Cara Mengatasi Tanda Div 0 Pada Excel Data Yang Banyak

### Cara Mengatasi #DIV/0 pada Rumus Excel

Apakah kamu pernah mengalami kondisi di mana kamu ingin menampilkan hasil perhitungan pada Excel, tetapi muncul tulisan #DIV/0? If yes, jangan khawatir! Kali ini kita akan membahas cara mengatasi #DIV/0 pada rumus Excel.

#### Apa itu #DIV/0 pada Rumus Excel?

#DIV/0 adalah pesan galat yang muncul pada layar saat kita melakukan perhitungan dengan rumus Excel dan hasilnya adalah pembagian dengan nol. Contohnya, jika kita ingin melakukan perhitungan rata-rata dari nilai-nilai pada kolom A, dan ada sebuah data yang bernilai nol, maka pesan galat #DIV/0 akan muncul. Ini disebabkan karena Excel tidak dapat melakukan pembagian dengan nol.

#### Cara Mengatasi #DIV/0 pada Rumus Excel

Menyadari bahwa pesan galat #DIV/0 muncul saat Excel tidak dapat melakukan pembagian dengan nol, maka kita dapat mengatasi masalah tersebut dengan cara melakukan pengecekan di dalam rumus kita. Berikut adalah beberapa cara mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel:

##### 1. Menggunakan IFERROR

Cara pertama untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel adalah dengan menggunakan fungsi IFERROR. Fungsi ini akan mengubah nilai #DIV/0 menjadi nilai kosong atau teks yang dapat kita atur. Contoh lain dari pesan galat Excel yang dapat diubah menggunakan IFERROR adalah #VALUE!, #REF!, #NAME?, #NULL!, #N/A.

Berikut adalah sintaks fungsi IFERROR:

“`
=IFERROR(rumus, nilai_teks)
“`

– Rumus: rumus yang akan dievaluasi di dalam fungsi.
– Nilai teks: nilai teks yang akan digunakan jika kondisi galat terpenuhi.

Contoh penggunaan fungsi IFERROR untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus rata-rata adalah sebagai berikut:

“`
=AVERAGEIF(B2:D2, “>0”) atau =IFERROR(AVERAGEIF(B2:D2, “>0”), “”)
“`

Kedua rumus di atas akan menghitung rata-rata dari nilai-nilai yang lebih besar dari nol yang terdapat di dalam sel B2 hingga D2. Namun, rumus kedua menggunakan IFERROR untuk mengubah pesan galat #DIV/0 menjadi nilai kosong.

##### 2. Menggunakan IF dan OR

Cara kedua untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel adalah dengan menggunakan fungsi IF yang terintegrasi dengan fungsi OR. Kita dapat menggunakan fungsi IF dan OR untuk menghapus nilai kosong atau #DIV/0 dari perhitungan.

Berikut adalah sintaks fungsi IF dan OR:

“`
=IF(logical_test, value_if_true, value_if_false)
=OR(logical1, [logical2], …)
“`

– Logical test: tes logis yang akan dilakukan oleh fungsi.
– Value if true: nilai yang akan dikembalikan jika tes logis yang dilakukan benar atau True.
– Value if false: nilai yang akan dikembalikan jika tes logis yang dilakukan salah atau False.
– Logical: tes logis yang terdiri dari True atau False. Fungsi OR akan mengembalikan nilai True jika salah satu tes logis yang dilakukan benar atau jika seluruh tes logis yang dilakukan benar, dan mengembalikan nilai False jika seluruh tes logis yang dilakukan salah.

Contoh penggunaan fungsi IF dan OR untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus rata-rata adalah sebagai berikut:

“`
=AVERAGEIF(B2:D2, OR(B2:D20)) atau =IFERROR(AVERAGEIF(B2:D2, OR(B2:D20)), “”)
“`
Kedua rumus di atas akan menghitung rata-rata dari nilai-nilai yang lebih besar dari nol yang terdapat di dalam sel B2 hingga D2. Namun, rumus kedua menggunakan IFERROR untuk mengubah pesan galat #DIV/0 menjadi nilai kosong.

#### FAQ

##### 1. Apakah pesan galat #DIV/0 hanya muncul pada perhitungan rata-rata?

Tidak, pesan galat #DIV/0 dapat muncul pada perhitungan rumus Excel lainnya, seperti SUM, COUNT, MAX, MIN, dan lain sebagainya.

##### 2. Apakah terdapat fungsi lain yang dapat mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel?

Baca Juga :  Cara Mencari Data Duplicate Di Excel

Ya, selain fungsi IFERROR dan IF dengan OR, ada beberapa cara lain yang dapat dilakukan untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel. Namun, fungsi IFERROR dan IF dengan OR adalah cara yang paling mudah dan efektif untuk dilakukan.

#### Video Cara Mengatasi Rumus Excel #DIV/0

Untuk lebih memahami cara mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel, berikut adalah video tutorial yang dapat diikutsertakan.

Dalam video tutorial ini, kita akan diajarkan cara menggunakan fungsi IFERROR dan IF dengan OR untuk mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel. Kami juga akan memberikan beberapa contoh untuk menerapkan rumus ini di dalam Excel.

### Kesimpulan

Pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel memang cukup sering muncul, namun hal ini bisa kita atasi dengan menggunakan beberapa cara yang telah dijelaskan di atas, seperti menggunakan fungsi IFERROR dan IF dengan OR. Dengan memahami cara mengatasi pesan galat #DIV/0 pada rumus Excel, kita dapat membuat laporan keuangan yang lebih efektif, dan membuat pekerjaan kita jadi lebih efisien. Selain itu, dengan mengetahui cara menghindari #DIV/0 akan memudahkan kita dalam menganalisis data dan membuat keputusan yang lebih baik dan lebih akurat.