Cara Mengambil Data Pada Baris Tertentu Di Excel

Excel merupakan salah satu program komputer yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan untuk tujuan pengolahan data. Program ini memiliki banyak sekali fungsi dan fitur yang membantu pekerjaan dalam hal pengolahan dan analisis data. Artikel Pilar ini akan membahas tentang bagaimana cara mengambil data tertentu di Excel.

Cara Mengambil Data Tertentu di Excel

Sebelum membahas lebih lanjut tentang cara mengambil data tertentu di Excel, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu tentang pengertian data. Data adalah informasi atau fakta yang tersimpan dalam suatu bentuk yang dapat dipahami oleh komputer. Oleh karena itu, pengolahan data perlu dilakukan agar data tersebut dapat dimanfaatkan dengan optimal.

Setiap data yang ada di dalam Excel dapat diambil dengan menggunakan rumus dan fungsi yang telah disediakan oleh program tersebut. Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengambil data tertentu di Excel:

1. Fungsi INDEX dan MATCH

Fungsi INDEX berfungsi untuk mengambil nilai dari sel tertentu dalam suatu daerah yang telah ditentukan. Sedangkan fungsi MATCH berfungsi untuk menentukan posisi dari suatu nilai dalam suatu daerah. Kedua fungsi tersebut dapat digunakan secara bersama-sama untuk mengambil data tertentu pada tabel.

Cara Mengambil Data Pada Baris Tertentu Di Excel

Pada gambar di atas, terdapat tabel data yang akan kita gunakan sebagai contoh. Untuk mengambil data pada tabel tersebut, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Pertama, tentukan area tabel dan bagian mana yang akan kita ambil datanya.
  • Setelah itu, tentukan kriteria yang akan digunakan untuk mengambil data pada tabel.
  • Buat rumus dengan sintaks INDEX dan MATCH sesuai dengan area tabel dan kriteria yang telah ditentukan.
  • Hasil yang dihasilkan oleh rumus tersebut adalah data yang sudah kita ambil.

2. Fungsi VLOOKUP

Fungsi VLOOKUP adalah salah satu fungsi yang paling sering digunakan dalam Excel untuk mengambil data tertentu pada tabel. Fungsi ini bekerja dengan cara mencari nilai yang cocok pada kolom pertama suatu tabel dan kemudian mengambil nilai dari kolom yang ditentukan.

Gambar 2: Cara mengambil data dari sheet lain dengan kriteria tertentu di Excel

Pada gambar di atas, terdapat tabel data yang terletak pada Sheet1 dan akan kita gunakan sebagai contoh. Untuk mengambil data dari tabel tersebut, kita perlu mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Buat sheet baru (bisa menggunakan Sheet2) dan ketikkan kriteria yang akan digunakan untuk mengambil data pada tabel di Sheet1.
  • Buat formula dengan menggunakan fungsi VLOOKUP pada Sheet2 sesuai dengan kriteria dan kolom yang akan diambil datanya di tabel di Sheet1.
  • Hasil yang dihasilkan oleh formula tersebut adalah data yang sudah kita ambil.

FAQ

1. Apa itu fungsi INDEX dan MATCH di Excel?

Fungsi INDEX berfungsi untuk mengambil nilai dari sel tertentu dalam suatu daerah yang telah ditentukan. Sedangkan fungsi MATCH berfungsi untuk menentukan posisi dari suatu nilai dalam suatu daerah. Kedua fungsi tersebut dapat digunakan secara bersama-sama untuk mengambil data tertentu pada tabel.

2. Apa perbedaan antara fungsi VLOOKUP dengan INDEX dan MATCH?

Fungsi VLOOKUP dan INDEX MATCH keduanya dapat digunakan untuk mengambil data tertentu pada tabel. Namun, perbedaannya terletak pada cara kerjanya. Fungsi VLOOKUP bekerja dengan cara mencari nilai yang cocok pada kolom pertama tabel dan kemudian mengambil nilai dari kolom yang ditentukan. Sedangkan INDEX MATCH bekerja dengan cara menyocokkan nilai dan mengambil datanya secara vertikal dan horizontal.

Baca Juga :  CARA MENGATASI FILE CORRUPT MICROSOFT EXCEL

Video Youtube

Berikut ini merupakan video tutorial mengenai cara mengambil data tertentu di Excel: