CARA MENGATASI FILE EXCEL CANNOT BE OPENED BECAUSE IS CORUPT

Cara Mengatasi Masalah-Masalah Umum pada Microsoft Excel

Microsoft Excel merupakan salah satu software yang paling sering digunakan oleh banyak orang, terutama untuk keperluan bisnis dan akademik. Namun, seperti halnya dengan software lainnya, Excel juga bisa mengalami masalah teknis yang membuat pengguna kesulitan dalam mengoperasikannya. Berikut ini adalah beberapa masalah umum yang sering terjadi pada Excel, dan cara mengatasinya.

Gambar 1: Cara Mengatasi Excel Found Unreadable Content In Xlsb Office 2010

CARA MENGATASI FILE EXCEL CANNOT BE OPENED BECAUSE IS CORUPT

Jika Anda menggunakan Excel 2010, Anda mungkin akan mengalami masalah ketika membuka file XLSB. Saat ingin membuka file ini, muncul pesan error seperti “Excel found unreadable content in Xlsb Office 2010”. Masalah ini biasanya disebabkan oleh penggunaan versi Excel yang tidak kompatibel dengan versi XLSB yang sedang digunakan.

Untuk mengatasi masalah ini, Anda bisa mencoba untuk mengubah format file XLSB menjadi format lainnya seperti XLS atau XLSX. Caranya, buka file XLSB yang ingin diubah, lalu pilih menu “Save As” dan pilih format file yang diinginkan. Selain itu, Anda juga bisa mencoba untuk mengupdate Microsoft Office ke versi terbaru, karena masalah ini sering terjadi pada versi-versi Office yang lebih lama.

Gambar 2: Cara Akses File Excel yang Tidak Bisa Diedit

Cara Akses File Excel yang Tidak Bisa Diedit

Jika Anda mengalami masalah ketika membuka file Excel yang tidak dapat diedit atau “read-only”, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti izin akses yang tidak mencukupi, atau masalah pada file Excel itu sendiri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk membuka file Excel tersebut dengan menggunakan fitur “Open and Repair” di Excel. Caranya, buka Excel dan pilih menu “Open”, lalu pilih file Excel yang ingin dibuka. Setelah itu, klik tombol dropdown di samping tombol “Open” dan pilih “Open and Repair”. Fitur ini akan mencoba untuk memperbaiki masalah pada file Excel dan memungkinkan Anda untuk mengeditnya.

Gambar 3: Cara Mengatasi Excel Not Responding

Cara Mengatasi Excel Not Responding

Saat bekerja dengan Excel, mungkin Anda pernah mengalami masalah di mana aplikasi tiba-tiba tidak merespons. Ini bisa disebabkan oleh banyak faktor seperti masalah pada file Excel, kekurangan memori pada komputer, atau konflik dengan software lainnya.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk menutup Excel dan membukanya kembali. Jika masalah tetap berlanjut, Anda bisa mencoba untuk memperbarui Microsoft Office ke versi terbaru, atau menambahkan lebih banyak memori pada komputer Anda. Selain itu, pastikan bahwa tidak ada software lain yang berjalan dalam latar belakang yang bisa mengganggu kinerja Excel.

Gambar 4: Cara Mengatasi The File Cannot Be Opened Because There Are Problems

Cara Mengatasi The File Cannot Be Opened Because There Are Problems

Jika saat membuka file Excel muncul pesan error “The File Cannot Be Opened Because There Are Problems”, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti format file yang tidak kompatibel, atau masalah pada file Excel itu sendiri.

Untuk mengatasinya, Anda bisa mencoba untuk mengubah format file Excel menjadi format lain yang lebih umum seperti XLS atau XLSX. Selain itu, pastikan bahwa komputer Anda memiliki aplikasi yang bisa membaca format file Excel yang digunakan. Jika masalah masih belum bisa diatasi, cobalah untuk membuka file Excel tersebut menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti Google Sheets atau Dropbox Paper.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT TABEL TRANSAKSI PEMBELIAN DAN PENJUALAN BARANG DI EXCEL

Gambar 5: Cara Mengatasi File Excel yang Tidak Bisa Dibuka

Cara Mengatasi File Excel yang Tidak Bisa Dibuka

Terakhir, jika Anda mengalami masalah ketika membuka file Excel dan muncul pesan error “File Excel tidak bisa dibuka”, ini bisa disebabkan oleh beberapa faktor seperti format file yang rusak, atau masalah pada aplikasi Excel itu sendiri.

Untuk mengatasinya, cobalah untuk membuka file Excel tersebut di aplikasi pihak ketiga seperti Google Sheets atau Dropbox Paper. Jika masih tidak bisa, cobalah untuk mengubah nama file Excel tersebut menjadi nama yang berbeda. Jika masalah tetap berlanjut, Anda bisa mencoba untuk mengupdate aplikasi Excel Anda ke versi terbaru, atau menginstal ulang aplikasi Excel tersebut.

FAQ

Pertanyaan 1: Bagaimana cara memperbaiki masalah ketika Excel sering crash?

Jawaban: Jika Excel sering crash atau tidak merespons, kemungkinan besar ini disebabkan oleh masalah pada file Excel itu sendiri atau oleh konflik dengan software lain di komputer Anda. Untuk mengatasinya, cobalah untuk menutup Excel dan membukanya kembali. Jika masalah masih berlanjut, coba untuk memperbarui Microsoft Office ke versi terbaru, atau menambahkan lebih banyak memori pada komputer Anda.

Pertanyaan 2: Apa yang harus dilakukan jika file Excel tidak dapat dibuka atau rusak?

Jawaban: Jika file Excel yang Anda buka terus menerus tidak dapat dibuka atau rusak, cobalah untuk membuka file tersebut di aplikasi pihak ketiga seperti Google Sheets atau Dropbox Paper. Jika file tersebut masih rusak, cobalah untuk mengubah nama file Excel tersebut menjadi nama yang berbeda atau mengubah format file Excel menjadi format lain yang lebih umum seperti XLS atau XLSX.

Video Tutorial: Bagaimana Cara Mengatasi Masalah-Masalah Umum pada Microsoft Excel