Cara Menampilkan Data Analysis Di Excel 2019

Pernahkah Anda merasa kesulitan dalam menganalisis data menggunakan Microsoft Excel? Ternyata, ada beberapa fitur yang memudahkan Anda dalam melakukan data analysis pada program spreadsheets ini. Inilah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memunculkan fitur data analysis dan memasukkan data Excel ke website.

1. Cara Memunculkan Data Analysis Pada Microsoft Excel

Cara Menampilkan Data Analysis Di Excel 2019

Banyak orang mungkin belum mengetahui bahwa pada Microsoft Excel 2013 dan Excel 2016 terdapat fitur Data Analysis yang sangat berguna untuk melakukan analisis data. Namun, sayangnya fitur ini masih tersembunyi dan tidak langsung muncul di menu Excel. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk memunculkan fitur Data Analysis pada Microsoft Excel:

  1. Buka Microsoft Excel 2013 atau Excel 2016, kemudian klik tab File.
  2. Pilih Options, lalu klik Add-Ins.
  3. Pada bagian Manage:, pilih Excel Add-ins dan klik Go.
  4. Cari opsi Analysis ToolPak dan Analysis ToolPak – VBA, kemudian centang kedua opsi tersebut dan klik OK.
  5. Setelah itu, tab Data akan muncul dan terdapat opsi Data Analysis yang siap digunakan.

Setelah fitur Data Analysis sudah dapat digunakan, berikut ini adalah beberapa fungsi dari fitur tersebut:

  • Simple Regression: untuk melakukan analisis regresi sederhana
  • Descriptive Statistics: untuk melakukan analisis deskriptif dari data
  • Anova: Single Factor: untuk melakukan analisis varian
  • Anova: Two-Factor with Replication: untuk melakukan analisis varian dengan dua faktor dan pengulangan
  • Anova: Two-Factor without Replication: untuk melakukan analisis varian dengan dua faktor tanpa pengulangan
  • Correlation: untuk melakukan analisis korelasi
  • Covariance: untuk melakukan analisis kovarian
  • Histogram: untuk membuat histogram dari data
  • Sampling: untuk melakukan pemilihan sampel acak

2. Cara Memasukkan Data Excel ke Website

Cara Memasukkan Data Excel ke Website

Selain fitur Data Analysis, Microsoft Excel juga dapat digunakan untuk memasukkan data Excel ke website. Hal ini sangat berguna terutama bagi mereka yang ingin membuat laman web yang menampilkan data atau grafik hasil analisis data dari Excel. Berikut ini adalah beberapa cara mudah untuk memasukkan data Excel ke website:

  1. Copy dan paste data dari Excel ke HTML
  2. Cara ini cukup mudah dilakukan dan tidak memerlukan aplikasi tambahan. Anda hanya perlu menyalin data dari Excel ke HTML dan menyimpan file HTML-nya pada komputer. Namun, kekurangan dari cara ini adalah tampilan tabel pada website tidak akan menarik karena tidak diatur dengan CSS atau Bootstrap.

  3. Gunakan plugin atau aplikasi
  4. Jika Anda ingin membuat tampilan tabel atau grafik yang menarik, bisa menggunakan plugin atau aplikasi seperti Tableizer, Excel2HTML, atau Excel2Wiki. Plugin atau aplikasi ini akan membantu konversi data Excel ke HTML dengan tampilan yang lebih menarik dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Namun, kekurangan dari cara ini adalah memerlukan instalasi tambahan dan bisa memakan waktu.

  5. Import data ke database
  6. Jika Anda ingin membuat website yang dinamis dan mampu menampilkan data secara real-time, maka bisa mempertimbangkan untuk mengimpor data Excel ke database. Dengan cara ini, Anda bisa menggunakan bahasa pemrograman seperti PHP atau Python untuk membuat query ke database dan menampilkan data di website Anda. Namun, cara ini memerlukan pengetahuan dan pengalaman coding yang lebih advanced dibandingkan dengan dua cara sebelumnya.

Baca Juga :  CARA FILTER DI EXCEL VERTICAL DATA

FAQ

1. Apakah fitur Data Analysis hanya tersedia di Microsoft Excel 2013 dan Excel 2016?

Tidak, fitur Data Analysis juga tersedia di versi Excel yang lebih baru seperti Excel 2019 dan Excel 365. Namun, cara untuk memunculkan fitur tersebut masih sama dengan cara di atas.

2. Apakah ada aplikasi atau plugin yang bisa digunakan untuk memasukkan data Excel ke website yang bersifat open source?

Ya, ada beberapa aplikasi atau plugin open source yang bisa digunakan seperti PhpSpreadsheet, PHPExcel, MaatwebsiteExcel, dan SpreadsheetReader. Dengan menggunakan aplikasi atau plugin open source ini, Anda bisa menghemat biaya dan tetap mendapatkan fitur-fitur yang dibutuhkan untuk memasukkan data Excel ke website.

Demikianlah, beberapa cara mudah untuk memunculkan fitur Data Analysis dan memasukkan data Excel ke website. Selamat mencoba!

Video Tutorial: Cara Menampilkan Tab Developer pada MS. Excel 2019