Cara Menerangi Layar Komputer Windows 8

Saat menggunakan laptop atau komputer, sering kali kita merasa mata cepat lelah atau sakit karena terlalu lama menatap layar yang terlalu terang atau terlalu gelap. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui cara mengatur kecerahan layar pada laptop atau komputer.

Cara Meredupkan Tingkat Kecerahan Layar di Komputer Windows 10

Cara Menerangi Layar Komputer Windows 8

Pertama-tama, masuk ke Settings dengan klik ikon roda gigi di menu Start atau dengan menekan Windows + I pada keyboard. Setelah masuk ke Settings, klik System.

Cara Mengatur Kecerahan pada Layar Laptop

Setelah itu, klik Display dan geser slider ke kiri untuk mengurangi kecerahan layar. Kamu juga bisa klik night light untuk meminimalkan cahaya layar di malam hari agar tidak merusak kesehatan mata.

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Laptop

Cara Mengatur Kecerahan Layar Komputer Laptop

Jika kamu menggunakan laptop, umumnya ada tombol di keyboard yang bisa digunakan untuk mengatur kecerahan layar. Tombol itu biasanya berada di atas tombol F1-F12 dan bertanda matahari terang atau matahari redup. Tekan tombol tersebut untuk mengatur kecerahan layar.

Cara Mencerahkan/Menerangkan Layar Monitor PC/Laptop/Notebook Windows 7

Selain menggunakan tombol di keyboard, kamu juga bisa mengatur kecerahan layar pada laptop melalui Control Panel. Caranya, masuk ke Control Panel dan klik Hardware and Sound lalu klik Power Options. Pilih salah satu opsi seperti Power Saver atau Balanced. Setelah itu, klik Change advanced power settings dan atur kecerahan layar sesuai kebutuhan.

FAQ

1. Mengapa kecerahan layar penting untuk kesehatan mata?

Kecerahan layar yang terlalu tinggi atau terlalu rendah dapat menyebabkan mata menjadi cepat lelah atau sakit. Hal ini karena retina mata akan bekerja lebih keras untuk menyesuaikan cahaya yang masuk pada saat melihat layar yang terlalu terang atau terlalu gelap.

2. Apa yang harus dilakukan jika kecerahan layar tidak bisa diatur?

Jika kecerahan layar tidak bisa diatur melalui tombol di keyboard atau melalui pengaturan di laptop atau komputer, kemungkinan besar masalahnya terletak pada driver kartu grafis atau layar. Cobalah untuk mengunduh driver terbaru untuk kartu grafis atau layar dari situs web resmi produsen laptop atau komputer. Jika masih tidak bisa, sebaiknya bawa laptop atau komputer ke tempat service terdekat.

Video Tutorial

Berikut ini adalah video tutorial mengenai cara mengatur kecerahan layar pada laptop atau komputer:

Dengan mengatur kecerahan layar yang tepat, kamu dapat mencegah mata cepat lelah atau sakit. Selain itu, kamu juga bisa memilih mode night light untuk mengurangi cahaya layar di malam hari agar tidak mengganggu kualitas tidur dan kesehatan mata. Selalu ingat untuk merawat kesehatan mata agar terhindar dari masalah kesehatan yang serius.

Baca Juga :  Cara Install Windows 7 Dari Flashdisk Di Usb 3.0 Port