Cara Menambah Karakter Di Setiap Data Di Excel

Apakah kamu sering menggunakan Microsoft Excel untuk bekerja dengan data? Jika iya, kamu pasti pernah merasakan kesulitan dalam mengurutkan data secara otomatis, atau saat membuat judul di Excel. Pada artikel pilar kali ini, kami akan membagikan 2 cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dan cara membuat judul di Excel dengan mudah.

Cara Mengurutkan Data di Excel Secara Otomatis

Cara Menambah Karakter Di Setiap Data Di Excel

Urutan data yang salah dapat membuat tampilan sheet Excel kamu tidak rapi. Untuk itu, kamu dapat mengurutkan data secara otomatis dengan cara berikut ini:

1. Menggunakan Fitur Sort di Excel

Fitur Sort di Excel akan mengurutkan data sesuai dengan pilihan kamu. Berikut adalah langkah-langkah menggunakan fitur tersebut:

  1. Pilih sel-sel yang akan diurutkan
  2. Pilih menu Home
  3. Pilih ikon Sort & Filter pada ribbon Home
  4. Pilih opsi Sort A to Z atau Sort Z to A
  5. Setelah itu, data kamu akan terurut secara otomatis

2. Menggunakan Menu Data

Selain fitur Sort, kamu juga dapat mengurutkan data menggunakan menu Data. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pilih sel-sel yang akan diurutkan
  2. Pilih menu Data pada ribbon di Excel
  3. Pilih ikon Sort
  4. Akan muncul kotak dialog, pilih opsi kolom yang akan diurutkan dan pilih order-nya
  5. Klik OK
  6. Setelah itu, data kamu akan terurut secara otomatis

Cara Membuat Judul di Excel

Membuat Judul di Excel

Judul di Excel bisa membantu kamu untuk mengidentifikasi sheet mana yang ingin kamu buka. Nah, berikut adalah cara membuat judul di Excel dengan mudah:

  1. Pilih menu Insert pada ribbon di Excel
  2. Pilih Text Box
  3. Gambar kotak akan muncul di atas sheet kamu, klik dua kali pada kotak tersebut
  4. Tuliskan judul pada kotak tersebut
  5. Kamu dapat mengatur ukuran, warna, jenis font, dan atribut teks lainnya
Baca Juga :  Cara Menghitung Kuesioner Excel Frekuensi

FAQ

1. Apakah fitur Sort dapat dipakai untuk sel-sel yang tidak saling berdekatan?

Iya. Kamu dapat menggunakan fitur Sort untuk sel-sel yang tidak saling berdekatan. Namun, pastikan kamu telah menjalankan langkah pertama cara penggunaan fitur Sort di atas yaitu memilih sel-sel yang akan diurutkan.

2. Bagaimana cara menghapus judul di Excel?

Untuk menghapus judul di Excel, kamu dapat mengikuti langkah-langkah berikut:

  1. Pilih kotak teks yang berisi judul di sheet yang ingin dihapus
  2. Pilih ikon Close pada kotak teks, atau hapus teks secara manual

Video Tutorial

Berikut adalah video tutorial cara menambah sheet di Microsoft Excel 2007 yang bisa kamu tonton:

Demikianlah artikel pilar tentang cara mengurutkan data di Excel secara otomatis dan cara membuat judul di Excel. Semoga artikel ini dapat membantu kamu dalam bekerja dengan Microsoft Excel. Jangan lupa untuk tetap mengamati tips-tips menarik lainnya hanya di website Kami!