Cara Menampilkan Data Dalam Cell Excel Secara Otomatis

Mengenal beberapa fitur menarik dalam Excel memang menjadi kewajiban bagi Anda yang hendak menggunakan software ini secara serius. Ada banyak fitur yang ada dalam Excel yang dapat menunjang produktivitas dan efisiensi Anda dalam melakukan pekerjaan sehari-hari, salah satunya adalah fitur menampilkan ceklis dalam cell Excel. Fitur ini sangat berguna terutama bagi Anda yang hendak membuat formulir atau survei dalam Excel.

Menampilkan Ceklis dalam Cell Excel Dengan Tiga Cara Mudah

Sebelum membahas cara-cara menampilkan ceklis dalam cell Excel, ada baiknya kita pahami terlebih dahulu apa itu ceklis dalam Excel. Ceklis merupakan salah satu bentuk simbol dalam Excel yang biasanya digunakan untuk menunjukan suatu pilihan atau jawaban untuk pertanyaan tertentu dalam formulir atau survei.

Untuk menampilkan ceklis dalam cell Excel, Anda dapat menggunakan tiga cara mudah yang akan saya bahas berikut ini :

1. Menggunakan Simbol Ceklis yang Sudah Ada

Cara pertama yang bisa digunakan untuk menampilkan ceklis dalam cell Excel adalah dengan menggunakan simbol ceklis yang sudah tersedia dalam software ini. Caranya pun sangat mudah, Anda hanya perlu melakukan beberapa langkah sebagai berikut:

  1. Pertama-tama, pilih sel atau cell di mana Anda ingin menampilkan simbol ceklis.
  2. Kemudian, klik menu Insert pada toolbar Excel dan pilih Symbol.
  3. Setelah itu, pilih font Wingdings dan pilih simbol ceklis yang Anda inginkan.
  4. Terakhir, klik OK dan simbol ceklis akan tampil di cell yang telah Anda pilih sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa menampilkan ceklis dalam cell Excel dengan sangat mudah dan simpel.

2. Menggunakan Formatting untuk Menampilkan Ceklis

Cara kedua yang bisa Anda gunakan untuk menampilkan ceklis dalam cell Excel adalah dengan menggunakan formatting. Formatting ini mengacu pada format tertentu yang diberikan pada sel tertentu agar terlihat lebih menarik dan informatif. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti:

  1. Pertama-tama, pilih sel atau cell di mana Anda ingin menampilkan ceklis.
  2. Kemudian, klik menu Home pada toolbar Excel dan pilih Conditional Formatting.
  3. Setelah itu, pilih New Rule dan pilih Use a formula to determine which cells to format.
  4. Selanjutnya, masukkan formula berikut pada bagian Format values where this formula is true : =A1=”v”
  5. Kemudian, klik Format dan pilih font Wingdings dan pilih simbol ceklis yang Anda inginkan.
  6. Terakhir, klik OK dan simbol ceklis akan tampil di cell yang telah Anda pilih sebelumnya.

Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Anda sudah bisa menampilkan ceklis dalam cell Excel dengan menggunakan formatting. Namun, cara ini lebih rumit dibandingkan cara pertama, sehingga sebaiknya Anda menggunakan cara pertama jika ingin menampilkan ceklis dengan cara yang lebih mudah.

3. Menampilkan Ceklis dalam Cell Excel dengan Menyisipkan Gambar

Cara ketiga yang bisa digunakan untuk menampilkan ceklis dalam cell Excel adalah dengan menyisipkan gambar ceklis pada cell yang Anda inginkan. Berikut adalah langkah-langkah yang bisa Anda ikuti:

  1. Pertama-tama, pilih sel atau cell di mana Anda ingin menampilkan ceklis.
  2. Kemudian, klik menu Insert pada toolbar Excel dan pilih Picture.
  3. Setelah itu, pilih gambar ceklis yang sudah tersedia pada komputer Anda.
  4. Terakhir, klik OK dan gambar ceklis akan tampil di cell yang telah Anda pilih sebelumnya.

Dengan menggunakan cara ini, Anda dapat menampilkan ceklis dengan gambar ceklis yang sangat mudah dan simpel. Namun, cara ini kurang efektif digunakan jika Anda hendak menampilkan ceklis dalam jumlah banyak.

Baca Juga :  CARA MEMBUAT SISTEM KASIR DENGAN EXCEL

Cara Memberi Indikator Warna pada Cell di Excel (Otomatis)

Selain menampilkan ceklis dalam cell Excel, memberikan indikator warna pada cell di Excel juga bisa membantu memudahkan Anda dalam melihat data atau informasi yang ada pada file Excel Anda. Dalam Excel, memberikan indikator warna pada cell dapat dilakukan secara otomatis dengan menggunakan conditional formatting.

Conditional formatting adalah salah satu fitur yangada dalam Excel yang digunakan untuk memberikan format pada angka atau bentuk lain di dalam sel. Berikut adalah langkah-langkah yang dapat Anda ikuti untuk memberi indikator warna pada cell di Excel:

  1. Pertama-tama, pilih sel atau cell di mana Anda ingin memberikan indikator warna.
  2. Kemudian, klik menu Home pada toolbar Excel dan pilih Conditional Formatting.
  3. Setelah itu, pilih New Rule dan pilih Format only cells that contain.
  4. Selanjutnya, pilih Cell Value dan kemudian pilih Greater Than atau Less Than, tergantung pada indikator warna yang Anda inginkan.
  5. Masukkan angka pada box Value dan warna yang Anda inginkan.
  6. Klik OK untuk menyimpan aturan formatting yang telah Anda buat.

Jika Anda ingin menghapus indikator warna pada suatu cell, Anda hanya perlu melakukan langkah-langkah di atas dan memilih No Color pada bagian Color.

FAQ

1. Apakah fitur menampilkan ceklis dalam cell Excel hanya bisa digunakan dalam formulir atau survei?

Tidak, fitur menampilkan ceklis dalam cell Excel dapat digunakan untuk berbagai keperluan. Misalnya, Anda bisa menggunakan fitur ini untuk menunjukan status pekerjaan atau proyek yang sedang Anda kerjakan.

2. Apa keuntungan dari memberikan indikator warna pada cell di Excel?

Memberikan indikator warna pada cell dapat membantu Anda dalam memudahkan interpretasi data atau informasi yang ada pada file Excel Anda. Selain itu, indikator warna juga bisa memudahkan Anda dalam mengenali data yang memerlukan perhatian lebih dan mempercepat pengambilan keputusan.

Video Tutorial: Menampilkan Ceklis dalam Cell Excel dan Memberikan Indikator Warna pada Cell secara Otomatis

Berikut adalah video tutorial singkat yang dapat membantu Anda lebih memahami cara menampilkan ceklis dalam cell Excel dan memberikan indikator warna pada cell secara otomatis:

Semoga artikel ini bermanfaat bagi Anda dalam mengenal fitur menarik dalam Excel. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pendapat yang ingin disampaikan, jangan ragu untuk meninggalkan komentar di bawah ini.