Salah satu aplikasi yang sangat familiar di kalangan pengguna komputer adalah Microsoft Excel. Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat berbagai macam laporan, analisis data atau bahkan untuk pembuatan anggaran keuangan. Namun, terkadang file Excel yang kita buat menjadi rentan dibuka dan diubah oleh orang lain. Tenang saja, kali ini saya akan memberikan tips dan trik untuk memproteksi file Excel anda agar tidak bisa dibuka, diedit, dan dicopy.
Cara Memproteksi File Microsoft Excel Tidak bisa Dibuka, Diedit, dan Dicopy
Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan agar file Excel yang anda buat menjadi lebih aman. Berikut adalah cara-cara tersebut:
1. Mengunci Cell
Langkah pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan mengunci cell pada file Excel. Dengan mengunci cell, maka orang lain tidak akan bisa mengedit isi cell yang anda buat.
Untuk melakukannya, Anda bisa menggunakan pilihan menu Format Cells pada kolom yang ingin diunci. Kemudian, pilih tab protection dan centang pada pilihan Lock lalu klik ok. Kemudian, lakukan proteksi ke file Excel anda dengan cara klik menu Review lalu klik Protect Sheet. Pada pop up window Protect Worksheet, centang pilihan Select locked cells lalu klik Ok. Dengan demikian, orang lain tidak bisa mengedit cell yang sudah anda kunci.
2. Membuat Password
Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan password pada file Excel anda. Dengan memberikan password, maka orang lain tidak akan bisa membuka file Excel anda tanpa memasukkan password yang benar.
Untuk memberikan password, silakan klik pada menu Review lalu klik Protect Workbook. Kemudian, pada menu Protect Workbook, anda bisa memberikan password untuk membuka file Excel atau juga memberikan password untuk mengedit file Excel anda. Setelah itu, klik Ok dan password pun akan tertera pada file Excel anda. Namun, pastikan anda mengingat password tersebut agar tidak lupa nantinya.
Cara Menyembunyikan Isi Atau Nila Formula Di Excel
Mungkin ada saatnya ketika anda ingin menyembunyikan rumus atau formula yang terdapat pada file Excel anda, entah itu karena alasan keamanan atau karena alasan kebijakan. Nah, berikut adalah cara untuk menyembunyikan rumus atau formula yang ada pada file Excel anda.
1. Gunakan Kutip Satu
Salah satu cara tercepat untuk menyembunyikan rumus pada file Excel anda adalah dengan menambahkan tanda kutip satu pada awal formula dan tanda kutip satu lagi pada akhir formula anda. Dengan cara ini, isi cell yang terdapat rumus yang menyertakan kutip satu tersebut akan terselimuti oleh simbol semacam petik satu dan tidak terlihat oleh pengguna awam. Meskipun kamu masih dapat melihat formula dengan melihat bar formula di atas, itu bisa dihindari dengan fitur berikutnya.
2. Menggunakan Cell Formating
Anda juga bisa menyembunyikan rumus atau formula pada file Excel anda dengan mengganti warna font pada formula tersebut agar sama dengan warna latar belakang cell tersebut. Dengan cara ini, rumus atau formula tersebut akan tampak seperti tidak muncul pada file Excel anda.
Anda bisa melakukannya dengan cara melakukan select terlebih dahulu cell yang berisi rumus atau formula tersebut. Setelah itu, pada menu Home pilih Font, lalu ubah warna font pada formula tersebut menjadi sama dengan warna latar belakang cell tersebut. Rumus atau formula akan tampak seperti tidak ada pada cell tersebut.
Cara Memprotek Folder Pada Windows Tanpa Software
Memberikan proteksi pada folder pada Windows bisa dilakukan tanpa perlu menggunakan software. Ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk memberikan proteksi pada folder pada Windows. Berikut adalah caranya:
1. Menggunakan Password
Cara pertama yang bisa anda lakukan adalah dengan memberikan password pada folder yang ingin anda proteksi. Anda bisa melakukan hal ini dengan memanfaatkan fitur built-in dari Windows. Untuk melakukannya, caranya adalah:
1. Buka Windows Explorer dan cari folder yang ingin anda proteksi
2. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih Properties
3. Setelah itu, pada tab General, pada bagian Attributes, centang pilihan Encrypt content to secure data, lalu klik Ok
4. Setelah itu, Windows akan meminta anda untuk membuat password untuk folder tersebut. Buatlah password yang sesuai dengan kebutuhan anda dan klik Ok
Dengan cara ini, folder yang anda proteksi akan terenkripsi dan anda tidak bisa membuka folder tersebut tanpa memasukkan password yang benar.
2. Mengubah Permission
Cara kedua yang bisa anda lakukan adalah dengan mengubah permission pada folder yang ingin anda proteksi. Pada cara ini, anda bisa memutuskan siapa saja yang bisa mengakses folder tersebut
1. Buka Windows Explorer dan cari folder yang ingin anda proteksi
2. Klik kanan pada folder tersebut dan pilih Properties
3. Setelah itu, pada tab Security, klik Edit
4. Setelah itu, pada pop up window Permissions for Folder, pilih user atau grup yang ingin diberikan permission, kemudian klik pada pilihan Deny pada bagian Read, Write, dan Execute. Kemudian, klik Ok
Dengan cara ini, hanya user yang diberikan permission saja yang bisa mengakses folder tersebut, sementara yang lain tidak bisa.
Cara Mudah Memperbaiki Data Ms Excel Yang Berantakan
Selain memberikan proteksi pada file Excel, terkadang kita juga menghadapi masalah saat mengedit file Excel yang sebelumnya sudah tersimpan. Terkadang data di dalam file Excel menjadi berantakan, bingung dan tidak jelas. Nah, berikut adalah beberapa cara mudah untuk memperbaiki data Ms Excel yang berantakan.
1. Gunakan Fitur Filter
Fitur Filter bisa sangat membantu dalam memperbaiki data Ms Excel yang berantakan. Dengan menggunakan fitur Filter, anda bisa lebih mudah memfilter dan mengurutkan data sesuai dengan kebutuhan anda.
Untuk melakukannya, cukup pilih salah satu cell yang ada di dalam tabel data, kemudian klik tombol filter pada menu Home. Setelah itu, sistem otomatis menampilkan menu dropdown untuk masing-masing kolom tabel, sehingga memudahkan anda dalam mengedit data dalam tabel.
2. Menggunakan Formula
Salah satu cara lain untuk mengatasi data Ms Excel yang berantakan adalah dengan menggunakan formula. Formula dalam Ms Excel sangat efektif dalam menghitung nilai berdasarkan kondisi yang sesuai dengan kebutuhan anda.
Contohnya, ketika anda ingin menghitung nilai pada kolom A ketika nilai di kolom B memenuhi kondisi tertentu, anda bisa menggunakan rumus =IF(B2>10,A2*2,A2). Dalam rumus ini, Excel akan menghitung nilai pada kolom A ketika nilai di kolom B melebihi angka 10.
Cara Mengubah File Excel To PDF Dengan Mudah
Terkadang kita membutuhkan file Excel yang sudah dibuat sebelumnya untuk diubah ke format PDF. Nah, berikut adalah cara mudah untuk mengubah file Excel ke PDF.
1. Menggunakan Fitur Built-in Ms Excel
Ms Excel memiliki fitur built-in yang memungkinkan pengguna untuk mengubah file Excel ke PDF dengan mudah.
Caranya adalah:
1. Buka file Excel yang ingin anda ubah ke format PDF
2. Klik pada menu File dan pilih Print
3. Setelah itu, pada opsi Printer, pilih Microsoft Print to PDF, lalu klik Print
4. Setelah itu, pilih lokasi untuk menyimpan file PDF yang telah dihasilkan, lalu klik Save
2. Menggunakan Software Pihak Ketiga
Anda juga bisa menggunakan software pihak ketiga untuk mengubah file Excel ke PDF. Ada banyak software yang bisa anda gunakan untuk melakukan hal ini, seperti PDF Converter atau Any PDF to DWG Converter.
Untuk menggunakan software tersebut, Anda hanya perlu menginstal software tersebut pada perangkat yang digunakan. Selanjutnya, buka aplikasi tersebut dan pilih file Excel yang ingin diubah ke format PDF. Setelah itu, sistem secara otomatis akan mengubah file Excel tersebut ke format PDF.
FAQ
1. Apakah saya bisa menggunakan password yang sama pada file Excel dan folder yang saya proteksi?
Ya, bisa. Namun pastikan password yang anda gunakan kuat dan tidak mudah ditebak oleh orang lain.
2. Bagaimana jika saya lupa password yang saya berikan pada file Excel atau folder yang saya proteksi?
Anda bisa menggunakan fitur recovery password yang sudah disediakan oleh Windows atau software yang anda gunakan. Namun pastikan anda telah membackup file tersebut sebelumnya agar anda tetap bisa membukanya.