Cara Mengambil Data Excel Di Word

Apakah Anda sering kesulitan dalam mengambil data dari Excel dan memasukkannya ke dalam dokumen Word? Atau mungkin ingin menampilkan tabel Excel pada sheet yang berbeda? Tenang, dalam artikel ini kami akan memberikan beberapa tips dan trik untuk membantu Anda mengatasi masalah tersebut.

Cara Mengambil Data Dari Excel ke Word

Jika Anda ingin mengambil data Excel dan memasukkannya ke dalam dokumen Word, berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

Langkah 1: Salin Data dari Excel

Langkah pertama adalah menyalin data yang ingin Anda masukkan ke dalam dokumen Word dari Excel. Anda dapat memilih sel atau area yang ingin Anda copy dengan menggunakan mouse atau dengan menekan tombol Ctrl dan menahan sambil mengeklik area yang Anda inginkan.

Langkah 2: Buka Dokumen Word

Selanjutnya, buka dokumen Word yang ingin Anda masukkan data Excel-nya. Pindahkan kursor ke posisi di mana Anda ingin menempatkan data tersebut.

Langkah 3: Paste Data Excel ke Word

Sekarang, klik tombol paste atau tekan tombol Ctrl+V pada keyboard untuk meletakkan data Excel tersebut ke dalam dokumen Word. Anda dapat memilih antara opsi Salin atau Salin Gambar tergantung pada format yang ingin Anda gunakan.

Langkah 4 (Opsional): Memformat Tabel

Jika Anda ingin memformat tabel yang sudah Anda copy dari Excel, Word memiliki berbagai opsi untuk mempermudah tugas ini. Anda dapat menambahkan garis bawah ke kolom atau baris, mengubah warna latar belakang sel, atau membuat garis vertikal dan horizontal pada tabel. Anda dapat mengakses opsi ini melalui menu Tabel di bagian atas dokumen Word Anda.

Cara Filter Data dan Menampilkannya Pada Sheet Lain

Fitur filter dalam Excel memungkinkan Anda untuk dengan mudah menyaring dan menampilkan data yang relevan pada sheet yang berbeda. Berikut adalah cara melakukan filter data di Excel:

Langkah 1: Menyiapkan Data Excel

Pertama-tama, pastikan bahwa data yang ingin Anda filter sudah ada dalam bentuk tabel atau area. Anda dapat memilih area tertentu yang ingin Anda filter atau seluruh tabel.

Langkah 2: Pilih Data yang Ingin Anda Filter

Selanjutnya, pilih area atau tabel yang ingin Anda filter dan pilih ikon Filter di bagian atas toolbar Excel. Ikon ini berbentuk embel-embel di samping judul kolom yang Anda ingin filter.

Langkah 3: Menerapkan Filter

Sekarang, klik ikon filter, dan pilih filter yang ingin Anda terapkan. Misalnya, jika Anda ingin menampilkan hanya data di mana nilai kolom A lebih besar dari 10, Anda dapat memilih opsi “Lebih besar dari”. Dalam kotak teks yang muncul, masukkan angka 10, dan klik OK. Excel akan secara otomatis menyaring data dan menampilkan hanya yang memenuhi kriteria Anda.

Langkah 4: Menampilkan Data yang Sudah Difilter di Sheet Lain

Setelah Anda selesai menyaring data, Anda dapat men-copy hasil filter tersebut ke sheet yang berbeda. Anda dapat memilih seluruh area atau hanya bagian data yang sudah difilter. Copy area ini dan Paste ke sheet yang berbeda dalam dokumen Excel.

Baca Juga :  Cara Membuat Grafik Pada Excel 2013

FAQ

1. Apa saja fitur yang tersedia dalam memformat tabel di Word?

Word memiliki sejumlah opsi yang memungkinkan Anda untuk memformat tabel dengan mudah. Beberapa opsi termasuk menambahkan garis bawah pada kolom atau baris, mengubah warna latar belakang sel, atau membuat garis vertikal dan horizontal pada tabel.

2. Bagaimana cara menambahkan video dari Youtube ke dokumen Word?

Anda dapat menambahkan video Youtube ke dalam dokumen Word dengan mengikuti langkah-langkah ini:

  1. Buka video Youtube yang ingin Anda masukkan ke dalam Word, dan salin tautannya.
  2. Buka dokumen Word dan pindah ke posisi di mana Anda ingin menambahkan video.
  3. Pilih opsi ‘Insert’, dan pilih ‘Video’ dari menu drop-down.
  4. Pilih opsi ‘Online Video’, dan tempelkan tautan Youtube ke dalam kotak yang tersedia.
  5. Klik OK, dan video Youtube akan disisipkan ke dalam dokumen Word Anda.

Dengan mengikuti tips dan trik tersebut, Anda akan dapat mengambil data dari Excel ke Word dengan mudah, serta menampilkan tabel Excel pada sheet yang berbeda. Selain itu, Anda juga dapat dengan mudah memformat tabel dan menambahkan video Youtube ke dalam dokumen Word Anda.