Apakah Anda pernah merasa frustasi karena harus mengurutkan data dalam spreadsheet Excel secara manual? Jangan khawatir, Anda bisa menggunakan rumus VLOOKUP dan INDEX untuk mengacak urutan nama di Excel. Berikut adalah cara mudah untuk melakukannya:
Cara Mengacak Nama di Excel dengan Rumus VLOOKUP dan INDEX
Pertama-tama, pastikan Anda telah memasukkan data nama yang ingin diacak ke dalam kolom yang tepat di lembar kerja Excel Anda. Kemudian, buatlah kolom baru yang disebut “Index Acak” sebagai kolom pertama Anda. Kolom ini akan berisi nomor acak yang akan Anda gunakan untuk mengurutkan data Anda. Berikut ini adalah langkah-langkah detail:
- Pilihlah sebuah sel yang kosong dalam lembar kerja Anda dan ketiklah “=RAND()” (tanpa tanda kutip) dalam baris formula.
- Tekan tombol “Enter” di keyboard Anda untuk menghasilkan angka acak dalam sel tersebut.
- Salinlah rumus ini ke semua sel di kolom Indeks Acak. Cara tercepat untuk melakukan ini adalah dengan menyeret sel di sebelah kanan seluruh jalan ke bagian bawah kolom.
- Setelah menyelesaikan langkah-langkah di atas, sortir data Anda berdasarkan kolom Index Acak.
- Setelah data Anda diurutkan, hapus kolom Index Acak. Data Anda sekarang sudah diacak!
Cara Mengacak Nama di Excel dengan Menyalin dan Menempelkan Kemudian Mendesain Ulang Urutan
Jika Anda ingin menyalin dan menempelkan daftar nama ke kolom baru dalam urutan acak, inilah caranya:
- Pilihlah semua sel di kolom yang berisi daftar nama Anda.
- Buatlah kolom baru dalam lembar kerja Anda dengan mengklik kolom yang tepat. Kemudian, tekan tombol “CTRL” dan “C” di keyboard Anda untuk menyalin data.
- Tempelkan data yang baru saja Anda salin ke kolom baru dengan menekan tombol “CTRL” dan “V” pada keyboard Anda.
- Urutkan daftar nama acak dengan menggunakan filter AutoFilter atau pengurutan Excel.
- Jika Anda ingin mendesain ulang urutan nama yang diacak, Anda cukup menyalin data kemudian menempelkan kemudian mendesain ulang urutan tren kemudian didesain ulang urutan dari font.
Faq
1. Apa yang dimaksud dengan rumus VLOOKUP dan INDEX di Excel?
Rumus VLOOKUP dan INDEX adalah dua rumus Excel yang sangat sering digunakan untuk memanipulasi data. Rumus VLOOKUP (vertical lookup) mengambil nilai dari sel dalam tabel yang terletak di bawah nilai yang diberikan, sedangkan rumus INDEX mengambil nilai dari sel dalam array tertentu.
2. Apakah ada cara lain untuk mengacak urutan data dalam Excel?
Selain menggunakan rumus VLOOKUP dan INDEX atau menyalin dan menempelkan data, Anda juga dapat menggunakan fitur “Acak” di Excel. Segera setelah memfilter data Anda, klik tombol Randomize di panel Filter Sidebar, kemudian tekan Apply. Data Anda sekarang akan diacak!