Cara menambahkan judul atau header pada lembar kerja Excel mungkin terlihat mudah, tapi masih saja banyak pengguna yang bingung bagaimana melakukannya. Pada dasarnya, judul atau header pada Excel berfungsi untuk memberi informasi tentang isi tabel sehingga lebih mudah dipahami oleh pembaca atau pengguna. Bagi yang masih bingung, jangan khawatir. Berikut ini cara mudah untuk menambahkan judul atau header pada lembar kerja Excel:
Membuat Judul Pada Lembar Kerja Excel
Pertama-tama, buka file Excel yang ingin ditambahkan judul pada lembar kerjanya. Posisikan kursor di atas kolom A atau pada sel mana pun di bagian paling atas lembar kerja. Kemudian, pilih tab “Page Layout” di menu bar di atas dan cari grup “Page Setup”. Klik “Print Titles”.
Pada jendela yang muncul, akan ada dua opsi yaitu “Rows to repeat at top” dan “Columns to repeat at left”. Jika ingin menambahkan judul pada bagian atas lembar kerja, klik tombol pilihan drop-down di sebelah kanan “Rows to repeat at top”. Kemudian, pilih baris atau rentang sel yang ingin ditambahkan sebagai judul. Misalnya, pada contoh di bawah ini, kita akan menambahkan judul “Data Mahasiswa” pada baris 4 dan 5.
Setelah memilih rentang sel untuk judul, klik “OK”. Kemudian, sel atau baris yang telah dipilih akan muncul sebagai judul di bagian atas lembar kerja. Simpan lembar kerja Excel untuk menyimpan perubahan yang telah kita buat.
Membuat Judul Tetap Muncul Ketika Diprint
Saat ingin mencetak atau menyimpan lembar kerja Excel dalam bentuk PDF, terkadang judul atau header tidak muncul pada halaman cetakan atau file PDF. Hal ini terjadi karena setiap kali kita melakukan cetak atau menyimpan dalam bentuk PDF, lembar kerja Excel selalu dimulai dari baris pertama dan kolom pertama. Oleh karena itu, kita perlu melakukan pengaturan agar judul tetap muncul ketika diprint atau disimpan dalam bentuk PDF.
Untuk membuat judul tetap muncul ketika diprint atau disimpan dalam bentuk PDF, pertama-tama kita perlu kembali ke tab “Page Layout” di menu bar. Klik “Print Titles”. Pada jendela yang muncul, klik tombol “Sheet” dan pilih lembar kerja yang ingin kita atur. Kemudian, pada bagian “Rows to repeat at top”, klik tombol seleksi dan pilih baris atau rentang sel yang telah kita tambahkan sebagai judul sebelumnya.
Lalu, klik OK dan simpan lembar kerja Excel. Saat ingin mencetak atau menyimpannya dalam bentuk PDF, judul atau header akan muncul pada setiap halaman cetakan atau file PDF.
FAQ
1. Apakah bisa membuat judul terletak di tengah-tengah lembar kerja Excel?
Tentu saja. Untuk membuat judul terletak di tengah-tengah lembar kerja Excel, kita perlu menggabungkan beberapa sel pada baris yang ingin kita jadikan judul. Cara menggabungkan sel adalah dengan memilih sel yang ingin digabungkan, kemudian klik kanan dan pilih “Merge Cells”. Setelah itu, masukkan teks judul di sel yang telah digabungkan tersebut.
2. Apakah bisa mengubah warna latar belakang judul pada Excel?
Ya, bisa. Untuk mengubah warna latar belakang judul atau header pada Excel, pilih sel atau baris yang ingin kita ubah warna latar belakangnya. Kemudian, klik kanan dan pilih “Format Cells”. Pada jendela yang muncul, pilih tab “Fill” dan pilih warna latar belakang yang diinginkan. Setelah itu, klik OK dan warna latar belakang judul atau header akan berubah sesuai dengan yang telah kita tentukan.