen untuk perhitungan Anda. Dalam beberapa kasus, data yang berubah dapat membatalkan atau merusak rumus yang Anda buat. Untuk mencegah hal ini terjadi, ada beberapa langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengunci rumus Excel agar tidak berubah atau diedit oleh pengguna.

Baca Juga :  cara membuat link otomatis antara excel dan word Tabel word otomatis dan memberi selesai

Pilihan 1: Menggunakan Fitur Protect Sheet Pada Excel

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel dan masuk ke tab “Review”.

2. Klik “Protect Sheet” pada menu yang muncul.

3. Tentukan password dan pilih opsi mana yang ingin Anda kunci. Dalam hal ini, centang pilihan “Protect worksheet and contents of locked cells” dan “Protect formulae”.

4. Klik OK dan simpan file Excel Anda.

Ketika Anda membuka file Excel lagi, pengguna memiliki izin untuk menggunakan formula dan data-cell, tetapi tidak untuk mengeditnya. Namun, pengguna tetap dapat membuat salinan file jika Anda tidak membatasi aksesibilitas file Excel Anda.

Pilihan 2: Mengunci Cell dengan Merubah Format Cell

Langkah-langkah:

1. Buka file Excel dan buka worksheet yang ingin Anda kunci.

2. Pilih cell yang akan dikunci dan klik kanan pada mouse Anda.

3. Pilih opsi “Format Cells” dan masuk ke tab “Protection” pada layar yang muncul.

4. Centang pilihan “Locked” pada menu dan klik OK.

5. Setelah menentukan cell mana yang akan dikunci, masuk ke “Review” dan klik “Protect Sheet”.

6. Tentukan password dan pilih opsi mana yang ingin Anda kunci. Dalam hal ini, centang pilihan “Protect worksheet and contents of locked cells” dan “Protect formulae”

7. Klik OK dan simpan file Excel Anda.

Ketika Anda membuka file Excel lagi, sel-sel yang telah Anda kunci tidak dapat diubah, sedangkan sel-sel lainnya akan dapat di-edit.

FAQ

1. Bagaimana cara mengganti password pada file Excel yang telah dikunci?

Jawaban: Anda dapat mengganti password pada file Excel yang telah dikunci dengan cara membuka file Excel tersebut dan mengikuti langkah-langkah berikut ini:

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK GARIS X DAN Y DI EXCEL

1. Masuk ke tab “Review” pada Microsoft Excel.

2. Klik “Protect Sheet” dan masukkan password yang sudah ada sebelumnya.

3. Setelah itu, klik “OK”. Kemudian masukkan password baru yang Anda inginkan dan jika perlu konfirmasi password baru tersebut.

4. Terakhir, klik OK.

2. Bagaimana cara menyembunyikan formula pada file Excel agar tidak bisa dilihat?

Jawaban: Anda dapat menyembunyikan formula pada file Excel agar tidak bisa dilihat dengan cara melakukan hal berikut:

1. Buka file Excel yang ingin Anda sembunyikan formula di dalamnya.

2. Pada cel yang memiliki rumus, tekan tombol keyboard “Ctrl+1”.

3. Ketika jendela “Format Cells” terbuka, klik tab “Protection” dan
centang “Hidden”.

4. Klik OK.

5. Masuk ke tab “Review” dan klik “Protect Sheet”.

6. Tentukan password dan pilih opsi mana yang ingin Anda kunci. Dalam hal ini, centang pilihan “Protect worksheet and contents of locked cells” dan “Protect formulae”

7. Klik OK dan simpan file Excel Anda.

Dengan melakukan langkah tersebut, formula pada file Excel Anda akan disembunyikan dan tidak bisa dilihat.