Saat ini, penggunaan aplikasi perkantoran semakin berkembang pesat, salah satunya adalah aplikasi Microsoft Excel. Sebagai pengguna aktif Excel, pasti kamu pernah mengalami kesulitan dalam mengakses beberapa fitur, seperti menampilkan sheet yang tersembunyi atau menggunakan dua dokumen dalam satu layar. Jangan khawatir, artikel ini akan membahas cara-cara tersebut dan banyak lagi!
Cara Menampilkan Sheet Di Excel
Saat bekerja dengan banyak sheet pada sebuah file, kamu mungkin akan mengalami kesulitan untuk menampilkan sheet yang tersembunyi. Berikut ini adalah beberapa cara untuk menampilkannya:
- Pilih tab Home dan klik pada tombol Format di sebelah kanan atas tab. Kemudian, pilih Visibility dan klik pada tombol Hide & Unhide. Terakhir, pilih Unhide Sheet dan pilih sheet yang ingin ditampilkan.
- Pilih tab View dan klik pada tombol Window di sebelah kanan atas tab. Kemudian, pilih Unhide dan pilih sheet yang ingin ditampilkan.
- Gunakan shortcut Ctrl + Shift + untuk menampilkan dialog box Unhide Sheet. Kemudian, pilih sheet yang ingin ditampilkan.
Cara Screenshot Pdf Satu Halaman Di Laptop
Bagi kamu yang sering melakukan presentasi menggunakan file pdf, pasti sering melakukan screenshot satu halaman sebagai bahan presentasi. Berikut adalah beberapa cara untuk melakukan screenshot pdf di laptop:
- Gunakan shortcut Windows + Shift + S untuk memunculkan snipping tool. Kemudian, pilih mode Window snip dan pilih halaman pdf yang ingin di screenshot.
- Instal aplikasi tambahan seperti Adobe Acrobat atau Snagit yang memiliki fitur screenshot pdf.
- Buka halaman pdf dan zoom hingga ukuran yang diinginkan. Kemudian, gunakan fungsi Print Screen pada keyboard dan paste pada aplikasi gambar seperti Paint. Potong gambar sesuai keinginan.
Cara Menampilkan Dua Dokumen Dalam Satu Layar Di Microsoft Word
Saat bekerja dengan dua dokumen dalam satu waktu, kamu mungkin ingin menampilkan kedua dokumen tersebut dalam satu layar agar mudah untuk dibandingkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menampilkannya:
- Pertama, buka kedua dokumen yang ingin ditampilkan dan pilih tab View. Kemudian, klik pada tombol View Side by Side dan kamu akan melihat kedua dokumen tampil dalam satu layar.
- Gunakan shortcut Alt + Tab untuk beralih antara kedua dokumen.
- Gunakan fungsi Split pada tab View. Pilih posisi bagiannya yang diinginkan dan kamu bisa menampilkan dua bagian dokumen tersebut dalam satu layar.
Cara Menampilkan Dua File Excel Berdampingan
Saat bekerja dengan dua file Excel, kamu mungkin ingin menampilkan kedua file tersebut berdampingan agar mudah untuk dibandingkan. Berikut adalah beberapa cara untuk menampilkannya:
- Pertama, buka kedua file yang ingin ditampilkan dan pilih tab View. Kemudian, klik pada tombol View Side by Side dan kamu akan melihat kedua file tampil berdampingan.
- Gunakan shortcut Windows + left/right arrow untuk memindahkan tampilan aktif ke sebelah kiri atau kanan layar.
- Buka file Excel pertama dan pilih tab View. Kemudian, klik New Window dan pilih file Excel kedua. Setelah itu, pilih kembali tab View dan klik pada tombol Arrange All untuk menampilkan kedua file berdampingan.
FAQ
Berapa shortcut yang disediakan Excel?
Excel menyediakan ratusan shortcut untuk mempercepat pekerjaan kamu. Namun, tidak semua shortcut perlu dipahami karena banyak dari shortcut tersebut kurang efektif atau tidak begitu sering digunakan. Anda dapat mengunjungi situs-situs khusus yang menyediakan daftar shortcut terbaik dan terbaru untuk Excel.
Bagaimana cara mengatasi format data pada Excel?
Saat menggunakan Excel, kamu mungkin pernah mengalami masalah dengan format data. Misalnya, angka di Excel ditampilkan sebagai teks atau tanggal di Excel tidak ditampilkan dengan format yang diinginkan. Bagaimana cara mengatasi masalah ini?
Untuk mengatasi masalah format data pada Excel, kamu dapat melakukan langkah-langkah berikut:
- Klik pada sel atau rentang sel yang ingin diubah formatnya.
- Pilih pada tab Home dan kemudian klik pada tombol Number.
- Pilih dari daftar format angka yang tersedia dan pastikan sesuai dengan kebutuhan, misalnya format uang atau persen.
Demikianlah beberapa tips dan trik untuk memudahkan penggunaan Excel. Dengan menggunakan fitur-fitur di atas, kamu dapat menghemat waktu dan meningkatkan produktivitas saat bekerja dengan aplikasi Microsoft Excel. Selamat mencoba!