Cara Mengambil Data Secara Otomatis Berbeda Sheet Di Excel

Apakah Kamu seorang pengguna Microsoft Excel yang sering berkecimpung dalam dunia data? Jika iya, tentunya Kamu pernah merasakan bagaimana menyimpan, mengambil, dan mengedit data dalam jumlah yang banyak bisa menjadi tugas yang membosankan dan berat. Namun, jangan khawatir karena saat ini sudah tersedia berbagai cara yang dapat memudahkanmu dalam mengelola data, salah satunya dengan cara mengambil dan menampilkan data secara otomatis pada sheet yang berbeda.

Mengambil Data Secara Otomatis dari Sheet Lain

Cara Mengambil Data Secara Otomatis Berbeda Sheet Di Excel

Untuk mengambil data secara otomatis dari sheet lain di Excel, Kamu dapat menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus ini berguna untuk mencari nilai yang cocok dalam tabel dan mengembalikan nilai dari kolom sebelah kanan di baris yang cocok. Contoh penggunaannya sebagai berikut:

“`
=VLOOKUP(A2,Sheet2!$A$2:$B$500,2,FALSE)
“`

Pada contoh di atas, Kamu mengambil data dari Sheet2 dengan kolom A dan B. Artinya, Kamu butuh dua data yaitu data yang direferensikan pada kolom A dan kolom yang ingin ditampilkan pada kolom B. Selain itu, Kamu juga menentukan nilai dari data pada kolom A yang ingin Kamu cari. Setelah Kamu menentukan hal tesebut, Kamu dapat menggunakan rumus VLOOKUP untuk mencari nilai tersebut.

Menampilkan Data pada Sheet Lain dengan Fitur Filter

Cara Filter Data Dan Menampilkannya Pada Sheet Lain Dengan Fitur

Selain menggunakan rumus VLOOKUP, Kamu juga dapat menampilkan data pada sheet lain dengan fitur filter. Fitur ini sangat berguna untuk menampilkan data yang diinginkan dengan lebih mudah dan cepat. Berikut adalah langkah-langkah untuk menampilkan data pada sheet lain dengan fitur filter:

  1. Buka file yang ingin Kamu edit lalu pilih sheet yang ingin Kamu gunakan untuk menampilkan data hasil filter.
  2. Salin atau tuliskan nama kolom data yang ingin Kamu tampilkan pada sheet baru. Pastikan nama kolom tersebut sesuai dengan penamaan di sheet asal.
  3. Klik menu Data dan pilih Filter. Setelah itu, Kamu akan melihat tanda panah kecil pada masing-masing kolom.
  4. Pilih tanda panah kecil pada kolom yang sesuai dengan data yang ingin Kamu filter.
  5. Pilih kriteria yang Kamu inginkan untuk data dan klik OK.
  6. Data yang Kamu filter akan muncul pada sheet baru sesuai dengan nama kolom yang Kamu tuliskan sebelumnya.

Dengan menggunakan fitur filter, Kamu dapat menampilkan data yang Kamu butuhkan dengan lebih mudah dan cepat. Selain itu, Kamu juga dapat menghemat waktu dan menyelesaikan pekerjaan Kamu dengan lebih efisien.

Cara Input Data Otomatis menggunakan Form di Excel

Cara Input Data Otomatis di Excel Menggunakan Form

Selain mengambil dan menampilkan data, Kamu juga dapat melakukan input data secara otomatis dengan menggunakan form di Excel. Hal ini berguna untuk memudahkanmu dalam memasukkan data dalam jumlah banyak ke dalam lembar kerja Excel tanpa harus memasukkannya satu per satu. Berikut adalah cara untuk melakukan input data otomatis menggunakan form di Excel:

  1. Buat form dengan menggunakan kotak teks, tombol, dan label. Pastikan Kamu melakukan pengaturan yang tepat pada kotak teks.
  2. Buatlah tombol submit dan atur makro klik tombol tersebut.
  3. Atur agar data yang Kamu input akan disimpan pada sheet yang Kamu inginkan.
  4. Jalankan makro dengan cara menekan tombol submit pada form yang telah Kamu buat. Data yang Kamu input akan masuk secara otomatis pada sheet yang telah diatur sebelumnya.
Baca Juga :  CARA MEMBUAT REMINDER EXPIRED DATE DI EXCEL

Dengan menggunakan form untuk melakukan input data, Kamu dapat menghemat waktu dan energi yang meningkatkan efisiensi pekerjaanmu. Selain itu, Kamu juga dapat meminimalisir kekeliruan yang mungkin terjadi baik pada penulisan data maupun pada memasukkannya ke dalam sheet.

FAQ

1. Apa saja keuntungan dari mengambil dan menampilkan data secara otomatis pada sheet yang berbeda di Excel?

Mengambil dan menampilkan data secara otomatis pada sheet yang berbeda di Excel memiliki beberapa keuntungan, antara lain:

  • Meningkatkan efisiensi pekerjaan dan menghemat waktu.
  • Meminimalisir kekeliruan dalam menuliskan dan memasukkan data.
  • Mempercepat proses pemrosesan data.

2. Apakah rumus VLOOKUP dapat digunakan untuk mengambil data dengan kolom yang berbeda?

Tidak, rumus VLOOKUP hanya dapat digunakan untuk mengambil data dengan kolom yang sama pada sheet yang berbeda. Apabila Kamu ingin mengambil data dengan kolom yang berbeda, Kamu dapat menggunakan rumus INDEX dan MATCH.