Cara Mengambil Data Dari Excel Ke Excel

Pernahkah Anda kesulitan dalam mengambil data dari Microsoft Excel untuk digunakan dalam dokumen Microsoft Word? Atau bahkan kesulitan dalam memindahkan data dari satu sheet ke sheet lain dalam Microsoft Excel? Jangan khawatir karena artikel ini akan membahas cara-cara untuk mengatasi masalah tersebut.

Data Excel Ke Word

Mengambil data dari Microsoft Excel untuk digunakan dalam dokumen Microsoft Word bisa dilakukan dengan beberapa cara. Salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan copy-paste. Namun, ketika menggunakan copy-paste untuk memindahkan data dari Excel ke Word, seringkali format tabel menjadi tidak rapi dan tidak optimal.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa menggunakan opsi “Paste Special” pada Microsoft Word. Caranya adalah dengan melakukan copy pada sel tabel di Excel, lalu pada dokumen Word, pilih tempat yang ingin Anda tempatkan tabel dan klik cursor pada tempat tersebut. Kemudian, klik kanan dan pilih “Paste Special”. Pada jendela yang muncul, pilih “Microsoft Excel Worksheet Object” atau “Microsoft Office Excel Chart Object”, kemudian klik “OK”.

Dengan menggunakan opsi “Paste Special”, tabel dari Excel dapat diubah menjadi objek OLE (Object Linking and Embedding) dalam dokumen Word. Sehingga tabel dapat disunting dalam Excel tanpa harus membuka dokumen Word, dan perubahan yang dilakukan dalam dokumen Excel akan otomatis terupdate dalam dokumen Word.

Alternatif lainnya adalah dengan menggunakan opsi “Insert Table” pada Microsoft Word. Caranya adalah dengan memilih menu “Insert”, lalu pilih opsi “Table” dan tentukan ukuran tabel yang diinginkan. Setelah itu, Anda dapat memasukkan data dari Excel ke dalam tabel tersebut dengan cara copy-paste.

Mengambil Data dari Sheet Lain dengan Kriteria Tertentu di Excel

Ketika Anda memiliki data yang terdapat pada beberapa sheet dalam satu file Excel, seringkali Anda hanya ingin mengambil data tertentu yang sesuai dengan kriteria tertentu. Misalnya, Anda memiliki file Excel berisi data tenaga kerja dengan kolom nama, umur, jenis kelamin, dan posisi. Anda ingin mengambil data tenaga kerja dengan posisi Manager yang berusia di bawah 30 tahun.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan rumus “INDEX” dan “MATCH” pada Excel. Rumus INDEX digunakan untuk mengambil nilai pada range tertentu dalam tabel, sedangkan rumus MATCH digunakan untuk mencari nilai tertentu pada range tertentu dan mengembalikan posisi nilai tersebut dalam range.

  1. Buatlah table yang berisi data dengan kriteria
  2. Buatlah range dari table tersebut
  3. Buatlah rumus untuk mengambil data dengan menggunakan rumus INDEX dan MATCH
  4. Tentukan range untuk tabel hasil query
  5. Masukkan rumus pada range yang telah ditentukan

Berikut ini adalah contoh rumus yang dapat digunakan:

=INDEX(range, MATCH(kriteria1&kriteria2&kriteria3&..., range_kriteria1&range_kriteria2&range_kriteria3&...,0))

Di sinilah pentingnya untuk membuat range dan kriteria dengan benar agar rumus dapat berhasil digunakan. Selain itu, juga disarankan untuk menggunakan simbol “&” untuk mengkombinasikan kriteria-kriteria sehingga rumus dapat mencari data dengan kriteria yang sesuai.

Rumus Excel Vlookup Mengambil Data Dari File Lain

Satu lagi masalah umum yang sering dialami dalam penggunaan Microsoft Excel adalah ketika ingin mengambil data dari file yang berbeda dalam satu komputer atau bahkan file yang berada di tempat yang berbeda. Pada umumnya, caranya adalah dengan melakukan copy-paste atau dengan menggunakan opsi “Import Data” pada Microsoft Excel. Namun, opsi tersebut seringkali memakan waktu dan tidak efisien.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda dapat menggunakan rumus “VLOOKUP” pada Excel. Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari nilai pada colom tertentu dari tabel dan mengembalikan nilai yang sesuai dengan kriteria tertentu.

Berikut ini adalah contoh rumus VLOOKUP untuk mengambil data dari file yang berbeda:

=VLOOKUP(A1,'[nama_file.xlsx]Sheet1'!$A:$B,2,FALSE)

Di sini, A1 adalah nilai kriteria yang ingin dicocokkan pada file lain. ‘[nama_file.xlsx]’ adalah nama file yang ingin Anda ambil datanya, dan ‘Sheet1’ adalah nama sheet pada file tersebut. $A:$B adalah range kolom yang akan dipilih untuk mencari nilai kriteria. Dan angka 2 mencerminkan bahwa data yang ingin dicari terletak pada kolom ke-2 pada range tersebut.

Baca Juga :  CARA EXPORT DATA DARI BOOTSTRAP DATATABLE TO EXCEL

Cara Copy Tabel Excel ke Word Agar Hasilnya Rapi

Cara copy-paste tabel dari Microsoft Excel ke Microsoft Word bisa dilakukan dengan mudah. Namun, hasilnya seringkali tidak rapi dan susah untuk diatur ulang. Untuk mengatasi masalah tersebut, Anda bisa menggunakan opsi “Link to Excel” pada Microsoft Word.

Caranya adalah dengan melakukan copy pada sel tabel di Excel, lalu pada dokumen Word, pilih tempat yang ingin Anda tempatkan tabel dan klik cursor pada tempat tersebut. Kemudian, pilih menu “Paste” dan pilih opsi “Paste Special”. Pada jendela yang muncul, pilih “Microsoft Office Excel Worksheet Object”, kemudian pilih opsi “Link to Excel” dan klik “OK”.

Dengan menggunakan opsi “Link to Excel”, ketika terjadi perubahan pada tabel di Excel, maka perubahan tersebut akan otomatis terupdate pada tabel yang terdapat di dokumen Word, sehingga hasilnya akan tetap rapi dan teratur.

FAQ

1. Apakah aman untuk menggunakan opsi “Link to Excel” pada Microsoft Word?

Iya, opsi “Link to Excel” pada Microsoft Word cukup aman digunakan, asalkan file Excel yang digunakan sudah diproteksi dengan baik dan hanya dapat diakses oleh orang-orang yang memang berhak untuk mengaksesnya.

2. Apakah rumus-rumus pada Microsoft Excel bisa digunakan pada Google Sheets?

Sebagian besar rumus pada Microsoft Excel juga bisa digunakan pada Google Sheets. Namun, ada beberapa rumus yang tidak tersedia di Google Sheets atau memiliki nama yang berbeda dari rumus pada Microsoft Excel.

Cara Mengambil Data Dari Sheet Lain Dalam Microsoft Excel

Mengambil data dari sheet lain dalam Microsoft Excel juga dapat dilakukan dengan mudah menggunakan rumus “INDEX” dan “MATCH”. Caranya adalah dengan memasukkan rumus tersebut pada sel tempat Anda ingin menampilkan data.

Berikut ini adalah contoh rumus yang dapat digunakan:

=INDEX(Sheet1!A:B, MATCH(C2, Sheet1!A:A, 0), 2)

Di sini, Sheet1 merupakan nama sheet pada file Excel yang ingin Anda ambil datanya. A:B adalah range kolom yang ingin Anda ambil, sedangkan A:A adalah range kolom yang digunakan sebagai kriteria untuk mencocokkan nilai yang ingin Anda ambil. C2 adalah nilai kriteria yang ingin dicocokkan.

Video Cara Memindahkan Data Dalam Tabel Microsoft Excel Ke Word Tanpa Merubah Format

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa cara untuk mengambil dan memindahkan data dalam Microsoft Excel. Dengan menguasai teknik-teknik ini, diharapkan Anda dapat lebih efisien dan efektif dalam mengelola data Anda.