CARA MENDOWNLOAD FILE PDF KE EXCEL

Pernahkah kamu mengalami kesulitan dalam mengubah file Excel menjadi format PDF? Jangan khawatir, dalam artikel ini kami akan membagikan cara-cara mudah untuk melakukan konversi file Excel ke PDF tanpa perlu menggunakan aplikasi tambahan.

Langkah Pertama: Menggunakan Fitur “Save As” di Excel

Cara pertama yang dapat dilakukan untuk mengkonversi file Excel ke PDF adalah dengan menggunakan fitur “Save As” yang ada di Excel. Langkah-langkahnya sebagai berikut:

  1. Buka file Excel yang ingin dikonversikan ke format PDF
  2. Pilih menu “File” dan klik “Save As”
  3. Pada bagian “Tipe”, pilih file berformat PDF
  4. Kemudian, pilih folder tempat file PDF tersebut akan disimpan
  5. Klik “Save” dan tunggu sampai proses konversi selesai
  6. File Excel sudah berhasil diubah menjadi PDF

CARA MENDOWNLOAD FILE PDF KE EXCEL

Dengan menggunakan fitur “Save As” di Excel, kita dapat dengan mudah mengubah file Excel ke format PDF tanpa perlu mengunduh dan menginstal aplikasi tambahan.

Langkah Kedua: Menggunakan Online Converter

Jika kamu tidak ingin menggunakan fitur “Save As” di Excel, kamu juga dapat menggunakan situs konverter online untuk mengubah file Excel ke format PDF. Salah satu situs konverter online yang dapat kamu gunakan adalah online-convert.com. Berikut adalah langkah-langkahnya:

  1. Kunjungi situs online-convert.com
  2. Pilih bagian “Document Converter”
  3. Pilih jenis file yang akan dikonversikan, yaitu Excel
  4. Setelah itu, pilih file Excel yang ingin dikonversikan dengan cara mengklik tombol “Choose File”
  5. Pada bagian format, pilih file PDF
  6. Klik “Start Conversion” dan tunggu sampai file PDF selesai di-generate dan bisa diunduh

Online Convert Excel to PDF

Dengan menggunakan situs konverter online, kita dapat mengubah file Excel ke format PDF dengan mudah dan cepat. Namun, waktu konversi tergantung pada ukuran file Excel yang akan dikonversikan dan koneksi internet yang digunakan.

FAQ:

1. Apa itu file Excel dan PDF?

Jawaban: File Excel adalah file yang dibuat menggunakan Microsoft Excel dan digunakan untuk menyimpan data dalam bentuk tabel. Sementara itu, file PDF adalah format file yang dapat dipakai untuk menyimpan dan menampilkan data dalam bentuk file dokumen dengan cara yang tetap bagi semua jenis perangkat.

2. Apa keuntungan dari mengubah file Excel ke PDF?

Jawaban: Mengubah file Excel ke PDF memiliki beberapa keuntungan, di antaranya:

  • Lebih aman: file PDF dilindungi dengan password dan tidak mudah diubah atau dicuri oleh orang lain
  • Tampilan yang konsisten: file PDF akan ditampilkan secara konsisten di berbagai jenis perangkat tanpa merusak format data yang ada
  • Meminimalkan kemungkinan kesalahan: file PDF dapat dicetak dengan jelas dan tidak ada kesalahan dalam data yang terdapat dalam file PDF

Dalam melakukan konversi file Excel ke PDF, kita dapat menggunakan fitur bawaan yang ada di Excel maupun situs konverter online. Namun, saat menggunakan konverter online, pastikan untuk menggunakan situs yang terpercaya dan memiliki reputasi baik agar data yang kita miliki tidak disalahgunakan atau dicuri.

Video Tutorial: Cara Save Excel ke PDF

Berikut adalah video tutorial yang dapat kamu lihat untuk memudahkan dalam melakukan konversi file Excel ke PDF menggunakan fitur “Save As” di Excel:

Baca Juga :  CARA MENGCOPY DATA EXCEL KE SHEET LAIN