Cara Mencari Data Yang Sama Dalam Baris Berbeda Di Excel

Microsoft Excel dikenal sebagai program pengolah angka terkenal dan populer. Program ini memiliki fungsi dan rumus yang sangat bermanfaat dalam menjalankan bisnis, riset, atau untuk ilmu pengetahuan dan engineering. Selain itu, Excel dikenal sebagai software yang dapat mempermudah pengguna mencari data dalam file yang banyak. Namun, sering kali kita mengalami kesulitan untuk menemukan data yang sama pada sheet yang berbeda atau kolom yang berbeda dalam satu sheet. Untuk menyelesaikan masalah ini, kita dapat menggunakan fungsi pencarian Excel atau rumus. Berikut adalah beberapa cara untuk mencari data yang sama pada sheet yang berbeda di Excel.

Cara Mencari Data Yang Sama Pada Sheet Berbeda Di Excel

Cara Mencari Data Yang Sama Dalam Baris Berbeda Di Excel

Saat bekerja di Excel, seringkali kita memiliki dataset yang besar dengan beberapa sheet. Ketika kita ingin mencari data yang sama pada sheet yang berbeda, kita dapat menggunakan fungsi pencarian Excel. Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka file Excell yang mengandung data yang akan dicari
2. Tekan tombol Ctrl+F pada keyboard
3. Ketik kata kunci atau angka yang ingin dicari pada kolom pencarian
4. Pilih ‘Options’ jika ingin memilih sheet yang ingin dicari data-nya
5. Pilih sheet ke-2 yang ingin dicari datanya
6. Tekan tombol ‘Find All’
7. Excel akan menampilkan semua data yang sama dengan kata kunci atau angka yang dicari pada kedua sheet yang telah dipilih.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT PILIHAN GANDA DI EXCEL

Dengan menggunakan fungsi pencarian Excel, mencari data yang sama pada sheet yang berbeda dapat dilakukan dengan mudah. Namun, jika dataset yang kita miliki terlalu besar dan sheet-nya terlalu banyak, maka proses ini mungkin akan memakan waktu yang cukup lama.

Cara Mencari Nama Yang Sama Di Excel Menggunakan Rumus VLOOKUP

cara mencari nama yang sama di Excel

Selain menggunakan fungsi pencarian Excel, kita juga dapat mencari data yang sama pada sheet yang berbeda dengan menggunakan rumus VLOOKUP. Rumus VLOOKUP digunakan untuk mencari data dari sebuah tabel atau daftar berdasarkan nilai tertentu. Fungsi ini digunakan untuk mencari data dalam satu kolom selama kita memiliki data tertentu yang cocok di kolom lain.

Berikut adalah langkah-langkahnya:

1. Buka file Excel yang diinginkan
2. Pilih sheet yang ingin dicari data-nya
3. Pilih kolom di mana kita ingin mencari data (misalnya kolom B)
4. Pilih sheet lain yang ingin dicari data-nya
5. Pilih kolom di mana data yang diinginkan terletak (misalnya kolom A)
6. Ketik rumus VLOOKUP pada kolom tempat kita ingin menampilkan hasil pencarian. Syntaxnya adalah =VLOOKUP(lookup_value, table_array, col_index_num, [range_lookup])
7. Lookup_value adalah nilai yang ingin dicari (misalnya nama)
8. Table_array adalah tabelr rengang data di mana tabel terletak dan diambil datanya
9. Colum_index-num mengindikasikan kolom di mana data yang dicari akan ditemukan (kita akan mencari data dalam kolom A, di mana data yang dicari adalah nama)
10. Range_lookup adalah argumen opsional yang menentukan pencarian benar-benar cocok atau tidak. Jika nilai TRUE diisi maka pencarian dapat dilakukan dengan mencocokkan nilai dengan data lain dalam rentang yang dicari. Jika FALSE diisi maka pencarian hanya akan membandingkan nilai yang sesuai secara persis dengan nilai yang dicari. Kolom A harus terurut urutannya
11. Tekan enter untuk menghasilkan hasil pencarian data yang sama di sheet yang berbeda. Jika nama atau data yang dicari tidak ada pada daftar atau sheet yang dimaksud maka hasilnya adalah N/A

Baca Juga :  CARA MEMASUKKAN RUMUS LOG DI EXCEL

Cara mencari data yang sama pada sheet yang berbeda dengan menggunakan rumus VLOOKUP juga cukup mudah dan cepat. Namun, seperti penggunaan fungsi pencarian Excel, pengguna harus menentukan sheet dan kolom yang digunakan untuk mencari data yang sama secara manual. Kita harus memastikan bahwa kita menentukan daftar atau sheet dengan benar sebelum mencari data yang sama.

Cara Mencari Data Yang Sama Di Microsoft Excel Dengan Rumus Atau Fungsi

Selain VLOOKUP, ada banyak rumus Excel lain yang dapat digunakan untuk mencari data yang sama pada sheet yang berbeda. Berikut adalah rumus-rumus Excel yang dapat digunakan untuk mencari data yang sama:

1. COUNTIF: digunakan untuk menghitung jumlah sel dalam seluruh area yang cocok dengan kriteria tertentu. Rumus ini dapat kita pakai untuk mencari data yang sama dalam satu sheet atau beberapa sheet sekaligus.
Syntax: =COUNTIF(range,criteria). Range adalah area yang akan dicari dan criteria adalah nilai yang akan dicocokan.
2. SUMIF: digunakan untuk menjumlahkan sel yang cocok dengan kriteria tertentu. Rumus ini dapat kita pakai untuk mencari data yang sama dalam satu sheet atau beberapa sheet sekaligus.
Syntax: =SUMIF(range, criteria, [sum_range]). Range adalah area yang akan dicari, criteria adalah nilai yang akan dicocokan, dan sum range adalah area seluruh nilai yang akan dijumlah. Fungsi ini digunakan jika kita ingin menjumlahkan nilai dalam satu range atau kolom tertentu.
3. INDEX-MATCH: kombinasi fungsi INDEX dan MATCH digunakan untuk menemukan nilai dalam array atau rentang data berdasarkan kriteria tertentu.
Syntax: =INDEX(kolom yang akan diambil datanya,MATCH(nilai yang dicari,kolom yang dijadikan patokan,0)). Kolom yang akan diambil datanya adalah column dari data yang ingin diambil. Nilai yang dicari adalah nilai yang akan dicocokan dan kolom yang dijadikan patokan adalah kolom tempat nilai-nilai cocok akan ditemukan.

Baca Juga :  BAGAIMANA CARA MEMPERBAIKI FILE EXCEL YANG REPAIRED

Dalam penggunaan rumus pada Excel, pengguna harus pastikan untuk menjalankan rumus dengan benar dengan menentukan sheet atau area yang tepat.

FAQ

1. Apakah Excel hanya dapat digunakan untuk mencari data yang sama dalam satu sheet saja?

Tidak. Excel dapat digunakan untuk mencari data yang sama dalam beberapa sheet sekaligus dengan menggunakan fungsi pencarian atau rumus Excel yang sesuai.

2. Dapatkah Excel mencari data yang sama pada kolom atau sheet yang tidak terurut?

Ya. Excel dapat mencari data yang sama pada kolom atau sheet yang tidak terurut. Namun, pengguna harus memastikan bahwa rumus atau fungsi yang digunakan sesuai dengan kebutuhan untuk mencapai hasil yang diinginkan.

Videos

Berikut adalah video tutorial cara mencari data yang sama pada sheet yang berbeda di Excel menggunakan fungsi pencarian:

Berikut adalah video tutorial cara mencari data yang sama pada sheet yang berbeda di Excel menggunakan rumus VLOOKUP: