Cara Mengcopy Data Dengan Menghilangkan Rumus Pada Excel

Pada artikel kali ini kita akan membahas mengenai cara penggunaan rumus di Microsoft Excel. Rumus merupakan salah satu fitur penting dalam penggunaan Excel yang memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan secara otomatis. Namun terkadang, kita mungkin ingin menyalin rumus tanpa merubah referensi cell, atau bahkan ingin menyembunyikan rumus agar tidak terlihat oleh orang lain.

Cara Mengcopy Rumus Di Ms Excel Tanpa Merubah Referensi Cell

Salah satu masalah yang sering kita hadapi saat menyalin rumus di Excel adalah merubah referensi cell yang ada di rumus. Hal ini dapat menyebabkan error pada perhitungan kita. Untuk menghindari hal ini, kita dapat menggunakan teknik Absolute Reference. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buat rumus yang ingin kita salin.
  2. Kemudian, klik pada cell yang berisi referensi yang ingin kita jadikan Absolute Reference. Misalnya, kita ingin menjadikan cell A1 sebagai Absolute Reference. Klik pada cell A1.
  3. Sekarang, tambahkan tanda $ sebelum kolom dan baris pada referensi cell tersebut. Misalnya, jika referensi cell A1, maka ubah menjadi $A$1. Dengan menambahkan tanda $, kita dapat menjadikan referensi cell tersebut sebagai Absolute Reference.
  4. Setelah itu, salin rumus seperti biasa. Referensi cell yang kita jadikan Absolute Reference tidak akan berubah saat rumus disalin ke cell yang berbeda.

Cara Mematikan Rumus Excel – Mama Baca

Saat kita membuat sebuah file Excel, kita mungkin ingin menyembunyikan rumus yang ada di dalamnya agar tidak terlihat oleh orang lain. Sebenarnya, ada beberapa cara yang dapat kita lakukan untuk menyembunyikan rumus di Excel. Salah satunya adalah dengan menggunakan fitur Protect Workbook. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka file Excel yang ingin kita proteksi.
  2. Klik pada tab Review di ribbon Excel.
  3. Pilih opsi Protect Workbook.
  4. Akan muncul dialog box Protect Structure and Windows. Jika kita tidak ingin orang lain dapat melihat rumus di file Excel kita, kita dapat memilih opsi Structure, lalu klik OK.
  5. Jika di kemudian hari kita ingin mengedit file Excel tersebut, kita tinggal unprotect workbook terlebih dahulu.

Cara Menonaktifkan Rumus Di Excel – And-Make.com

Selain cara menyembunyikan rumus, kita juga dapat menonaktifkan rumus yang ada di file Excel. Hal ini dapat berguna jika kita ingin menghindari perubahan yang tidak diinginkan pada perhitungan kita. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Pertama-tama, buka file Excel yang ingin kita proteksi.
  2. Pada tab File, klik opsi Options.
  3. Akan muncul dialog box Excel Options. Pilih opsi Formulas.
  4. Pada bagian Calculation options, pilih opsi Manual. Dengan memilih opsi ini, Excel tidak akan melakukan perhitungan otomatis saat kita memasukkan data baru.
  5. Setelah melakukan perubahan ini, cukup klik OK untuk menyimpannya.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan mengenai rumus di Excel:

1. Apa itu rumus di Excel?

Rumus di Excel merupakan fitur yang memungkinkan kita untuk melakukan perhitungan atau pengolahan data yang kompleks dalam spreadsheet Excel. Dengan menggunakan rumus, kita dapat melakukan perhitungan otomatis pada data yang ada di Excel, seperti menghitung jumlah, rata-rata, minimum, maksimum, dan lain sebagainya.

Baca Juga :  CARA MENYEMBUNYIKAN SHEET DI EXCEL

2. Apa saja operator yang dapat digunakan dalam rumus di Excel?

Operator yang dapat digunakan dalam rumus di Excel antara lain:

  • + (tambah)
  • – (kurang)
  • * (kali)
  • / (bagi)
  • % (persen)
  • ^ (pangkat)
  • & (gabung teks)

Video Cara Menggunakan Rumus Penjumlahan di Excel – YouTube

Untuk lebih memahami cara menggunakan rumus di Excel, berikut adalah video tutorial yang dapat Anda tonton: