Cara Mengcopy Data Antar Sheet Di Excel

Microsoft Excel adalah salah satu program aplikasi yang paling banyak digunakan oleh perusahaan-perusahaan di seluruh dunia untuk melakukan pengelolaan data dan analisis data. Salah satu fitur yang sering digunakan dalam Microsoft Excel adalah pengcopy-an data. Dalam artikel kali ini, kita akan membahas cara mengcopy data di excel dengan benar, baik itu copy sheet, copy data dari Verval PD, dan copy data dari satu file excel ke file excel lainnya.

Cara Mengcopy Data NISN di Verval PD ke Excel

Cara Mengcopy Data Antar Sheet Di Excel

Langkah pertama adalah membuka aplikasi Browser seperti Google Chrome, Mozilla Firefox atau Safari dan masuk ke situs Verval PD dengan URL vervalpd.data.kemdikbud.go.id. Setelah itu, lakukan login dengan menggunakan akun yang sudah didaftarkan sebelumnya.

Selanjutnya, pilih menu “Cari Data” pada halaman Verval PD. Isikan data identitas siswa seperti nama, NISN, dan nomor induk pada form pencarian yang disediakan. Setelah itu, sobat dapat menemukan data siswa yang diinginkan.

Langkah berikutnya adalah dengan mendownload data siswa. Download data tersebut dalam format excel. Setelah file didownload, buka file excel tersebut di Microsoft Excel. Pilih seluruh data dan copy data tersebut dengan menggunakan shortcut Ctrl + C.

Cara Mengcopy Sheet di Excel ke Excel Lain

Cara Mengcopy Sheet di Excel ke Excel Lain

Langkah pertama adalah membuka file excel pertama yang ingin di copy. Setelah file excel tersebut terbuka, sobat dapat memilih worksheet yang ingin di copy. Pilih worksheet tersebut dengan meng-klik sheet yang akan di copy. Klik kanan pada sheet tersebut dan pilih “Move or Copy”

Pada saat muncul kotak dialog “Move or Copy”, pilih nama file excel tujuan atau pilih add new workbook dan file tersebut akan disimpan di tampilan worksheet baru pada file yang sama. Pilih letakan sheet di awal atau di akhir sheet worksheet excel. Klik pada “OK” untuk melanjutkan pindahkan atau copy data sheet pada file tersimpan.

Cara Menduplikat Sheet Pada Microsoft Excel 2010

Cara Menduplikat Sheet Pada Microsoft Excel 2010

Langkah pertama adalah membuka file Excel yang ingin sobat duplikasi sheetnya. Setelah file excel tersebut terbuka, pilih sheet yang ingin di duplikasi pada worksheet, klik tab “Home” pada ribbon bar. Setelah itu, pada grup clipboard pilih “Format Painter”.

Kemudian pilih worksheet yang ingin duplikasi, setelah itu copy sheet dari worksheet yang telah diklik dan pilih “Move or Copy” pada tab “File”, lalu pilih worksheet Excel baru yang ingin sobat duplikasi dan pilih “OK”. Sheet telah berhasil difile Excel yang baru.

FAQ

Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul seputar cara copy data di Microsoft Excel beserta jawabannya.

Pertanyaan 1: Apakah fitur copy di Microsoft Excel hanya digunakan untuk mengcopy data saja?

Jawaban: Tidak. Selain digunakan untuk mengcopy data, fitur copy di Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk mengcopy gambar dan objek yang terdapat dalam worksheet.

Pertanyaan 2: Apakah dapat mengcopy data dari satu file Excel ke file Excel lain?

Jawaban: Ya, dapat. Fitur copy di Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk mengcopy data dari satu file Excel ke file Excel lain. Caranya sama seperti ketika mengcopy data dari worksheet yang berbeda dalam satu file Excel.

Baca Juga :  Cara Menghitung Cepat Menggunakan Excel

Include Video

Berikut ini adalah video tutorial mengenai cara mengcopy data di Microsoft Excel: