Cara Mengambil Data Angka Dari Kalimat Di Excel

Pada artikel kali ini akan membahas tentang tips dan trik dalam menggunakan software Microsoft Excel. Excel merupakan salah satu software yang paling banyak digunakan dan memudahkan dalam melakukan pengolahan data dan perhitungan. Dalam artikel ini akan dibahas beberapa teknik dalam menggunakan Excel yang cukup sering digunakan dan berguna dalam mengolah data.

Cara Sortir atau Mengurutkan Data di Excel

Ketika memiliki data dalam jumlah yang besar, tentu akan sulit apabila data tersebut belum diurutkan. Oleh karena itu, Excel menyediakan fitur untuk mengurutkan data. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengurutkan data di Excel.

1. Pertama-tama, pastikan data yang akan diurutkan sudah terpilih atau tengah diaktifkan, kemudian klik menu “Data” di ribbon, lalu klik “Sort”

2. Muncul jendela “Sort”, pada bagian “Sort By”, pilih kolom mana yang akan dijadikan dasar pengurutan, ketikkan nama kolom atau pilih dari daftar dropdown menu.

3. Kemudian pada bagian “Sort On”, pilih jenis data yang akan diurutkan, misalnya data angka, data teks, atau data tanggal. Pilih pula jenis pengurutan, apakah hendak diurutkan secara ascending (kecil ke besar) atau descending (besar ke kecil)

4. Terakhir, klik tombol “Ok” di jendela “Sort” untuk mengurutkan data.

Cara Ambil Data Berdasarkan Nilai Atau Record Yang Sama Di Excel

Ketika memiliki banyak data dan ingin mengambil beberapa data saja, Excel juga menyediakan fitur untuk memfilter data berdasarkan nilai atau record yang sama. Berikut adalah langkah-langkah untuk mengambil data berdasarkan nilai atau record yang sama di Excel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT GRAFIK FREKUENSI DI EXCEL

1. Pertama-tama, pastikan data yang akan difilter sudah terpilih atau tengah diaktifkan, kemudian klik menu “Data” di ribbon, lalu klik “Filter”

2. Maka pada bagian atas kolom- kolom terdapat tanda panah kecil, klik tanda panah tersebut pada kolom yang hendak difilter

3. Pada jendela dropdown menu, pilih kriteria yang sesuai dengan kebutuhan. Misalnya hanya ingin menampilkan data dengan nilai tertentu, maka pilih “Number Filters”, lalu pilih kriteria seperti “Equal to”, “Greater than”, “Less than”, atau “Between”. Sedangkan apabila ingin menampilkan data dengan record yang sama, maka pilih “Filter by Selected Cell’s Value”, dan ketikkan nilai kriteria pada kolom sebelahnya.

4. Terakhir, akan muncul data sesuai dengan kriteria yang diinginkan.

Rumus Excel Mengambil Data Dari Tabel

Ketika hendak menggunakan data dari tabel yang besar, biasanya lebih efektif untuk menggunakan rumus Excel daripada menyalin data secara manual. Salah satu rumus yang sering digunakan untuk mengambil data dari tabel adalah INDEX dan MATCH. Berikut adalah langkah- langkah untuk mengambil data dari tabel menggunakan rumus INDEX dan MATCH di Excel.

1. Tentukan sel mana yang akan diisi dengan data hasil rumus.

2. Ketikkan rumus =INDEX(array, MATCH(lookup_value, lookup_array, match_type)) pada sel yang ditentukan sebelumnya.

3. Pada rumus di atas, array adalah rentang sel yang hendak diambil datanya, misalnya sel A1:A10. Sedangkan lookup_value adalah nilai pencarian yang hendak dicari pada tabel. Sedangkan lookup_array adalah rentang sel tempat nilai lookup_value akan dicari, misalnya sel B1:B10. Terakhir, match_type hendaklah diisi dengan angka 0 apabila ingin mencari nilai yang persis sama, dan 1 apabila ingin mencari nilai terdekat.

4. Tekan Enter, maka hasil dari rumus akan dihasilkan pada sel yang ditentukan sebelumnya.

Baca Juga :  Cara Menghitung Laki-laki Dan Perempuan Di Excel

Memisahkan Huruf, Angka, Kata, dan Kalimat di Excel Spreadsheet

Ketika hendak memisahkan tipe data pada sel yang menggabungkan beberapa tipe data, Excel menyediakan fitur untuk memisahkan data sesuai dengan jenisnya. Berikut adalah langkah-langkah untuk memisahkan huruf, angka, kata, dan kalimat di Excel Spreadsheet.

1. Pertama-tama, pastikan data yang hendak dipisahkan sudah terpilih atau tengah diaktifkan. Kemudian, klik menu “Data” di ribbon, lalu klik “Text to Columns”

2. Maka akan muncul jendela “Convert Text to Columns Wizard”. Pilih jenis pemisahan data, apakah berdasarkan “Delimited” (separasi khusus) seperti koma, titik, spasi, atau karakter lain, atau berdasarkan “Fixed Width” (lebar tetap) seperti pada kolom bilangan bulat.

3. Sesuaikan dengan jenis pemisahan data yang diinginkan, kemudian klik “Next”

4. Kemudian pada jendela berikutnya tentukanlah jenis konversi data yang diinginkan. Misalnya apabila ingin memisahkan sel ke dalam beberapa sel sesuai dengan pemisah yang diinginkan, tinggal pilih “Delimited”, lalu ceklistsalah satu pilihan pemisah yang disediakan, kemudian klik “Next”.

5. Pada jendela terakhir, tentukan jenis format sel sesuai dengan kebutuhan, kemudian klik “Finish”.

FAQ

Apakah Microsoft Excel hanya bisa mengolah data angka?

Tidak, Microsoft Excel juga bisa mengolah data teks, tanggal, dan waktu dengan fitur yang telah disediakan.

Apakah semua rumus dan fitur di Microsoft Excel harus dihafalkan?

Tidak, Microsoft Excel telah menyediakan fitur pencarian rumus dan fitur, sehingga pengguna dapat mencari rumus dan fitur yang dibutuhkan dengan mudah dan cepat.

Berikut adalah contoh video tutorial dalam menggunakan fitur sortir di Excel.

Dalam video tersebut dijelaskan secara detail langkah-langkah dan penggunaan fitur sortir pada Microsoft Excel. Pengguna dapat mengikuti video tersebut dan praktek secara langsung pada Excel.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT LOGO DI MICROSOFT EXCEL